Mengapa Mobil Kia Picanto Jadi Boros Bensin? Ini Sebabnya

0
121
penyebab kia picanto boros bensin
penyebab kia picanto boros bensin

Tak ingin tertinggal, mobil Kia Picanto terus berinovasi hingga menghasilkan desai stylish dan elegant. Dengan harganya yang relatif terjangkau, tak jarang mobil ini berhasil menjadi lirikan bagi sebagian pengguna mobil. Namun, permasalahan umum yang kerap dihadapi yakni mobil Kia Picanto menjadi boros bensin. Apakah anda sedang mengalaminya? Yuk cari tahu penyebab kia picanto boros bensin

Ini Sebabnya Mobil Kia Picanto Jadi Boros Bensin

Kapan terkahir kali anda service? Nah, pemicu utama yang menyebabkan boros bensin yakni jarang melakukan service perawatan berkala. Sebab inilah kerusakan terus merembet hingga menjadikan mobil boros bensin. Selengkapnya simak dibawah ini;

layanan konsultasi

1. Jarak kepala dan sumbu busi terlalu renggang

Boros bensin disebabkan pembakaran yang terjadi tidaklah sempurna. Hal ini dikarenakan kepala busi dengan ujung kepala busi terlalu renggang, akan menjadikan percikan api yang digunakan membakar campuran BBM dan udara di mesin juga kecil.

Solusi tepat yakni dengan mengatur ulang tingkat kerenggangan tersebut kisaran 0,8 – 1 milimeter atau sesuai standar pabrikan. Ingat, anda dapat mengaturnya jika telah mencapai jarak 25 hingga 30 ribu kilometer. Bila terlalu renggang, api yang dihasilkan terlalu kecil sehingga pembakaran tidak sempurna. Hindari juga terlalu rapat sebab akan menggelitik pada mobil anda.

2. Injektor bermasalah

Karburator atau injektor kerap mengalami permasalahan terlebih jika usia mobil sudah mencapai 5 tahun keatas. Tidak hanya itu, kualitas bahan bakar yang kurang bagus, cara berkendara yang kerap menginjak pedal gas dalam secara berulang bisa menjadi pemicu lainnya.

Solusi tepat yakni dengan melakukan tune up injektor ke bengkel spesialis terdekat untuk membersihkan dan mengatur klep. Ini dilakukan ketika telah menempuh jarak minimal 90-100 ribu kilometer. 

Hindari bengkel abal-abal sebab akan memperparah kondisi mesin anda. Di Dokter Mobil, anda akan dapatkan gratis pengecekan service. Tune up sangat bermanfaat untuk menjaga performa mobil anda, dan hal ini terbukti dapat mengirit bbm.

3. Posisi klep mesin berubah

Mobil yang telah berusia lebih dari 5 tahun tak jarang membuat beberapa komponen mesin mengalami perubahan, salah satunya klep mesin.

Anda dapat mengatur ulang posisi klep ini. Menyetel ulang ulang klep dan jarum peranti itu merupakan langkah yang bijaksana guna mengantisipasi agar mobil tak boros BBM. Ketahui, bila terlalu rapat maka mobil akan boros BBM. Hal ini dikarenakan klep akan terbuka lebar kala pengemudi menginjak pedal gas dalam-dalam. Namun, sebaliknya bila terlalu renggang mesin mobil akan menimbulkan suara berisik.

Itulah ulasan artikel penyebab kia picanto boros bensin. Semoga bermanfaat dan membantu anda. Jika ada keluhan seputar permasalahan mobil anda, jangan ragu untuk komentar dibawah ini.

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here