penyebab utama tidak berfungsinya otomatis AC mobil dan solusi mengatasinya
penyebab utama tidak berfungsinya otomatis AC mobil dan solusi mengatasinya

Seringkali kita merasa tidak nyaman dan khawatir karena tiba-tiba otomatis AC mobil tidak dapat berfungsi seperti biasanya. Jangan-jangan hal tersebut akan merembet pada komponen yang bersifat otomatis lainnya.

Penyebab Sistem Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi dengan Semestinya

Kecemasan anda wajar-wajar saja. Namun jangan sampai terlalu berlebihan. Ada beberapa penyebab mengapa masalah sistem otomatis pada AC tidak bekerja. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kerusakan pada Termostat
    Masalah pada termostat dapat menyebabkan AC mobil tidak mengetahui berapa suhu di sekitar kita. Hal ini menyebabkan AC mobil tidak tahu kapan harus menyalakan AC mobil secara otomatis, kapan harus mematikan AC mobil.

    Kerusakan pada termostat ini dapat terjadi karena beberapa hal. Di antaranya karena faktor usia, kualitas termostat, terkena basah, ataupun sensornya pecah.

    Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan penggantian termostat.

  2. Masalah pada Sensor AC Mobil
    Jika sebelumnya masalah terjadi di termostat, kemungkinan kedua penyebab otomatis AC mobil tidak berfungsi adalah karena adanya bagian di AC mobil yang rusak sehingga tidak mampu menerima data dari termostat.

    Penyebab masalah ini dapat terjadi karena adanya kabel-kabel yang korsleting, putus, ataupun tidak terpasang dengan benar.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan perbaikan masalah kelistrikan mobil.

  3. Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil
    Penyebab lain yang menyebabkan sistem otomatis pada AC mobil tidak berfungsi dengan semestinya adalah karena kelistrikan di AC mobil naik turun secara drastis. Ketidakstabilan ini menyebabkan korsletnya kabel, ataupun AC tidak mampu bekerja secara normal.

    Untuk mengantisipasi masalah kelistrikan mobil ini, anda dapat menggunakan alat untuk menstabilkan kelistrikan mobil seperti JS One ataupun R-Project.

Jika AC Mobil Tidak Bisa Mati

Tidak hanya otomatis AC mobil saja yang kadangkala bermasalah. AC mobilnyapun kadang kala bermasalah karena tidak bisa mati. Padahal tombol off sudah ditekan berulang kali.

Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, di antaranya adalah:

  • Kerusakan pada Tombol On/Off
    Kerusakan tombol ini bisa disebabkan oleh banyak sebab. Bisa karena per pegas di tombol tersebut copot. Atau bisa juga karena ada kabel yang salah penyambungan.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti tombol power. Namun ada kalanya penggantian ternyata tidak memberikan hasil. Oleh sebab itu silahkan check pada alasan selanjutnya.

  • Kelistrikan yang Selalu Tersambung
    Kadang kala, ada mekanik yang melakukan kesalahan dalam pemasangan dan pemotongan kabel-kabel. Dan hal ini sering kali terjadi/dilakukan oleh mekanik di bengkel-bengkel yang kurang berkompeten.

    Bengkel yang kurang berkompeten ini melakukan kesalahan-kesalahan dalam pemasangan kabel. Pemasangan yang salah ini menjadikan arus listrik di AC Mobil selalu dalam keadaan ON. Tidak bisa dimatikan sama sekali.

    Solusi untuk masalah ini ya tentu saja membawa ke bengkel AC mobil untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

  • Kerusakan pada AC Mobil
    Entah itu masalah otomatis AC mobil tidak berfungsi, ataupun AC mobil yang tidak mau mati, kemungkinan terjadi karena ada masalah pada AC mobilnya.

    Bisa saja anda membeli AC mobil yang memang cacat produk sehingga masalah tersebut terjadi. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, anda dapat mengajukan garansi. Namun tentu saja garansi tersebut hanya akan diterima jika belum melewati masa garansi, dan terjadi bukan karena kesalahan penggunaan.

Nah itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah otomatis AC mobil tidak berfungsi dan AC mobil yang tidak mau mati. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here