inilah 5 faktor penyebab mesin mobil mengalami overheat
inilah 5 faktor penyebab mesin mobil mengalami overheat

Alasan utama yang menjadi penyebab sebuah mobil mengalami overheat adalah adanya masalah pendinginan. Utamanya pada radiator dan kipas. Ini langkah dan solusi terhadap masalah tersebut.

Berpergian menggunakan mobil pribadi memang lebih enak dan nyaman, namun bagaimana jika diperjalanan kamu mengalami musibah mogok seperti mesin yang overheat? Tentu hal tersebut memang tidak kamu inginkan terjadi, karena dapat membuat perjalanan kamu menjadi terganggu.

Overheat memang biasanya identik dengan mobil-mobil tua, namun bukan berarti mobil-mobil yang masih berusia muda tidak mungkin mengalami overheat. Namun, sebenarnya apa sih overheat itu? Overheat yaitu terjadinya panas berlebih pada suhu mesin mobil, biasanya overheat dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Faktor Penyebab Mobil Overheat dan Solusinya

Nah berikut ini penjelasan mengenai apa sih penyebab-penyebab dari mesin mobil yang mudah overheat:

Kotoran di Radiator
Penyebab pertama biasanya disebabkan oleh banyaknya kotoran yang mengendap di jalur radiator. Kotoran tersebut berasal dari air radiator yang sudah terlalu lama tidak dikuras secara rutin. Air radiator yang sudah lama tidak dikuras biasanya akan memiliki ciri berwarna coklat keruh. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan air radiator yang tidak sesuai dan terlalu banyak mengandung mineral zat besi

Selang Radiator Usang
Penyebab lainnya yaitu disebabkan oleh selang radiator yang sudah mulai termakan usia, sehingga karet dari selang tersebut pada saat air bertekanan tinggi akan menjadi menciut. Hal ini menyebabkan masuknya angin palsu ke dalam radiator yang membuat jalur air menjadi tidak vacum. Hal ini biasa terjadi di mobil-mobil eropa karena rata-rata mobil eropa menggunakan sistem buang angin.

Selang Radiator Rusak
Selain itu bisa juga disebabkan oleh selang radiator yang sudah mulai memuai, sehingga uap dari air radiator keluar dan akhirnya membuat air radiator menjadi cepat habis.
Fisik dari radiator juga dapat menyebabkan overheat. Biasanya hal ini dikarenakan oleh radiator yang sudah mulai mengalami kebocoran. Lalu tutup reservoir yang sudah mulai tidak rapat. Kisi-kisi radiator yang sudah mulai korosif juga dapat menyebabkan terjadinya overheat.

Waterpum dengan Kipas Berkarat dan Seal yang Rusak
Overheat bisa juga dikarenakan oleh waterpump, hal ini biasanya disebabkan dari kipas yang sudah mulai korosif atau bisa juga dari seal waterpump yang sudah mulai jelek. Sehingga air tidak bersirkulasi dengan normal.

Kerusakan pada Dynamo Cooling Fan
Penyebab mobil overheat lainnya juga bisa disebabkan oleh kipas yang sudah tidak bekerja maksimal. Biasanya hal ini dikarenakan oleh kondisi dynamo cooling fan yang sudah mulai tidak berfungsi dengan baik sehingga membuat putaran baling-baling kipas menjadi tidak maksimal. Selain itu bisa juga disebabkan oleh kondisi sekring atau relay kipas yang meleleh sehingga menyebabkan kipas mati

 

Overheat pada Mobil Peugeot dan Mobil Lainnya

Khusus di mobil Peugeot, overheat bisa juga disebabkan oleh kurangnya tekanan pada Freon ac, hal ini dikarenakan kontrol untuk high speed fan pada mobil Peugeot berada di pressure switch ac yang menggunakan tekanan Freon.

Sebenarnya penyebab utama dari mobil yang mudah overheat yaitu karena disebabkan oleh para pemilik mobil yang kurang sensitif dan kurang memperhatikan sistem pendinginan mesin mobil mereka. Sistem pendinginan ini merupakan hal yang sangat vital guna menunjang kinerja mobil kita sehari-hari.

Namun beberapa hal lain yang kerap jadi biang masalah adalah:

  • Head Mesin yang Melengkung
    Kondisi permukaan head mesin yang sudah melengkung juga dapat membuat mesin menjadi overheat, hal ini karena dapat menyebabkan masuknya angin palsu. Biasanya hal ini juga menandakan mobil anda sudah waktunya untuk overhaul.
  • Thermostat yang Rusak
    Kondisi thermostat yang sudah jelek juga dapat menyebabkan mesin menjadi mudah overheat. Karena thermostat akan selalu menutup sehingga air tidak bersirkulasi kembali ke radiator

Itulah beberapa penyebab, solusi, dan mencegah munculnya faktor penyebab mobil overheat. Jika ada yang dirasa kurang jelas, silahkan mengirimkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here