Simak 5 Tips Ampuh Mengatasi Mobil yang Rusak Karena Banjir

0
69
mengatasi mobil rusak karena banjir
mengatasi mobil rusak karena banjir

Musim hujan di Indonesia diperkirakan masih terus berlangsung hingga awal februari 2020. Beberapa pekan lalu, pulau Jawa sempat dilanda banjir besar disejumlah ruas daerah besar hingga menimbulkan banjir besar. Salah satunya berdampak pada kendaraan yang terkena genangan banjir. Dibalik musibah ini, sejumlah bengkel laris manis karena selalu ramai kedatangan pengguna kendaraan baik motor maupun mobil untuk diservis. Apakah anda salah satunya

Bagi anda yang sedang mengalami kasus mogok mobil sebab banjir, atasi rasa panik anda dengan mengatahui 5 tips mengatasi mobil rusak karena banjir sebelum tergopoh-gopoh membawa ke bengkel terdekat. Selengkapnya simak ulasan berikut ini;

layanan konsultasi

1. Segera Lepas Kabel Aki  

Untuk menghindari resiko konsleting, sebaiknya segera lepaskan kabel aki. Jika sudah terjadi konsleting, maka dapat membuat komponen lainnya ikut rusak

2. Jangan Menyalakan Mobil

Loh kok jangan nyalain mobil? Terus bawanya gimana?

Nah untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya untuk mendorong mobil ke tempat yang lebih aman. Ketika mesin dinyalakan, otomatis akan timbul gejala konsleting. Tak jarang sebab hal ini akan merugikan karena sebagian asuransi tidak menerima kerusakan mobil yang disebabkan oleh kesalahan pengguna mobil.

3. Kuras Tangki Bensin

Karena terendam banjir, maka tak menutup kemungkinan juga bahwa tangki bensin sudah tercampur dengan air banjir. Jika dibiarkan mengendap terlalu lama, maka dapat menimbulkan karat pada logam tangki. Selain itu juga akan menganggu sistem pembakaran hingga kinerja mobil menjadi tidak sempurna.

4. Cek Komponen Pengapian

Beberapa komponen pengapian seperti busi, karburator, saringan udara, koil, alternator, delco kabel-kabel juga cukup rawan rusak apabila terkena banjir. Sebab itu segera keringkan dengan lap bersih.

Pastikan juga komponen tersebut masih dapat berfungsi dengan baik atau sudah terlanjur rusak karena banjir. Jika tidak dilakukan perbaikan maka akan berdampak pada mogoknya mobil.

Jika mobil menggunakan komponen ECU (electronic control unit), segera bawa saja ke bengkel spesialis terdekat. Pastikan budget anda cukup untuk service komponen ini.

5. Cek Oli

Kemungkinan besar oli mobil sudah tercampur dengan air banjir. Jika tidak dikuras atau tertangani, maka dapat merusak mesin. Oli merupakan komponen penting agar mesin dapat bekerja sebagaimana mestinya. Ada baiknya untuk melakukan cuci darah oli di Dokter Mobil. Dokter Mobil dapat menguras habis oli lama mobil anda hingga kerak membandel yang menempel.

Sekian ulasan yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga artikel terkait mengatasi mobil rusak karena banjir dapat bermanfaat dalam menjawab permasalahan mobil anda. Salam Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here