Penyebab dan Cara Mengatasi Sekring Mobil yang Sering Cepat Putus

0
62

Ada beberapa hal yang jadi penyebab sekring-sekring pada mobil cepat putus. Yang paling sering adalah karena arus listrik berlebihan. Namun selain arus berlebih, ada beberapa penyebab lainnya yang perlu anda ketahui cara mengatasi dan mencegah kejadian ini terulang kembali.

Pada dasarnya, sekring atau kerap dikenal dengan nama fuse memiliki peran penting untuk memutus aliran listrik jika terjadi korsleting di kelistrikan mobil. Namun beberapa masalah dapat menyebabkan tugas tersebut tidak dapat dikerjakan dengan baik.

Adapun penyebab sekring mobil putus antara lain adalah:

Arus Listrik Berlebihan
Arus listrik yang terlalu besar dapat menyebabkan fuse atau sekring tidak mampu menahan arus tersebut. Akibatnya, arus listrik dapat membakar komponen sekring. Hal inilah yang seringkali jadi penyebab sekring cepat putus.

Getaran Mobil yang Terlalu Kuat
Sebab lain sekring mobil seringkali cepat putus adalah karena adanya jalur kabel yang korslet akibat getaran kendaraan yang terlalu besar. Akibat dari getaran ini adalah kelistrikan mobil tidak stabil sehingga ampere mobil melonjak drastic, atau membuat sekring tidak terpasang dengan baik di sarangnya.

Pemilihan Sekring yang Tidak Pass dengan Tingkat Kelistrikan Mobil
Masalah putusnya sekring pada mobil bisa juga karena amper pada sekring terlalu kecil sehingga tak mampu menahan arus besar yang datang dari kelistrikan mobil. Untuk kasus ini, kesalahan bukan pada mobil, namun pada pemilihan fuse untuk mobil anda.

Kualitas Sekring Mobil
Dan tidak hanya kesalahan pemilihan ampere pada sekring, kualitas yang jelek juga dapat menjadi penyebab alat yang 1 ini putus dan rusak. Oleh sebab itu, pembelian sekring di tempat resmi, atau bengkel terpercaya sangatlah disarankan.

Itulah beberapa penyebab sekring mobil lebih cepat putus yang umum terjadi. Untuk itu, sangat mencegah adanya masalah pada kelistrikan mobil. Untuk mencegah terjadinya masalah pada kelistrikan mobil, disarankan untuk menggunakan volt stabilizer pada mobil.

Penggunaan volt stabilizer pada umumnya tak hanya mencegah sekring pada mobil sering putus, namun juga dapat meningkatkan tenaga dan akselerasi mobil. Bahkan menjadikan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Setidaknya ada 2 volt stabilizer yang bisa anda pilih karena merupakan yang terbaik di Indonesia, yaitu:

  • JS One
    Merupakan volt stabilizer yang dapat meningkatkan tenaga mobil secara drastis, namun tetap hemat bahan bakar.
  • R-Project
    Volt stabilizer kelas atas yang dapat meningkatkan tenaga mobil dengan sangat tinggi. Alat ini menjadikan mobil seolah-olah menggunakan tenaga 5 aki mobil. Luar biasa ya…

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan. Semoga informasi seputar penyebab dan cara mengatasi sekring AC mobil cepat putus ini bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here