teknik untuk mengemudikan mobil di tanjakan saat macet

Mengendarai mobil khususnya bagi pemula memang dapat membuat gugup. Apalagi ketika harus mengemudi mobil di kondisi jalan tanjakan yang curam dan macet. Berikut ini adalah teknik mengemudi mobil manual dan matik di jalan menanjak yang bisa anda pelajari dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Aturan Mengemudi

Ada setidaknya 2 aturan utama ketika anda menemukan masalah saat mengemudi. Aturan tersebut adalah tetap tenang, dan fokus.

Tetap Tenang

Entah mobil yang anda kendarai bertransmisi matik, maupun bertransmisi manual, hal pertama yang wajib anda lakukan adalah tetap tenang. Panik hanya akan memperburuk situasi.

Ketika anda gugup mobil bisa saja menabrak mobil yang berada di depan. Atau meluncur dan menabrak mobil di belakang anda.

Fokus

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah fokus. Persiapkan tangan dan kaki pada setir, rem, dan transmisi. Jangan sambil bercanda dan pastikan mobil anda tidak tergelincir mundur ke belakang.

Jika mobil seperti hendak mundur, segera gas agar mobil kembali naik. Namun perhatikan gas agar tidak menyebabkan mobil menabrak kendaraan di depan.

tetap tenang dan fokus adalah kunci keselamatan saat mengemudi
tetap tenang dan fokus adalah kunci keselamatan saat mengemudi

Kemudikan Sesuai Jenis Transmisi Mobil Anda

Antara mobil matik dan manual memiliki cara mengemudi mobil di tanjakan yang berbeda. Apalagi ketika berada di jalanan menanjak yang curam dan macet.

Oleh sebab itu, anda perlu mempelajari teknik mengemudi mobil matik dan manual.

Cara Mengemudikan Mobil Manual di Jalan Menanjak ketika Macet

tips mengemudikan mobil manual saat nanjak
tips aman mengemudikan mobil manual saat nanjak agar tidak muncur ke belakang

Sebenarnya dapat dikatakan bahwa untuk menghadapi medan menanjak yang curam dan macet, mobil manual adalah rajanya. Selain mudah dioperasikan, juga lebih kuat dalam menanjak.

Namun tetap saja, ada teknik-teknik yang harus anda kuasai agar mobil anda dapat naik dan tidak merosot ke belakang. Teknik tersebut adalah:

Hitung Kemiringan Mobil dan Tentukan Gigi yang Tepat

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah memperhitungkan kemiringan jalan. Jika jalanannya hanya sedikit menanjak, anda bisa menggunakan gigi 3 ataupun gigi 2.

Tetapi jika jalanan terlihat cukup menanjak, maka wajib hukumnya menggunakan gigi 1. Penggunaan gigi 1 di tanjakan selain membuat mobil lebih kuat menanjak, juga lebih menghemat penggunaan BBM.

Siagakan Rem Tangan dan Rem Kaki

Jika jalan menanjak tergolong sepi, anda hanya perlu menggas mobil pada posisi gigi 1. Namun jika kondisi jalanan sedang macet, maka anda harus selalu siap sedia menekan rem. Baik itu rem tangan, maupun rem kaki.

Pastikan juga kopling berada di posisi setengah kopling. Memang cukup banyak yang harus disiagakan, namun jika sudah dilatih dengan baik, hal ini tidaklah rumit.

Menggunakan rem sendiri terbagi menjadi 2. Anda harus tahu kapan sebaiknya menggunakan rem tangan, dan kapan harus menggunakan rem kaki.

  • Rem Tangan
    Penggunaan rem tangan dilakukan saat kemacetan di tanjakan cukup panjang dan berpotensi akan cukup lama. Urutan melakukan rem tangan adalah anda harus memindahkan terlebih dahulu gigi mobil pada posisi netral. Barulah anda boleh menggunakan rem tangan.
    .
    hand brake - sistem rem tangan pada mobil manual
    hand brake – sistem rem tangan pada mobil manual

    Ketika jalanan sudah mulai lancar, dan anda sudah harus kembali bergerak menanjak, pindahkan terlebih dahulu transmisi ke gigi 1, barulah menekan gas dan melepas kopling secara bersamaan namun perlahan-lahan. Setelah itu, anda boleh melepas rem tangan.

  • Rem Kaki
    Jika kemacetan hanya berupa perjalanan yang tersendat-sendat, alias macetnya tidak terlalu lama, anda boleh menggunakan rem kaki. Aturan menggunakan rem kaki di jalanan menanjak dan curam saat macet adalah dengan menekan pedal kopling dan pedal rem secara bersamaan perlahan-lahan.
    .
    penggunaan rem kaki pada mobil manual saat berada di tanjakan
    rem kaki pada mobil manual saat berada di tanjakan

    Ketika mobil harus kembali bergerak menanjak, anda dapat melepaskan kaki dari pedal rem. Setelah itu, injaklah pedal gas secara perlahan dengan diikuti melepas pedal kopling.
    .
    Gunakan feeling anda bagaimana melakukan kombinasi rem kaki, pedal kopling, dan pedal gas. Tetap tenang dan focus adalah kunci utama.

Baca Juga : Lengkap, Ini Cara yang Benar Mengerem Mobil saat Berada di Tanjakan

Cara mengemudi mobil di tanjakan curam memang perlu praktek secara langsung. Oleh sebab itu, anda perlu melatih ketrampilan dan mengasah teknik mengemudi di jalan menanjak. Pastikan anda ditemani oleh instruktur yang berpengalaman saat berlatih dan mempelajari cara mengemudi mobil di tanjakan yang curam dan macet.

Teknik Mengendarai Mobil Matik di Tanjakan Curam dan Macet

cara mengemudikan mobil matik di jalanan macet menanjak
cara mengemudikan mobil matik di jalanan macet menanjak

Sama seperti mobil manual, roda empat dengan transmisi matic pun membutuhkan ketenangan dan focus ketika harus menghadapi jalan menanjak. Namun mobil matic memerlukan teknik yang sedikit lebih rumit, khususnya jika tanjakannya cukup curam dan dalam kondisi macet.

Baca Juga : Cara Mengemudikan Mobil Matic untuk Pemula

Adapun hal yang harus diperhatikan ketika mengendarai mobil bertransmisi otomatis di tanjakan macet antara lain adalah:

Perhitungkan Tingkat Kecuraman Tanjakan

Beda tingkat kecuraman, beda posisi tuas transmisi yang harus anda gunakan. Anda harus selalu mengingat kode dan arti tuas transmisi.

  • N untuk posisi netral
  • P untuk posisi parkir
  • R untuk reverse / melaju mundur
  • D untuk drive atau maju ke depan
tuas transmisi pada mobil matik
tanda pada tuas transmisi mobil matik yang harus selalu diingat

Sebagai informasi, posisi D sendiri terbagi menjadi D, D1, dan D2 yang mewakili gigi pada mobil bertransmisi manual.

Pada mobil ketika ingin melaku normal di jalanan datar, anda dapat menggunakan mode Drive (D). Namun jika harus melalui jalan yang menanjak, anda harus menggunakan Drive 2 (D2). Dan pada kondisi jalan yang sangat menanjak, anda perlu menggunakan tuas di posisi D1.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Mengatasi Mobil Matic yang Tidak Kuat Nanjak

Mengerem dengan Baik dan Benar

Ada aturan khusus ketika mobil bertransmisi otomatis harus melalui medan menanjak. Anda dilarang untuk menginjak rem terlalu dalam saat pindah tuas dari D ke posisi D1 ataupun D2.

Cukup menekan tombol di tuas persneling untuk memindahkan gigi.

Hal ini untuk mencegah kerusakan transmisi saat pemindahan gigi. Bagaimanapun juga, biaya servicenya cukup besar, dan sangat memakan waktu.

Teruslah Berlatih

Bagaimanapun juga, anda harus terus berlatih mengasah ketrampilan dan feeling mengegas saat berada di tanjakan. Disarankan untuk membawa instruktur saat berlatih. Hal ini untuk berjaga-jaga.  Memastikan apa yang harus anda lakukan jika ada kejadian tak terduga yang anda belum tahu cara mengantisipasinya.

berlatihlah mengemudi di tanjakan dengan panduan instruktur
berlatihlah mengemudi di tanjakan dengan panduan instruktur

Nah itulah beberapa teknik dan cara mengemudi mobil di tanjakan yang curam saat macet. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat | Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Nomor 1 di Indonesia.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here