Mobil Bensin atau Mobil Diesel, Mana yang Lebih Unggul ?

0
152
mobil bensin atau diesel
mobil bensin atau diesel

Bagi anda yang akan berencana membeli mobil, sudahkah anda menetapkan jenis mobil yang akan dipilih? Baik mobil mesin bensin atau diesel , keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Keunggulan Mobil Diesel

Mobil jadi bandel dijalanan

Bagi anda yang suka berpetualang menerjang medan jalanan yang sulit, mobil diesel menajdi pilihan terbaik bagi anda. Mobil diesel dilengkapi dengan tenaga mesin yang lebih bertenaga serta unggul dibandingkan mobil jenis bensin.

layanan konsultasi

Anda tidak perlu khawatir jika kondisi jalan sedang hujan lebat atau dihadang genangan air yang cukup tinggi. Sebab mobil diesel tidak menggunakan terlalu banyak sistem elektrik, kabel busi dan lain sebagainya yang sangat rentan mengalami kerusakan apabila menerjang kondisi jalanan hujan atau banjir.

Hemat bahan bakar

Mobil diesel sangat efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Bagi anda yang sering menghabiskan waktu perjalanan Panjang, mobil diesel menjadi pilihan terbaik bagi anda.

Hal ini didukung dengan bahan bakar solar atau bio-solar yang relatif lebih murah jika dibanding dengan bensin jenis premium, pertalite, dan pertamax. Bila dihitung secara keseluruhan, biaya bahan bakar diesel lebih rendah 30 sampai 50 persen dari mobil berbahan bakar bensin. Maka dari itu, mobil diesel menjadi salah satu alternatif yang lebih hemat.

Memiliki torsi yang besar

Mampu menerjang berbagai medan berat membuat mobil diesel memiliki tenaga seperti kuda liar. Bertenaga kuat dan mampu melaju tanpa batas adalah bukti bahwa mobil diesel memiliki torsi berdaya besar. Mempunyai torsi besar yang mendukung, membuat mobil jenis ini semakin mantap dijalan dengan tekanan rpm yang mampu bertahan di angka yang rendah.

Dengan dibekali kemampun tersebut, wajar jika mobil diesel dapat menekan penggunaan bahan bakar yang boros.

Keunggulan Mobil Bensin

Tingkat polusi lebih rendah

Membicarakan polusi memang tidak ada habisnya jika anda penghuni perkotaan. Akhir tahun lalu, Jakarta menempati puncak polusi teratas yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya asap kendaraan.

Berbahagialah jika anda berencana menggunakan mobil bensin, sebab mobil bensin dirancang untuk mengurangi polusi rendah.

Spesifikasi mesin dan onderdil mudah dipahami

Mobil mesin bensin ini mempunyai spesifikasi dan onderdil mudah dipahami. Spare part pun dapat dengan mudah didapatkan di bengkel-bengkel mobil. Namun, tentu saja anda harus hindari spare part abal-abal dengan harga murah dan kualitas rendah.

Pilihan tipe mobil lebih banyak

Jika pertimbangan Anda adalah berbagai pilihan tipe mobil, baik dari brand, jenis, maupun warna, maka mobil dengan tipe bahan bakar bensin adalah jenis mobil dengan beragam variasi yang dapat Anda pilih sesuai selera. Sebagai contoh, beragam mobil jenis hatchback atau LCGC (Low Cost Green Car) biasanya tidak memiliki varian mesin diesel. Padahal untuk tipe mobil jenis ini adalah salah satu mobil yang sangat diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Sebut saja, Honda Brio, Toyota Agya, atau bahkan Datsun GO Panca adalah beberapa nama pilihan mobil berbahan bakar bensin yang memiliki tingkat penjualan cukup tinggi di pasar otomotif Indonesia.

Apakah anda sudah dapat memutuskan untuk membeli jenis mobil apa? Mobil diesel mempunyai keunggulan dibidang mesin, sedangkan mobil bensin mempunyai keunggulan lebih ramah polusi dan kemudahan sparepart. Semoga artikel diatas membantu anda dalam pemilihan jenis mobil.

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

Punya keluhan apa di mobil anda? Yuk bahas di kolom komentar ini. Salam Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here