Penyebab Asap Knalpot Mobil Bau Menyengat dan Solusinya

0
298
Penyebab Asap Knalpot Mobil Bau dan Artinya
Penyebab Asap Knalpot Mobil Bau dan Artinya

Kerusakan dan kebocoran pada beberapa komponen dapat menyebabkan asap knalpot mobil mengeluarkan bau menyengat dan busuk. Oleh sebab itu, penanganan yang cepat dan tepat perlu segera anda lakukan.

Kenyamanan merupakan salah satu faktor penting dalam berkendara, oleh karena itu perawatan pada kendaraan wajib anda berikan pada mobil anda. Dengan perawatan yang baik dan dilakukan secara rutin, hal ini akan membuat mobil anda selalu dalam kondisi prima dan selalu siap untuk dipakai berkendara. Selain itu, rutin mengecek kondisi mobil membuat anda terasa aman dalam berkendara dan terhindar dari pengeluaran yang besar dikemudian hari.

Sebenarnya kerusakan awal pada mobil anda dapat dideteksi sedari dini, salah satunya adalah mengenali kerusakan pada mobil melalui bau yang dikeluarkan. Memang terkadang masalah asap knalpot mobil bau menyengat muncul ketika kita sedang berkendara, pasti pernah tercium bau-bau aneh yang dikeluarkan oleh mobil yang kadang membuat kita terasa tidak nyaman.

Penyebab Asap Knalpot Mobil Bau Menyengat

Tetapi tahukah anda kalau bau yang dikeluarkan oleh mobil bukan hanya sebatas aroma tetapi mengandung sinyal berbahaya pada mobil anda. Untuk itu anda harus paham masalah apa yang sedang dialami mobil yang dikirimkan melalui bau.

Bau Asap Knalpot
Terkadang saat sedang menyetir mobil, kita mencium bau asap knalpot masuk kedalam kabin padahal semua kaca tertutup rapat. Asap knalpot bau menyengat merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan apalagi bila menghirup terlalu lama, untuk itu harus segera ditangani.

Diagnosa penyebab masalah ini di antaranya adalah:

  • Ada kebocoran pada pipa knalpot mobil
  • Karet-karet pintu sudah tidak rapat lagi
  • Terdapat lubang pada bodi mobil
  • Bau Lembab pada Kabin
Jika asap knalpot mobil bau menyengat Artinya Ada Masalah pada Mobil Anda
Jika asap knalpot mobil bau menyengat Artinya Ada Masalah pada Mobil Anda
Bau Lembab

Bau lembab yang tercium dari dalam kabin bisa dipastikan ada air yang masuk kedalamnya. Pastikan terlebih dahulu apakah pernah ada minuman yang tertumpah, jika tidak berarti memang ada air dari luar yang masuk kedalam seperti air hujan, air saat mencuci mobil, dan sebagainya. Hal ini jangan dibiarkan karena dapat menimbulkan jamur dan bakteri.

Bau Bahan Bakar

Bau bahan bakar yang tercium didalam kabin umumnya biasanya terjadi pada mobil-mobil keluaran lama, tetapi juga tidak menutup kemungkinan mobil baru juga bisa terjadi.

Ini tidak boleh dibiarkan karena walaupun hanya uapnya saja dapat menyebabkan kebakaran. Buka semua jendela mobil agar bau bensin keluar dari kabin dan segera ditangani.

Bau Wangi yang Mendidih

Jika mencium bau wangi namun tidak lumrah dari arah mesin, segera lakukan pengecekan dengan cara melihat asap gas buang. Jika gas buang berwarna gelap dan cenderung tebal, bisa dipastikan terjadi sesuatu pada area pembakaran mesin.

Bau karet seperti terbakar

Bau karet seperti terbakar ini agak menyengat namun tidak mengganggu kesehatan. biasanya bau ini berasal dari karet-karet pada komponen penggerak mobil.

Bau Oli yang Lumayan Menyengat

Jika anda mencium bau oli yang lumayan menyengat pada mobil anda, bisa dipastikan ada kebocoran pada oli mesin mobil anda.

Nah itulah daftar lengkap penyebab asap knalpot mobil bau menyengat beserta dengan solusinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Silahkan kirimkan kritik saran dan komentar mengenai artikel ini di kolom komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here