Penyebab dan Solusi Atasi AC Mobil Menjadi Bau

0
161

Bagaimana rasanya jika sedang asyik berkendara diselimuti AC mobil menjadi bau ? Tentu tidak nyaman. Belum lagi jika AC panas mati, layaknya sauna berjalan.

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau

Mungkin ini sebabnya AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap:

layanan konsultasi

1. Kabin yang kotor dan berdebu menjadi salah satu penyebab AC menjadi bau

Terlebih jika Anda merupakan tipikal pengemudi yang jorok, hingga sering tercecer sisa-sisa makanan atau kurang memperhatikan bangkai binatang seperti kecoa dan cicak. Mulailah secara rutin rajin membersihkan kabin, terutama dari sisa-sisa makanan dan minuman usai menempuh perjalanan jauh.

2. Komponen Evaporator yang kotor dan berlendir juga dapat menyebabkan bau yang kurang sedap muncul ketika Anda menyalakan AC mobil.

Evaporator yang kotor tersebut biasanya disebabkan karena ada kotoran dan debu yang terhisap ketika siklus pendinginan terjadi dan menempel pada Evaporator.

3. Bocornya komponen Evaporator juga dapat menjadi salah satu penyebab AC mobil menjadi bau.

Hanya saja bau yang keluar adalah bau freon, dan ketajaman bau tersebut tergantung dengan seberapa parah kebocoran yang terjadi pada Evaporator.

Bagaimana Solusinya?

Agar mobil anda terbebas dari bau tidak sedap, segera lakukan penanganan dibawah ini;

Bersihkan evaporator

Evaporator yang kotor dan lembab akan membuat bakteri dan jamur mudah sekali berkembang biak, bakteri dan jamur inilah yang akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Sehingga untuk menghilangkan bau yang berasal dari evaporator mobil, caranya adalah dengan membersihkannya. Ada tehnik khusus untuk membersihkan evaporator ini, jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu di bengkel ac mobil terdekat.

Bersihkan saluran-saluran AC

Bakteri dan jamur selain dapat menempel di evaporator, juga bisa menempel pada saluran-saluran tempat udara dingin mengalir, sehingga juga perlu dibersihkan. Pernah saya menemui di bengkel ac, cara memperbaiki ac mobil yang bau adalah dengan menservis total meliputi pembersihan komponen ac, saluran ac, dan pengisian refrigerant dll.

Bersihkan atau ganti filter kabin

Filter kabin pada sistem ac berperan untuk menyaring udara dari kotoran/debu, bila filter kabin ini sudah terlalu kotor maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, terutama apabila kotoran yang menempel adalah bangkai serangga atau makanan yang sudah membusuk. Bila sudah terlalu kotor dianjurkan untuk mengganti dengan yang baru.

Bersihkan kabin kendaraan

Udara yang berbau tidak sedap juga bisa disebabkan oleh kotornya kabin kendaraan, jadi untuk menghilangkan bau pada ac mobil langkah yang wajib dilakukan adalah membersihkan kabin kendaraan. Meliputi, karpet dasar mobil, jok dan bagian-bagian yang berpotensi ada kotorannya. Bila di dalam kabin kendaraan terdapat makanan yang busuk, usahakan cepat dibuang begitu juga bila terdapat bangkai binatang atau serangga.

Ganti parfum mobil

Menurut yang pernah saya baca, ternyata ac mobil yang bau bisa disebabkan oleh parfum mobil yang berkualitas rendah. Biasanya parfum kualitas rendah ini kandungan alkoholnya sangat tinggi dan bahan pembuatnya pun tidak memenuhi standar kelayakan, sehingga dapat menimbulkan ac mobil bau asam. Sehingga untuk menghilangkan bau asam pada ac mobil yang disebabkan oleh parfum mobil berkualitas rendah ini adalah dengan menggantinya dengan yang kualitas baik.

Cek dan perbaiki kebocoran refrigerant

Adakalanya AC mobil menjadi bau yang dihasilkan bukan bau yang tidak sedap, melainkan bau freon atau refrigerant. Bau ini disebabkan karena terdapat kebocoran pada komponen ac, seperti pada evaporator ac mobil. Maka cara memperbaikinya adalah dengan memeriksa letak kebocoran refrigerant dan memperbaikinya. Mudahnya silahkan bawa ke bengkel ac mobil langganan anda.

Baca Juga : Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Nah, itulah ulasan terkait Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here