Cara Memilih Oli Mesin untuk Mobil LCGC Agar Performa Maksimal

0
36
Memilih Oli Mesin untuk Mobil LCGC Harus Tepat Agar Performa Mobil Tetap Maksimal
Memilih Oli Mesin untuk Mobil LCGC Harus Tepat Agar Performa Mobil Tetap Maksimal

Pemilihan oli mesin untuk mobil LCGC harus dilakukan dengan seksama. Salah memilih pelumas dapat menyebabkan masalah serius. Seperti performa mobil anda turun drastis. Atau bahkan kerusakan mobil.

Mobil-mobil di segmen low cost green car (LCGC) unggul soal keiritan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Namun, jika sang pemilik salah memilih oli, mobil LCGC yang dimiliki berpotensi tidak bisa mengeluarkan tingkat keiritan terbaiknya.

Lihat Juga: Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah

Segmen LCGC diciptakan pada 2013 oleh pemerintah dan mendapat keistimewaan berupa pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sehingga harganya terjangkau bagi pemilik mobil pemula. Syaratnya, mobil itu harga mempunyai efisiensi BBM minimal 20 km/liter, berkapasitas mesin bensin maksimal 1.200 CC, dirakit secara lokal, plus mempunyai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 85 persen dalam lima tahun setelah diproduksi.

Memilih Oli Mesin untuk Mobil LCGC Agar Irit BBM

Tingkat keiritan terbaik di mobil-mobil LCGC sendiri bisa dicapai dengan memperhatikan beberapa hal, khususnya karakter serta gaya mengemudi orang yang berada di balik setir kemudi. Hal lain yang mesti diketahui adalah penggunaan oli yang tepat bagi mobil tersebut.

Pasalnya, setiap jenis mesin memiliki kinerja berbeda, sehingga membutuhkan spesifikasi pelumas berlainan pula. Memilih oli mesin yang tepat untuk LCGC tak hanya membuatnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya, tapi juga memperpanjang usia mesin. Bagaimana caranya?

Melihat Buku Panduan Mobil

Cara paling mudah adalah dengan melihat buku panduan mobil mengenai spesifikasi pelumas yang dibutuhkan. Kemudian, pilih pelumas dengan sertifikasi dari institusi-institusi seperti API, ACEA, ILSAC, dan JASO.

Oli yang dijual di pasar tersedia dalam dua material dasar yaitu mineral dan sintetis. Keduanya memiliki perbedaan jenis minyak dasar (base oil), di mana oli sintetis memiliki ketahanan yang lebih lama dari oksidasi.

Pilih Oli dengan Teknologi Terbaik untuk Mesin Mobil

Terakhir, pilih oli dengan teknologi tambahan yang makin menguntungkan bagi mesin.

Nah, untuk mobil-mobil LCGC, ada SHELL HELIX ECO 0W-20 FULL SYNTHETIC dan SHELL HELIX ECO 5W-30 SYNTHETIC yang memang diformulasikan khusus bagi semua kendaraan di segmen tersebut. Keduanya merupakan oli sintetis dan dipersenjatai dengan FUEL EFFICIENCYTECHNOLOGY.

Berbekal FUEL EFFICIENCY TECHNOLOGY, SHELL ECO 0W-20 FULL SYNTHETIC dan SHELL HELIX ECO 5W-30 SYNTHETIC mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar serta sebagai hasilnya, mengurangi emisi. Teknologi pembersih unik dari Shell Active Cleansing Technology (ACT) juga mampu memberikan perlindungan tinggi terhadap endapan kotoran sisa pembakaran di mesin dan mencegah pencegahan terjadi.

Dengan reputasi Shell sebagai produsen oli terkemuka dunia, SHELL ECO 0-20 FULL SYNTHETIC dan SHELL HELIX ECO 5W-30 SYNTHETIC dijual di Indonesia dengan banderol terjangkau. Semua demi menjadikan keduanya pasangan yang sempurna bagi mobil-mobil LCGC Anda.

Memilih Oli Mesin yang Tepat untuk Mobil LCGC Agar Tidak Mudah Ngelitik

Buat Otolovers yang memiliki mobil Low Cost and Green Car (LCGC) harus benar-benar pandai dalam memilih pelumas ya. Karena salah menggunakan pelumas, sudah pasti bakal buat mobil LCGC Otolovers bakal gelitik.

Seperti yang disampaikan Supervisor Bengkel Ban Oli Service (BOS) Cabang Jatimurni, Pondok Melati, Bekasi, Wandi, kepada detikOto.

Wandi menjelaskan saat pengguna mobil LCGC salah memilih oli atau pelumas yang lebih kental seperti 20W-50. Maka mesin akan bekerja lebih keras

“LCGC-kan mesinnya kecil, itu butuh oli yang encer. Karena motel-motelnya presisi, lubang oli-nya kecil juga, ketika dikasih oli yang kental membuat sirkulasi jadi terhambat. Efeknya ngelitik pasti,” ujar Wandi kepada Dunia-Mobil.

Sebelumnya Wandi juga mengatakan, untuk para pengguna mobil LCGC disarankan untuk menggunakan pelumas yang disarankan setiap pabrikan LCGC.

Atau disarankan untuk memilih pelumas yang encer, seperti menggunakan pelumas 0W-20 atau 5W-30. Karena jika menggunakan pelumas yang encer maka akan membantu sirkulasi mesin bekerja dengan baik.

Nah, anda bisa menggunakan oli mobil RAVENOL 5W-30 untuk mobil LCGC kesayangan anda. Selain memiliki kualitas yang sangat baik, oli RAVENOL ini juga memiliki tingkat viskositas yang tepat. Dengan demikian, performa mesin mobil akan tetap terjaga.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika memilih oli mesin untuk mobil LCGC kesayangan anda. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here