8 Penyebab Mobil Matic Tidak Mau Jalan Meski Sudah Digas

0
143
Penyebab Mobil Matic Tidak Mau Jalan dan Solusi Mengatasinya
Penyebab Mobil Matic Tidak Mau Jalan dan Solusi Mengatasinya

Kerusakan pada salah satu komponen dapat menyebabkan mobil matic tidak mau jalan meski sudah digas sedalam apapun. Lantas bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut? Artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tanda dan Penyebab Mobil Matic Tidak Mau Jalan Meski Sudah Digas

Untuk dapat mengatasi masalah ini, anda perlu mencari tahu hal-hal apa saja yang menjadi penyebab munculnya masalah ini. Ternyata, kasus ini sering disebabkan oleh 8 hal, yaitu:

1. Adanya Masalah Loss pada Mesin Mobil

Penyebab mobil matic di gas tidak mau jalan yang pertama adalah karena terjadi slip. Biasanya, gejala seperti ini muncul apabila anda sedang dalam keadaan melaju. Dan ketika seharusnya ada perpindahan gigi secara otomatis trasmisi berlangsung, maka mobil anda akan kehilangan tenaga dan suara mesin mesin anda akan berbunyi seperti meraung – raung. Mirip dengan transmisi yang terjadi pada mesin manual ketika anda memakainya dengan langsung menginjak pedal kopling.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mobil anda tidak mau jalan meskipun sudah digas. Untuk mengetahui apakah mobil anda mengalami hal seperti ini atau tidak, cara yang harus anda lakukan adalah dengan menjalankan mobil anda pada posisi transmisi diposisi “ D”.

Setelah itu, tambahkan kecepatan gas dan perhatikan kecepatan gas mobil anda apakah transmisi tidak segera berpindah atau bertambah akselerasinya, dan mesin anda justru meraung – raung. Jika memang kondisinya seperti itu, itu artinya mobil anda terjadi slip atau loss. Baca juga mengenai tips memilih mobil matic bekas.

2. Adanya Masalah Transmisi yang Ditandai dengan Sendatan/Hentakan

Penyebab mobil matic di gas tidak mau jalan yang kedua ialah tersendat. Kondisi seperti ini terjadi pada saat mobil transmisi matic anda melakukan perpindahan gigi yang mengeluarkan hentakan atau seperti nge loss, namun setelah itu terasa menghentak lagi. Hal inilah yang menandakan bahwa ada masalah pada bagian transmisi yang mengakibatkan mobil anda tidak mau berjalan padahal sudah di gas.

Normalnya, apabila mobil transimisi matic anda akan melakukan perpindahan gigi otomatisnya, akan berasa sangat halus dan terasa ada sedikit ayunan. Nah sobat, jika memang keadaan mobil anda tidak seperti ini, sebaiknya anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap mesin mobil. Hal ini sangat penting agar anda bisa tau penyebab dan cara perbaikannya.

3. Kerusakan pada Transmisi yang Ditandai Tidak Adanya Perpindahan Gigi Otomatis

Penyebab mobil matic di gas tidak mau jalan yang ketiga yakni gigi tidak berpindah otomatis. Pada mobil normal, ketika berjalan pada posisi “ D”, idelanya ketika terjadi perubahan injakan pedal gas baik itu di injak ataupun dilepas, maka akan terjadi perpindahan gigi secara otomatis.

Namun, apabila ternyata tidak terjadi hal yang demikian, misalnya walaupun anda sudah menekan gas nya dengan kencang tetapi suara mesin anda tetap tidak berpengaruh dan seakan akan gigi tranmisi tidak mau berpindah sehingga mengakibatkan gas mobil anda tidak mau nyala, maka bisa dipastikan sudah jelas adanya masakah atau kerusakan pada transmisi anda, sehingga tidak memberikan respon apapun ketika mobil anda gas. Baca juga mengenai gejala kerusakan transmisi matic.

4. Mesin Mobil Terasa Bergetar dan Sering Mati Mendadak

Salah satu gejala transmisi matic yang cukup sering terjadi dan sering di alami oleh pemilik meisn matic adalah pada saat anda melaju dengan kecepatan yang kencang, tiba – tiba saja mobil anda terasa bergetar. Dan apabila anda melakukan pengereman untuk memperlambat laju mobil anda, biasanya getaran tersebut semakin terasa dan mobil anda perlahan akan berhenti bahkan amti secara total. Dan apabila anda menyalakannya kembali, biasanya mobil anda tidak akan mau jalan sekalipun snda sudah meng gas nya berkali – kali.

5. Tidak Bisa Menggeser Tuan Transmisi

Penyebab mobil matic di gas tidak mau jalan selanjutnya adalah karena bagian tuas transmisi sulit digeser. Sering sekali kita jumpai pada mobil matic tuas perpindahan giginya tidak dapat digerakkan walupun anda telah menekan knop pembuka lock nya.

Jika mobil anda mengalami hal seperti ini, maka bisa dipastikan mobil anda tidak akan bisa jalan. Sekalipun anda sudah melakukan pengegasan berulang – ulang.

6. Mobil Matic Kehilangan Tenaga saat Mencoba Menanjak

Salah satu ciri mobil matic yang bermasalah adalah tidak mampu dan tidak kuat pada saat menanjak. Meskipun tuas transmisi sudah berpindah pada posisi L atau 1. Kerap juga terjadi hal di mana pedal gas sudah diinjak dengan sangat dalam, tetapi mobil matic tersebut tetap tidak dapat berjalan menanjak. Inilah slah satu penyebab mobil matic tidak bisa berjalan walaupun sudah di gas.

7. Transmisi Gigi Paling Atasnya Selip/Nyangkut

Selain ke enam point di atas, salah satu penyebab mobil matic anda tidak bisa berjalan sekalipun sudah di gas adalah sistem transmisi yang tidak dapat bergerak dari gigi yang paling tinggi, dan tidak dapat naik atau turun dan seakan tersangkut pada gigi yang paling atas. Jika sudah dalam kondisi seperti ini pastinya gas mobil anda juga tidak akan berfungsi.

8. Kelistrikan Mobil Bermasalah

Penyebab lain dari masalah mobil matic yang tidak mau jalan ini adalah karena kelistrikan mobil bermasalah. Ada cukup banyak penyebab naik turunnya kelistrika di dalam mobil. Namun solusi untuk masalah ini hanya 1. Apa itu?

JS One adalah sebuah alat yang mampu untuk meningkatkan tenaga mobil, akselerasi, kecepatan, dan efisiensi bahan bakar. Dengan menggunakan JS One, mobil jadi lebih bertenaga, cepat, dan lebih hemat BBM.

Selain itu, karena bertindak sebagai volt stabilizer (penstabil kelistrikan), JS One juga berguna untuk mencegah masalah kelistrikan pada mobil matic yang anda miliki.

Jika tertarik menggunakan JS One, silahkan pesan melalui Phone/WA: 0813-1445-5238.

Demikian beberapa penyebab mobil matic tidak mau jalan meskipun pedal gas sudah anda tekan sedalam-dalamnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jika anda memiliki kritik, saran, dan pertanyaan, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here