Intip Tips Mudah Menyetir Mobil Saat Jalanan Licin

0
121
Menyetir Mobil Saat Jalanan Licin
Menyetir Mobil Saat Jalanan Licin

Yang di jalan hati-hati, yang dihati akan kunanti, eaa.. Halo sobat Dunia Mobil, waspadai berkendara untuk beberapa pekan ini. Pasalnya, saat ini sejumlah wilayah Indonesia sedang memasuki musim hujan. Alhasil jalanan yang dilalui menjadi licin. Jika sudah begini resiko berkendara menjadi besar, sebab kecelakaan bisa saja terjadi.

Untuk meminimalisir resiko berkendara, ada baiknya anda mengetahui tips menyetir mobil saat jalanan licin saat hujan lebat. Keep Scroll terus sampai bawah..

layanan konsultasi

1. Atur Jarak Aman Pengereman 

Ketika hujan, mobil tidak dapat mengerem secara maksimal sebab jalanan yang licin. Idealnya, jarak pengereman sebelum berhenti dalam kondisi normal ialah saat masuk ke 3 detik. Dapat ditambah menjadi 4 detik ketika musim hujan. 

Hal ini dikarenakan jarak pandang ketika hujan menyebabkan pengemudi tidak dapat melihat dengan jelas.

Pada saat kondisi hujan, hindari pengereman keras (hard braking) agar tidak terjadi selip. Kemudian, jaga akselerasi kendaraan, jangan berakselerasi secara spontan agar roda kendaraan tidak selip.

2. Cek Ban Mobil

Sebelum berkendara pastikan anda memeriksa ban mobil secara keseluruhan, baik tekanan angin, dan telapak ban.

Untuk tekanan angin ban mobil, biasanya di bawah normal atau 2 psi dari normal. Contioh, dari 30 psi dapat dikurangi 2 psi menjadi 28 psi agar memudahkan traksi. 

Selanjutnya, untuk telapak ban pastikan masih terdapat ulir dengan kedalaman tidak boleh kurang dari 2 milimeter. Jika kurang, maka dipastikan telapak ban sudah dalam keadaan tipis. Kondisi ban seperti ini sudah tidak sehat untuk dipakai berkendara terutama ketika jalanan dalam keadaan licin.

Baca Juga : Fungsi Dan Jenis-Jenis Alur pada Telapak Ban Mobil

3. Hindari Mengerem Mendadak

Bagi mobil, sangat dihindari untuk mengerem mendadak agar mobil tidak terjadi selip. Imbasnya, motor atau mobil yang dibelakang akan menubruk bagian belakang mobil anda. Alhasil, mobil anda menjadi lecet. mengerem mendadak dapat memicu cengkaraman kendaraan menjadi goyah.

Demikian ulasan bermanfaat mengenai tips menyetir mobil saat jalanan licin. Senang dapat menjadi sumber terpercaya anda. Nantikan ulasan bermanfaat lainnya hanya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here