Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

0
57

Kenyamanan berkendara sangat bergantung pada kualitas AC mobil. Maka penting untuk tahu cara merawat AC mobil agar tetap dingin dan awet. Sehingga kualitas perjalanan anda semakin sehat dan menyenangkan.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara merawat AC mobil yang baik dan benar. Akibatnya, beberapa masalah bisa saja terjadi.

Beberapa masalah yang kerap terjadi ketika AC mobil tidak dirawat antara lain:

  • AC mobil jadi tidak dingin lagi
  • AC mobil mengeluarkan hawa panas
  • AC mobil berbunyi dan berisik
  • AC mobil mati total
  • AC mobil menyebabkan RPM mobil naik turun

Empat langkah simpel di bawah ini bisa membantumu menjaga kondisi AC mobil tetap bagus. Jadi gak perlu merogoh kocek dalam untuk mereparasinya di bengkel.

Jangan memutar pengatur suhu dingin sampai batas maksimal

AC Mobil Gak Cepat Rusak Jika Lakukan 4 Perawatan Iniotosentrum.com
Di dalam mobil ada dua tombol/ pengatur yang harus kamu nyalakan agar AC bekerja. Tombol pertama adalah pengatur kipas, dan di sebelahnya ada pengatur suhu atau tingkat kedinginan.

Nah, jangan memutar atau memposisikan pengatur suhu sampai batas maksimal. Karena fungsi tombol itu sebagai pengatur keluarnya freon atau cairan pendingin.

Seimbangkan pengaturan kipas dengan suhu. Karena tanpa kipas, pengatur suhu diputar sampai maksimal pun tidak akan mempu menyebarkan hawa dingin ke seisi mobil. Maka dari itu fungsikanlah keduanya dengan baik.

Tutup rapat kaca jendela saat nyalakan AC

Pernah dengar ayahmu mengomel karena kaca jendela tidak ditutup rapat saat menyalakan AC? Itu karena debu dari luar bisa mengotori bagian kipas. Jika kipas tersumbat debu, hawa dingin yang keluar pun jadi terhambat. Perawatan ini bisa juga kamu terapkan di rumah atau ruang kerja. Agar AC tetap terrawat dengan baik.

Biasakan menutup rapat pelindung AC mobil setelah selesai berkendara

Di setiap mobil pasti ada penutup AC, yang jangan kamu sepelekan fungsinya. Setelah selesai berkendara atau sampai di tujuan, biasakan menutup pelindung AC sebelum keluar dari mobil. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya debu selama mobil dalam keadaan kosong.

Jika AC mulai terasa kurang dingin, lakukan pengecekan freon

AC Mobil Gak Cepat Rusak Jika Lakukan 4 Perawatan Iniomegaacmobil.co.id
Kalau kondisi AC sudah terlanjur kurang dingin, maka jalan satu-satunya adalah pergi ke bengkel dan lakukan pengecekan, termasuk kondisi freon. Kalau ketiga perawatan di atas kamu lakukan secara rutin, kerusakan pasti bisa diminimalisir.

Jadi, punya mobil jangan asal mampu beli. Tapi kamu harus paham juga dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, biar bisa merawat dengan baik.

Setelah mengetahui cara merawat AC mobil agar tetap dingin di atas, maka sudah sepantasnya anda mempraktekkan hal-hal tersebut. Semoga artikel ini memberi informasi berharga untuk anda. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here