Mengenal Apa Itu Gurah Mesin Mobil

2
5479
akibat tidak merawat mesin mobil
akibat tidak merawat mesin mobil

Dunia-mobil.com | Gurah Mesin Mobil | Banyak pengguna kendaraan motor dan mobil yang sering mengeluhkan performa kendaraannya semakin turun seperti tenaga yang tidak maksimal, tarikan turun, tarikan pada gas semakin berat sehingga membuat getaran pada mesin menjadi kasar.

Sebuah inovasi baru ditemukan untuk mampu mengembalikan performa mesin kendaraan dengan cepat dan murah. Inovasi ini dikeluarkan oleh Femax sebuah teknologi di bidang automotif yang menerapkan sistem ramah lingkungan. Di awal Januari 2015 ini, Femax membuat sebuah terobosan baru dengan membuat alat bernama gurah mesin.

Apa itu Gurah Mesin Mobil

Seperti kata dasarnya “gurah” memiliki fungsi untuk membersihkan sesuatu yang kotor dari dalam didorong untuk keluar. Banyak pengguna kendaraan, baik motor atau mobil, yang kurang memperhatikan kebersihan mesin. Dalam waktu satu tahun kondisi mesin pasti kotor akibat pembakaran yang kurang sempurna.

“Mobil atau motor yang sering digunakan memiliki deposit kerak karbon dalam mesin yang banyak dan ini harus segera dibersihkan,” kata pemilik Femax, Joko Istiyanto ketika ditemui di bengkel otomotif miliknya di Jalan Karangmalang Blok A4 Yogyakarta, kemarin. Joko memaparkan, banyak hal yang membuat mesin kendaraan cepat kotor di antaranya bahan bakar yang digunakan banyak mengandung karbon.

Lihat Juga : Ini fungsi dan manfaat tune up mobil

Pembakaran yang tertinggal lama-kelamaan menjadi kerak dan mengendap bertahun-tahun. Faktor lain yang membuat mesin kendaraan kotor adalah memilih oli yang tidak standar sehingga membuat pembakaran tidak sempurna dan banyak timbunan karbon. Umumnya membersihkan mobil atau motor di bengkel membutuhkan waktu yang lama hingga tiga hari.
Fungsi Gurah Mesin Mobil Dengan menggunakan alat baru gurah mesin ini, membersihkan mesin mobil hanya satu jam dan membersihkan motor hanya setengah jam. Idealnya, untuk mobil dilakukan pembersihan setengah tahun sekali sedangkan untuk motor bisa satu tahun sekali. Cara pengerjaan pembersihan mesin terbilang tidak rumit, yaitu dengan menggunakan produk otomaxpro carbon cleaner untuk membersihkan timbunan kerak karbon di dalam ruang bakar.

Pengerjaan dilakukan dengan cara memasukkan cairan otomaxpro carbon cleaner melalui lubang busi (tanpa membongkar mesin). Kemudian dilanjutkan dengan cairan direndam selama 5–10 menit, selanjutnya cairan bersamaan dengan kerak karbon terlarut dihisap menggunakan otomaxpro special tool.

Diamkan sejenak agar proses pembersihan berlangsung maksimal. “Gurah mesin dijual dengan harga terjangkau untuk kendaraan mobil Rp300.000 dan motor Rp70.000,” tuturnya. Yudi Irawan, salah satu mahasiswa di Kota Yogyakarta sekaligus konsumen Femax mengaku proses pembersihan kendaraan motor dengan gurah mesin lebih hemat dan tidak memakan waktu yang lama.

lihat juga: Sebenarnya Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali ?

“Untuk ukuran kantong mahasiswa seperti saya, yang menginginkan mesin kendaraan tetap fit karena setiap hari digunakan, gurah mesin cocok digunakan. Selain tidak perlu menunggu berjam-jam di bengkel, harganya pun sangat terjangkau,” tuturnya.

Tune Up Mobil

Tune Up mobil adalah proses gurah mobil yg lebih lengkap dan menyeluruh. Banyak bengkel mobil yang direkomendasikan. Dokter Mobil adalah salah satunya.

Dokter Mobil
Jl. Boulevard Raya, Blok QJ1 no.17
Kelapa Gading, Jakarta Utara

Dunia-Mobil.com | Majalah Otomotif Mobil Online Indonesia


posted by admin 5 , 751


 

2 KOMENTAR

    • Untuk harga silahkan hubungi bengkel saja pak.

      Karena setiap daerah, dan setiap bengkel harganya berbeda-beda.

      Apalagi setiap mobil memiliki tingkat kesulitan dan banyak komponen rusak yang berbeda-beda

      Jadi harus diperiksa secara menyeluruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here