cara mengemudikan mobil agar irit bbm di jalan tol yang sedang macet
cara mengemudikan mobil agar irit bbm di jalan tol yang sedang macet

Sangat penting untuk mengetahui cara dan teknik yang benar mengemudikan mobil agar irit bbm terutama saat macet di jalan tol. Mengapa? Karena salah satu momok paling menakutkan ketika terjebak di kemacetan adalah kehabisan bahan bakar. Apalagi di jalan tol tidak ada penjual BBM eceran.

Penyebab Kemacetan di Jalan Tol

Sebenarnya kemacetan di jalan tol hanya disebabkan oleh 3 hal, yaitu:

  1. Adanya Kecelakaan
  2. Adanya Perbaikan yang Menutup sebagian Jalan
  3. Perilaku yang Salah di Jalan Tol

Ya, ada beberapa perilaku pengendara di jalan tol yang menyebabkan kemacetan. Perilaku tersebut antara lain adalah:

Berkendara dengan Kecepatan yang Tidak Sesuai Aturan

Berdasarkan Peraturan No.15 tahun 2015 tentang Jalan Tol, Bab 2 Pasal 2 menyebutkan bahwa batas kecepatan di jalan tol adalah 60-80 kilometer per jam untuk dalam kota dan 80-100 kilometer per jam untuk tol antar kota.

Namun masih banyak pengendara yang ternyata berkendara di bawah kecepatan yang ditentukan. Hal ini menyebabkan penumpukan kendaraan akibat laju kendaraan tidak mengimbangi jumlah kendaraan yang masuk.

Melaju dengan Lambat di Lajur Kanan

Lajur kanan diperuntukkan untuk mobil yang hendak melaju dengan kecepatan tinggi. Namun ternyata masih banyak mobil di lajur kanan yang berjalan lambat, bahkan berhenti mendadak. Padahal hal ini sangat membahayakan.

Menyerobot di Gerbang Tol

Beberapa mobil justru menyerobot antrian ketika di gerbang tol. Akibatnya, arus antrian menjadi tersendat dan menjadi lebih lambat daripada yang seharusnya. Akibatnya, penumpukan di depan gerbang tol terjadi.

Hal ini semakin parah ketika penyerobot gerbang tol menutupi jalan yang seharusnya bisa dilalui oleh mobil-mobil yang hendak melaju lurus.

Hal-hal di atas menyebabkan kemacetan yang luar biasa. Akibatnya, penggunaan bahan bakar pada mobil menjadi lebih boros. Lantas adakah cara mengatasinya?

Cara Mengemudi Mobil Agar Irit BBM

Tentu saja ada. Ada beberapa teknik mengemudi mobil agar irit BBM di jalan tol yang dapat anda terapkan ketika macet. Beberapa teknik tersebut antara lain adalah:

Kurangi Intensitas Setengah Kopling

Ketika macet, gerak mobil memang tersendat-sendat. Sebentar maju, namun harus segera stop. Tetapi ada juga beberapa orang yang menggunakan teknik setengah kopling agar segera menyusul mobil yang bergerak di depan.

Tetapi teknik ini harus ditinggalkan karena menimbulkan masalah seperti:

  • Pengemudi menjadi lebih cepat lelah
  • Kopling cepat panas dan aus
  • Penggunaan bahan bakar pada mobil lebih boros

Disarankan untuk memilih menggunakan rem tangan yang dipadu dengan kordinasi yang baik dengan pedal gas.

Ubah Transmisi ke Netral saat Berhenti

Banyak pengemudi mobil yang lupa bahwa mobilnya sedang masuk gigi / mode drive. Akibatnya, kadangkala pengemudi salah melepas gas dan mengakibatkan mobil menubruk kendaraan di depan.

Oleh sebab itu, ketika mobil berhenti, biasakan untuk mengubah transmisi ke mode netral. Selain itu, faktanya, menyalakan mobil saat masuk gigi, atau pada transmisi D terlalu lama dapat meningkatkan konsumsi BBM.

Jangan Terlalu Sering Menginjak Rem dan Gas Secara Bersamaan

Dengan tujuan untuk mengatur agar pedal gas tidak terlalu besar, maka banyak pengemudi yang menekan pedal gas sambil mengerem. Hal ini memang cukup baik dari sisi keamanan, namun dari sisi konsumsi BBM, hal ini adalah cara mengemudi yang salah karena menyebabkan mobil menjadi boros BBM.

Oleh sebab itu, melatih seberapa dalam harus menginjak pedal gas tanpa menekan rem harus sering dilatih. Walaupun cukup sulit untuk mendapatkan feel terhadap hal ini, namun jika terus diasah, anda pasti bisa.

Isi Bahan Bakar Sebelum Masuk Tol

Walaupun bahan bakar anda rasa masih cukup, jangan memaksakan diri. Anda tidak tahu seberapa lama kemacetan bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, isi penuhlah bahan bakar sebelum masuk tol.

Hindari Kemacetan

Kadangkala, jalan biasa jauh lebih lancar daripada harus masuk ke jalan tol. Oleh sebab itu, sebaiknya check selalu kondisi jalan. Bandingkan kepadatan arus di jalan tol dengan jalan biasa.

Saat ini sudah cukup banyak aplikasi yang dapat membantu anda melihat perbandingan dan estimasi waktu antara masuk tol dan masuk jalan umum.

Gunakan Alat Irit BBM

Salah satu trik untuk mengemudikan mobil dengan irit BBM saat berada di kemacetan jalan tol adalah dengan memasang alat irit BBM di mobil anda. Ada banyak alat penghemat bahan bakar yang dijual di pasaran. Namun disarankan untuk menggunakan JS One.

JS One adalah alat hemat BBM yang sudah dikenal mampu menghemat BBM secara signifikan. Adapun fungsi alat ini adalah:

  • Menstabilkan kelistrikan mobil
  • Meningkatkan tenaga mobil
  • Meningkatkan akselerasi dan kecepatan mobil
  • Menghemat dan memaksimalkan penggunaan bahan bakar

Pastikan anda menggunakan JS One sebagai alat penghemat BBM pada mobil anda. Dengan alat ini, penggunaan bahan bakar di jalan tol saat macet dapat berkurang antara 20 sampai 50% tergantung jenis mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here