Tips Lewat Tol Layang Jakarta Cikampek Tanpa Khawatir Mogok

0
178
Kondisi Tol Layang Jakarta Cikampek yang Akan Segera Dibuka
Kondisi Tol Layang Jakarta Cikampek yang Akan Segera Dibuka

Tol layang Jakarta Cikampek memiliki panjang sekitar 39Km. Uniknya, sepanjang jalur tersebut tidak akan ditemukan pintu keluar. Juga tidak ada rest area, ataupun SPBU. Jadi bagi pengendara, mobil harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum melintasi jalur tersebut.

Jangan sampai mobil bermasalah seperti mogok di tengah jalan karena overheating atau karena kehabisan bensin. Jangan sampai juga mobil bermasalah karena rem kurang nyaman, tidak kuat nanjak, ataupun perjalanan terhambat karena ban bocor.

layanan konsultasi

Jika Mobil Bermasalah di Tol Layang Jakarta Cikampek

Meskipun mobil sudah diusahakan dalam kondisi prima, kejadian-kejadian tidak terduga bisa saja terjadi. Lantas bagaimana jika mobil tiba-tiba bermasalah di tengah perjalanan? Tenang karena jawabannya ada di artikel berikut ini.

Pengoperasian Tol Elevated Japek II merupakan sistem pengoperasian terintegrasi yang terbagi empat wilayah. Pembagian tersebut meliputi:

Wilayah 1
Dimulai dari Cawang kilometer 0 sampai kilometer 4 di Pondok Gede Timur.

Wilayah 2
Dimulai dari kilometer 4 di Pondok Gede Timur sampai kilometer 31 di Cikarang Barat.

Wilayah 3
Dimulai kilometer 31 di Cikarang Barat sampai kilometer 47 di Karawang Barat.

Wilayah 4
Dimulai dari kilometer 47 di Karawang Barat hingga Cipularang kilometer 66 dan Cikampek kilometer 72.

Namun, banyak yang bertanya, bagaimana kalau terjadi insiden diatas tol tersebut. Misalnya, kehabisan BBM, mogok atau kecelakaan?

“Kita tetap menempatkan petugas di tol elevated, juga ambulans dan mobil derek jika ada hal yang tidak diinginkan,” ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani.

Tapi memang baiknya ada persiapan khusus sebelum kalian melintas jalan tol Layang tersebut, minimal memastikan kondisi BBM terisi penuh di tangki mobil.

Selain itu, bakal ada petugas patroli setiap 4 km untuk memantau kecepatan setiap kendaraan yang melintas. Selama masa uji coba ini, batas kecepatannya 60 km perjam.

Nah sudah paham kan bagaimana jika terjadi masalah pada mobil ketika berada di tol layang Jakarta Cikampek ini? Walaupun sudah bisa merasa tenang, namun ada persiapan yang tetap wajib dilakukan.

Persiapan Sebelum Ke Tol Layang Jakarta – Cikampek

Agar perjalanan terasa aman dan nyaman, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan. Persiapan tersebut pada intinya adaklah mempersiapkan mobil agar dalam kondisi sebaik mungkin.

Adapun beberapa persiapan yang perlu dilakukan adalah:

  1. Tune UP
    Kapan terakhir kali anda ke bengkel mobil untuk melakukan tune UP? Sebaiknya lakukan tune UP sebelum mulai menjajal jalan tol ini. Dengan demikian resiko-resiko yang mungkin terjadi bisa dihindari.
  2. Ganti Oli
    Pastikan oli mesin masih dalam kondisi baik. Jangan sampai ternyata oli sudah rusak sehingga performa mesin menjadi loyo.
  3. Check Radiator Mobil
    Jangan sampai mobil overheat di tengah perjalan. Oleh sebab itu, kondisi radiator mobil perlu diperhatikan. Pastikan juga radiator sudah terisi dengan coolant, bukan sekedar air biasa.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba melintasi jalan tol layang ini. Namun selain ketiga hal tersebut, masih ada beberapa hal lain yang juga perlu dicheck di mobil anda. Oleh sebab itu, bawalah mobil ke bengkel mobil untuk diberikan pengecheckan menyeluruh.

Demikian informasi yang DUNIA MOBIL bisa berikan seputar tol layang Jakarta Cikampek yang dibuka per tanggal 20 Desember 2019. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here