Penyebab Dan Cara Mengatasi Air Radiator Innova Cepat Habis

0
213
air radiator 2
air radiator 2

Air radiator berperan sebagai pendingin dari mesin mobil. Seringkali air radiator mengalami penurunan volume, padahal baru saja mengisinya. Nah, pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai penyebab dan bagaimana sih cara mengatasinya? Simak artikel dibawah ini ya ^^

Penyebab Air Radiator Innova Cepat Habis

Berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi dan cara untuk mengatasinya :

1. Tutup Radiator Melemah
Berkurangnya air radiator adalah karena tekanan tutup pada radiator yang sudah melemah. Biasanya hal ini dikarenakan kerusakan yang ada pada karet pada bagian tutup radiator yang dapat membuat air radiator lebih cepat habis dibandingkan biasanya. Karena tutupnya yang sudah mulai melemah, tentu saja akan membuat air radiator mengalir menuju tabung untuk air cadangan dengan cepat. Untuk mengatasi hal ini tentu harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.
2. Kebocoran Pada Water Pump
Water pump merupakan komponen yang berfungsi untuk memompa serta sebagai sirkulasi air yang ada di dalam mesin mobil. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka akan menyebabkan penurunan volume air radiator yang cukup drastis. Bahkan kebocoran yang disebabkannya akan sangat besar, karena air yang mengalir akan cukup deras.
Untuk mengatasinya,diperlukan perawatan yang tepat seperti menguras air radiator dua bulan sekali untuk menghindari pengendapan karat. Selain itu, gunakan air yang berkualitas agar kinerja water pump menjadi maksimal.Untuk mengatasinya, dengan melakukan perawatan yang tepat seperti menguras air radiator dua bulan sekali untuk menghindari pengendapan karat
3. Thermostat Kotor dan Bermasalah
Cairan coolant yang digunakan untuk mengisi radiator, seringkali mengalami sirkulasi yang tidak berjalan. Hal ini lah yang menyebabkan thermostat tidak akan terbuka ketika suhu kerja mesin tersebut sudah tercapai. Sehingga menyebabkan mesin dapat melewati suhu hingga 100 derajat celcius. Untuk mengatasinya, lakukan perawatan serta pembersihan rutin pada radiator untuk menghindari hal tersebut.
4. Kurang Rapatnya Selang Radiator
Kurang rapatnya selang selang yang terpasang pada radiator sehingga membuat air radiator mudah keluar dari celah antara selang dan besi radiator. Untuk mengatasinya harus merapatkan selang selang pada radiator agar tak terjadi celah yang membuat kebocoran pada air radiator.
5. Penutup Pembuangan Air Kurang Rapat
Jika kebocoran masih saja terjadi ,maka cek penutup yang ada pada pembuangan air radiator di bagian bawah. Biasanya penutup ini agak kurang rapat. Sehingga pastikan bila penutup sudah rapat dan kalau perlu tambahkan selotip.
6. Selang Radiator Sudah “Lembek”
Hal ini biasanya dikarenakan selang radiator yang sudah cukup tua, sehingga mudah lembek dan akhirnya menyebabkan beberapa lubang lubang kecil. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu mengganti selang lama kendaraan anda dengan yang baru.

Nah, itulah beberapa masalah yang dapat anda atasi dirumah. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here