Penyebab Dan Cara Mengatasi Tarikan Innova Berat

0
342
tarikan innova berat
tarikan innova berat

Berjalan-jalan ke daerah pegunungan sangat mengasyikan apalagi bersama keluarga tercinta. Namun jika tarikan mobil anda terasa berat perjalanan justru membuat kesal bukan ?

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tarikan Innova Berat

Nah berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan tarikan mobil serta cara mengatasinya.

1. Kampas Kopling Tipis
Penyebab paling umum adalah pada bagian kampas kopling yang sudah tipis. Hal ini biasanya akan terlihatpada mesin yang meraung serta pergerakan mesin yang ukup berat. Jika kampas kopling sudah mulai tipis, maka cengkraman kampas pada flywheel menjadi kurang begitu kuat dan dapat menyebabkan selip. Karena kondisi selip ini lah yang kemudian membuat tarikan mobil terasa berat.
Untuk mengatasi masalah ini, maka harus segera mengganti plat kopling dengan komponen yang baru. Penggantian kopling pun tidak boleh telat karena dapat menyebabkan komponen yang tipis tersebut merusak flywheel serta pressure plate.
2. Cengkraman Rem Terlalu Kuat
Biasanya ini terjadi pada jenis rem tromol ketika penyetelan yang dilakukan terlalu seret. Sehingga semakin seret bagian roda mobil maka akan semakin berat mobil yang dijalankan dan membuat mesin bekerja lebih ekstra. Jika mesin mobil anda memiliki kapasitas yang kecil, maka tarikannya seperti tertahan. Untuk permasalahan ini dapat diatasi dengan cara menyetel ulang rem tromol.
3. Bearing Roda Yang Seret
Kompone ini memiliki fungsi sebagai bantalan roda kepada steering knucle. Ketika fungsi kerja komponen ini terganggu maka menyebabkan roda menjadi seret dan beban mobil terasa lebih berat. Penyebab masalah ini bisa jadi karena bearing yang kurang dilumasi ataupun terdapat luka pada permukaan bearing.
4. Turbo Vane Yang Macet
Keberadaan turbo memiliki fungsi yang penting karena mesin diesel menggunakan mesin-mesin berkompres tinggi yang mempengaruhi power mesin dan torsi. Untuk turbodiesel modern, biasanya sudah dilengkapi menggunakan teknologi variable geo turbo yang mana dapat mengatur kekuatan bosting turbo. Untuk mengatasinya dibutuhkan pengecekan menggunakan komputer pada komponen didalamnya sehingga masalah dapat terlihat. Biasanya pengecekan dilakukan di bengkel khusus yang memang menangani masalah mobil mesin diesel.
5. Sistem Transmisi Bermasalah
transmisi otomatis tentunya berbeda dengan sistem transmisi manual yang menggunakan roda gigi. Sedangkan transmisi matic menggunakan roda gigi yang berbentuk plat lempengan pada mekanisme hidrolik.
Jika salah satu plat pada sistem transmisi matic menempel atau terhimpit, maka membuat proses pemindahan gigi menjadi terhambat, Sehingga meskipun anda menginjak gas hingga penuh.
6. Catalytic Converter Mampet
Gas buang kendaraan memiliki sifat racun bagi lingkungan sekitar. Namun sayangnya Gas CO ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari karena pembakaran dalam mesin kendaraan pasti akan meninggalka sisa emisi. Namun agar tidak mencemari lingkungan, maka banyak pemilik mobil yang menggunakan catalytic converter yang dapat menyerap gas polutan ini.

Nah itulah beberapa penyebab dan solusi. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan mobil anda secara teratur. Semoga bermanfaat ^^

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here