Ini Sebabnya Mobil Hyundai Elantra Jadi Gampang Boros Bensin

0
270
penyebab hyundai elantra boros
penyebab hyundai elantra boros

Mobil irit bahan bakar merupakan idaman para pengguna mobil. Salah satu ciri mobil sehat yakni irit bahan bakar karena ditinjau dari mesin yang sehat dan bertenaga. Namun, bagaimana jika punya mobil tapi boros bensin? pemgen shopping malah jadi tekor bensin. Duh.. Tilik penyebab hyundai elantra boros disini.

Penyebab Hyundai Elantra Boros Bensin

Jangan biarkan gejela ini terus berlarut pada mobil anda. Tidak hanya membuat bensin semakin boros namun bisa menjadikan mesin cepat rusak. Masih mau mobil jajan ke bengkel hanya karena gejala boros bensin?

layanan konsultasi

Yuk simak penyebab dan solusi selengkapnya dibawah ini:

  1. Jarak kepala dan sumbu busi terlalu renggang

Penyebab boros bensin bisa disebabkan oleh busi mesin mobil. Ketahui hal ini, bila kepala busi dengan ujung kepala busi terlalu renggang, maka akan berdampak pada percikan api kecil yang digunakan membakar campuran BBM dan udara di mesin juga kecil. Sebab inilah proses pemabakaran menjadi tidak sempurna dan bensin menjadi boros dijalan. Sepele namun fatal bukan?

Bagaimana cara mengatasinya?

Atur tingkat kerenggangan dengan kisaran 0,8 – 1 milimeter. Anda dapat mengaturnya ketika mobil telah menempuh jarak 25 hingga 30 ribu kilometer. Selain itu, upayakan tingkat kerenggangan dengan tepat. Jika terlalu renggang, api yang dihasilkan terlalu kecil sehingga pembakaran tidak sempurna. Hindari terlalu rapat justru akan menggelitik karena terjadi pembakaran prematur.

  1. Setelan injektor bermasalah

Karburator atau injektor bermasalah juga menjadi salah satu penyebab mobil jadi boros bensin. Permalasahan ini sering menjumpai mobil dengan usia diatas 5 tahun.

Bagaimana cara mengatasinya?

Solusinya anda dapat melakukan tune up injektor untuk membersihkan dan mengatur klep. Ini dilakukan ketika telah menempuh jarak minimal 90-100 ribu kilometer.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan pengecekan ke bengkel spesialis terdekat dari kota anda untuk mendapatkan hasil diagnosa secara menyeluruh. Dokter Mobil jawabannya. Dapatkan gratis pengecekan service dan beragam promo lainnya menanti anda.

Anda juga dapat tune up mobil sendiri tanpa harus ke bengkel. Namun, perlu di waspadai dan hati-hati jika anda masih awam tentang dunia otomotif. Sebab akan berdampak pada salah pasang pada komponen dan kabel. Selengkapnya klik disini.

  1. Posisi klep mesin berubah

Klep yang posisinya berubah menjadi salah satu penyebab boros bahan bakar di jalan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Segera atur ulang posisi klep mesin. Perhatikan hal ini, bila terlalu rapat maka mobil akan boros BBM, sebab klep akan terbuka lebar kala pengemudi menginjak pedal gas dalam-dalam. Namun, sebaliknya bila terlalu renggang mesin mobil akan bersuara berisik. Sebab itu maka atur dengan ketetapan yang berlaku.

Dengan menyetel ulang ulang klep dan jarum peranti itu merupakan langkah yang bijaksana guna mengantisipasi agar mobil tak boros BBM.

Nah itulah artikel terkait penyebab hyundai elantra boros. Semoga bermanfaat dan menjadi panduan untuk anda. Punya keluhan apa di mobil anda? Yuk bahas di kolom komentar ini. Salam Dunia Mobil

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here