Penyebab Bau Bensin Dalam Mobil

0
105
Penyebab Bau Bensin Dalam Mobil jpg

Bau bensin memang cukup menyengat dan menganggu apalagi jika sampai masuk ke dalam kabin mobil. Bahkan bagi orang yang tidak kuat, bisa saja dapat menyebabkan mual hingga muntah saat mencium bau bensin tersebut. Kondisi bau bensin yang dapat masuk hingga ke dalam kabin mobil bisa saja disebabkan karena beberapa masalah, bahkan bisa jadi dikarenakan terjadinya kerusakan pada komponen-komponen di dalam mobil anda. Untuk mengatasinya, maka tentu saja anda perlu mengetahui faktor pemicu dan penyebab mobil bau bensin dan kemudian mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

  1. Tumpahan Bensin Di Dalam Mobil

Penyebab bau bensin yang pertama bisa jadi dikarenakan bekas tumpahan pada interior ataupun jok mobil. Biasanya hal ini dikarenakan teknisi yang ceroboh yang mengabaikan kebersihan saat melakukan pekerjaan. Hal tersebut seringkali terjadi pad atipe-tipe mobil minibus yang memiliki mesin pada kolong dan serta masih menggunakan baik kain ataupun beludru apda interior mobil. Untuk mengatasi hal ini maka segera bersihkan interior mobil hingga bersih.  Cara membersihkan interior mobil hingga bau bensin menghilang dapat anda lakukan dengan sabun khusus ataupun bahan-bahan alami. Bahkan jika perlu anda bisa mengganti interior denagn material kulit atau semi kulit sehingga dapat dibersihkan dengan mudah. Ada beberapa cara membersihkan bau bensin dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, antara lain:

  • Menggunakan kopi. Cukup letakkan segenggam biji kopi pada bagian bawah di dalam kabin mobil dan biarkan hingga dalam kurun 1 minggu. Kopi dapat diyakini untuk menyerap aroma-aroma yang kurang menyenangkan seperti bensin. Kopi juga tidak akan menimbulkan noda pada karpet mobil.
  • Menggunakan baking soda. Bahan dapur ini juga cukup efektif untuk menghilangkan bau bensin.Caranya pun juga sangat mudah cukup taburkan baking soda pada beberapa bagian interior mobil dan biarkan hingga satu malam. Setelah itu anda bisa membersihkan karpet dan tentu saja bau bensin dapat menghilang dengan mudah.
  • Menggunakan cairan pencuci. Karena kandungan minyak di dalam bensin, maka anda juga bisa menggunakan cairan pencuci. Seperti yang anda ketahui cairan pencuci meang memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda seperti minyak pada interior mobil serta mengurangi bau yang tidak sedap.
  • Menggunakan cuka apel.Cukup masukkan cuka apel ke dalam botol spray dan kemudian semprotkan pada beberapa titik di dalam kabin mobil. Diamkan satu malam namun dengan kondisi jendela yang terbuka.

Selain cara-cara diatas tentu saja anda harus rajin perawatan interior mobil yang rutin dengan membersihkannya setiap hari. Sesekali biarkanlah kaca mobil dibuka setidaknya dalam jangka waktu satu malam sehingga sirkulasi udara di dalam mobil dapat lancar. Anda bisa mencoba untuk menggunakan pewangi ruangan khusus untuk mobil sehingga udara segar di dalam mobil tetap terjaga dengan baik.

  1. Masalah Pada Tangki Bensin

Bau bensin yang menyengat bahkan terus menerus ketika mesin dinyalakan maka bisa jadi dikarenakan anda lup menutup tangki bensin ataupun kondisi tutup tangki yang memang sudah kendor. Selain itu hal ini juga bisa dipicu pada beberapa komponen yang mengalami kebocoran, seperti pompa bensin, selang bensin, ataupun pada filter bensin. Misalnya saja jika terjadi kebocoran pada komponen-komponen tersebut, maka sudah seharusnya untuk melakukan penggantian.

Jika kondisi ini secara tiba-tiba terjadi saat anda berada di jalanan, maka terlebih dahulu pinggirkan dengan aman kendaraan anda dan pastikan bebas dari sumber api yang ada di sekitarnya. Setelah itu segera matikan mesin kendaraan dan carilah bengkel terdekat jika anda kurang memahami mesin mobil. Untuk mendeteksi kebocoran,anda bisa mencoba untuk menghidupkan kunci kontak dan kemudian amati pada selang bensin, filter, ataupun  rotaknya. Biasanya ini dikarenakan umur selang bensin yang memang sudah tua. Untuk itu segera ganti selang bensin mobil anda dengan yang baru dan berkualitas baik. Anda bisa melihat beberapa ciri-ciri dari selang yang harus diganti dilihat dari kondisi selang yang sudah kaku dan mulai timbul retak atau pecah di bagian luar.

  1. Masalah Pada Karburator

Bau bensin yang timbul dan menyengat di pagi hari biasanya dapat dikarenakan masalah pada karburator. Hal ini juga menjadi penyebab mobil susah distarter. Kerusakan ini diakibatkan konsii karburator yang banjir dikarenakan penyettingan yang kurang tepat sehingga membuat campuran antara bensin dan udara menjadi tidak homogen. Cek bagian karburator mobil anda, apakah terdapat kebocoran atau tidak. Kerusakan sedikit pada karburator yang membuat bensin lebih dan kemudian tumpah pada sisi karburator.

Jika tidak ada kebocoran, maka periksa baut-baut yang ada pada karburator. Untuk penyetelan karburator, emmang dibutuhkan keahlian khusus. Untuk itu akan lebih baik untuk membawa langsung ke bengkel atau tukang karburator. Jika anda membongkarnya sendiri maka kemungkinan mobil tidak dapat hidup bahkan mati total.

  1. Kerusakan Selang

Cek pada bagian selang bensin yang mana mengarah pada karburator, bagian injeksi, membran, ataupun rotak. Periksa jika terdapat kebocoran atau tidak, hal ini bisa menjadi penyebab mobil bau bensin. Jika terdpaat kebocoran, maka segera ganti selang mobil anda. Anda bisa membongkar selang ini sendiri. Hal ini karena permasalah pada selang bensin memang cukup mudah yang ada pada bagian mesin kendaraan.

Mengatasi Bau Bensin Pada Mobil

Jika terdapat bau bensin yang sampai masuk ke dalam mobil, maka sebaiknya periksa beberapa komponen apakah terdapat kebocoran atau tidak. Mulai dari tangki bahan bakar hingga mesin mobil. Cara terbaik untuk memeriksa kendaraan adalah dengan cara menaikkan kendaraan menggunakan car lift. Sehingga nantinya anda bisa melihat apakah terdapat kebocoran pada komponen mobil. Anda juga bisa mengamati kebocoran melalui bekas-bekas kebocoran pada carport ataupun lantai garasi. Hal ini bisa menjadi pendeteksi awal kebocoran.

Jika anda tidak menemukan lokasi kebocoran, maka cobalah memeriksa ulang sambil menghidupkan mesin. Biasanya dengan cara ini kebocoran akan lebih mudah dilihat. Jika memang tidak terdapat jejak kebocoran, maka selanjutnya yang bisa and alakukan adalah dengan membongkar bagian tangki bahan bakar. Masalah seperti ini sebaiknya jangan dianggap enteng dan segera mungkin untuk diatasi. Selain itu jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan mesin mobil secara rutin sehingga kondisi mobil selalu terjaga prima. Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab mobil bau bensin. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Terima kasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here