Penyebab dan Solusi RPM Innova Rendah

0
388
RPM Innova Rendah
RPM Innova Rendah

RPM mesin sangat dipengaruhi oleh pasokan udara dan bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar. Logikanya, ketika sedikit udara dan bahan bakar yang masuk keruang bakar, maka hanya sedikit gas yang bisa dikompresi. sehingga hasil pembakaran pun kecil dan RPM mesin bisa lambat.

Penyebab dan Solusi RPM Innova Rendah

Menurut Rusdi Sopiandi Cara mengetahui gejalanya, coba tarik gas, lalu lepas secara tiba-tiba, maka mesin akan terasa ngelitik pada saat putaran mesin terendah.

Penyebabnya, udara yang masuk (ke ruang bakar) terlalu sedikit,” kata Rusdi. Lalu, mengapa udara yang masuk sedikit? Berikut analisa penyebabnya:

  1. Terlalu Banyaknya Karbon yang menumpuk Pada Intake Manifold

sehingga menghambat udara yang masuk. Ini bisa diatasi dengan membersihkan daerah intake manifold dengan carbon cleaner.

  1. Filter Udara Sudah Kotor

sehingga menghambat aliran udara dari luar.

  1. Sensor ISC atau Idle Up Mesin Mobil Bermasalah.

Sensor ini berguna pada saat mesin terasa berat bila AC dinyalakan. Keran udara pada ISC akan menyeimbangi secara otomatis kebutuhan udara pada mesin bila saat mesin terasa berat. Kalau sensor ini sudah tertutup dengan karbon, maka laju udara yang masuk juga akan terhambat.

  1. Setelan Pengapian Terlalu Rendah,

Setelan pengapian terlalu rendah  juga bisa menjadi penyebab mesin mobil ngelitik pada putaran RPM rendah. Untuk mobil dengan pengapian non distributor biasanya sudah menggunakan sensor CKP (Crankshaft Position Sensor) dan CMP (Camshaft Position Sensor ), kerusakan pada 2 sensor ini bisa menyebabkan mesin mobil tidak bisa hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here