Cara Mengatasi Mobil Boros BBM dengan Mudah

0
1453
cara mengatasi mobil boros bbm
cara mengatasi mobil boros bbm

Ada beberapa alasan mengapa mengatasi mobil boros BBM sangatlah penting. Apalagi, masalah ini merupakan indikator adanya masalah pada komponen mobil. Membiarkan masalah ini, dapat menyebabkan kerugian-kerugian berupa:

  • Kerugian finansial
  • Ketidak-nyamanan dalam berkendara
  • Kerusakan yang lebih parah pada mobil anda

Sejak diaplikasikannya teknologi electronic fuel injection, konsumsi BBM kendaraan bermotor menjadi semakin berkurang.

Itu karena sistem EFI bekerja dengan memaksimalkan suplai bensin ke intake manifold dengan efisien. Sehingga tidak ada penurunan tenaga meski pemakaian bahan bakar berkurang.

Namun, yang namanya teknologi pasti tidak sempurna. Mobil-mobil yang sudah menerapkan sistem injeksi pun nyatanya masih diserang penyakit boros BBM.

Sebelum dapat mengatasi mobil boros BBM, sangat penting untuk tahu beberapa penyebab mengapa penggunaan bahan bakar pada kendaraan anda menjadi tidak efektif.

Lantas apa penyebabnya ?

Lihat Juga : penyebab mobil pajero sport mengeluarkan bunyi aneh

Kali ini akan kita bahas secara tuntas penyebab-penyebab mobil boros bensin.

Penyebab Mobil Boros Bensin

Hal yang paling sering menyebabkan konsumsi bensin sebuah mobil boros itu karena menekan pedal gas lebih dalam. Semakin dalam gas ditekan, maka semakin besar power mobil namun semakin besar pula konsumsi bensinnya.

  1. Filter udara kotor dan tersumbat

Cara mengatasinya gampang, copot filter dan bersihkan menggunakan air bertekanan agar debu bisa hilang.

penyebab filter udara mampet adalah kotornya filter udara
penyebab filter udara mampet adalah kotornya filter udara

Namun cara terbaik adalah dengan cara mengganti filter udara yang sudah kotor.

  1. Akibat velg yang tidak sesuai standart

Semakin besar ataupun semakin kecil ukuran velg, maka mobil akan membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk mencapai KM tertentu.

velg mobil tidak ukuran standart
velg mobil tidak ukuran standart

Oleh sebab itu, mengembalikan velg mobil pada ukuran standartnya merupakan solusi terbaik mengatasi mobil boros BBM.

  1. Sering menyalakan AC dengan suhu dingin

Semakin dingin suatu AC mobil, penggunaan aki dan bahan bakar akan semakin besar.

ac mobil terlalu dingin menyebabkan mobil boros BBM
ac mobil terlalu dingin menyebabkan mobil boros BBM

Menggunakan AC mobil tidaklah salah, namun sebaiknya tidak disetel terlalu dingin. Dan tidak dinyalakan terlalu lama.

  1. Ban kurang angin

Semakin kempes ban, semakin berat mobil ketika dibawa. Dan pada akhirnya semakin besar tenaga yang diperlukan untuk mencapai KM tertentu.

ban mobil kurang tekanan angin
ban mobil kurang tekanan angin

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi ban mobil anda secara berkala. Apalagi ban yang kempes dapat bocor di tengah jalan dan mengganggu kenyamanan anda berkendara.

  1. Kampas kopling selip

Kampas kopling yang selip menyebabkan terganggunya proses powertrain dari mesin ke transmisi. Semua RPM mesin tidak dapat disalurakan dengan sempurna.

Akibatnya kecepatan mobil tetap rendah meski kita sudah injak pedal gas full. Sehingga kita perlu waktu tempuh lebih lama yang artinya lebih banyak bensin yang termakan.

kopling mobil
kopling mobil

Unutuk urusan ini, anda harus memastikan lebih lanjut. Yakni dengan melihat gejala lain seperti apakah pedal kopling terasa tinggi? dan apa sebelumnya ada bau terbakar dari bagian bawah mobil ?

Kalau anda menemui gejala tersebut, solusinya ganti kampas kopling.

  1. Akibat melepas catalytic converter

Fungsi catalytic converter adalah sebagai penyaring gas NOx yang terbentuk dari proses pembakaran mesin. Cara kerjanya hampir sama seperti filter yakni dengan memblok aliran gas buang dari knalpot.

Bloking ini, akan membuat gas NOx tertangkap oleh material khusus didalam catalytic dan gas yang keluar knalpot itu ramah lingkungan.

cara melepas catalytic converter
cara melepas catalytic converter

Namun konstruksi bloking seperti ini juga mengganggu proses pengeluaran gas buang. Sehingga banyak pemilik mobil yang melepas catalytic demi mengejat performa mesin.

Memang, setelah melepas catalytic performa mesin akan meningkat karena ini seperti free flow exhasut system. Dimana gas buang langsung diarahkan ke udara bebas tanpa hambatan.

Hanya saja dampak dari free flow ini RPM mesin menjadi lebih cepat bahkan saat stationer. Hasilnya jelas bensin mobil akan menjadi lebih boros.

  1. Belum ganti oli

Pada mobil matic, penggantian oli transmisi menjadi perawatan yang tak boleh dilupakan. Karena sistem kerja transmisi ini sangat dipengaruhi oleh gerakan hidrolik dari oli transmisi.

Saat oli transmisi sudah jelek dan tidak diganti maka proses perpindahan putaran dan proses perubahan momentum akan terganggu. Sehingga menimbulkan masalah-masalah seperti ;

  • Top speed menurun
  • Power mobil kurang
  • Bensin lebih boros
  • Ada hentakan saat perpindahan gigi matic
ganti oli mobil wajib untuk menjaga performa mobil
ganti oli mobil wajib untuk menjaga performa mobil

Solusinya, lakukan penggantian oli matic setiap 30.000 KM sekali atau ketika anda merasa memang memerlukannya. Jangan sampai kebutuhan ini sampai terlewat, apalagi terabaikan.

  1. Akibat penggunaan filter racing

Filter udara racing didesain agar aliran udara yang masuk ke intake itu tidak terganggu. Ini seperti catalytic converter, dimana ketika lepas bagian yang mem-blok. Maka aliran udara lebih lancar.

Namun pada bagian air induction, terlalu beresiko kalau harus melepas filter. Sehingga dibuatlah jenis filter racing yang memiliki pori-pori lebih besar sehingga tidak menghambat laju udara ke mesin.

pemilihan filter racing yang tidak tepat dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar mobil
pemilihan filter racing yang tidak tepat dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar mobil

Mengenai performa, memang bisa meningkat karena langkah piston akan lebih ringan. Tapi, RPM mesin lebih tinggi artinya lebih banyak bensin yang dikonsumsi.

  1. Bearing roda dan rem seret

Bearing roda dan kampas rem bisa menjadi penyebab boros bensin pada mobil ataupun motor. Masalahnya, yakni ketika seret.

Bearing yang sudah mulai aus dan baret menyebabkan putaran roda menjadi lebih berat. Begitu pula ketika caliper rem macet/seret/ putaran roda menjadi lebih seret.

bearing roda mobil yang sudah seret atau aus
bearing roda mobil yang sudah seret atau aus

Akibatnya mesin perlu tenaga ekstra untuk bisa menjalankan mobil. Dan lagi-lagi kita perlu menekan pedal gas lebih dalam yang artinya semakin banyak bensin.

  1. Mesin belum tune-up

Yang terakhir mobil bisa boros itu dikarenakan faktor mesin itu sendiri. Ada banyak hal yang perlu dilakukan perawatan. Seperti busi, celah katup, lalu throtle body dan injector.

tune up mobil di Dokter Mobil
tune up mobil di Dokter Mobil

Komponen-komponen ini sangat berpengaruh terhadap konsumsi bensin pada suatu mesin. Sehingga kalau kondisinya tidak terawat, maka konsumsi bensin juga bisa tidak teratur.

Solusinya tentunya hanya dengan menyerahkan mobil anda untuk Tune Up Mobil pada ahlinya. Pastikan tune up tersebut dilakukan oleh mekanik profesional dengan peralatan lengkap dan canggih untuk memastikan hasil tune up terbaik.

Lihat Juga : penyebab mobil pajero sport keluar asap hitam dan solusi

Solusi-Solusi Mengatasi Mobil Boros BBM

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan mobil anda lebih hemat bbm, di antaranya adalah:

  1. Tune Up Mobil
    Tune Up merupakan salah satu perawatan berkala yang harus dilakukan pada mobil anda. Dengan tune up, tidak hanya mengatasi mobil yang boros BBM, namun juga menyelesaikan masalah mobil lainnya, seperti:
    – Tenaga mobil ndut-ndutan
    – Tenaga mobil kurang
    – dan Performa mobil yang terasa menurun.
  2. Piggyback Pro
    Merupakan suatu aplikasi yang dapat memaksimalkan penggunaan bahan bakar dengan cara modifikasi pada ECU dan aki mobil anda.Piggyback Pro tidak hanya dapat menjadikan mobil anda lebih irit BBM, namun juga membantu untuk meningkatkan:
    – Akselerasi mobil
    – Kecepatan mobil
    – Tenaga mobil
    – Torsi mobil
  3. Menggunakan Alat Penghemat BBM
    Ada banyak alat penghemat BBM yang tersedia di pasaran. Namun hanya beberapa yang memang terbukti ampuh dan bekerja menghemat penggunaan bahan bakar.Beberapa alat penghemat BBM yang terbukti ampuh dalam menghemat BBM adalah JS One dan R Project.

     

Jika anda membutuhkan solusi irit BBM, Dokter Mobil adalah bengkel irit BBM yang dapat anda coba.

Beberapa alasan mengapa bengkel ini begitu direkomendasikan untuk mengatasi masalah mobil yang boros BBM di antaranya adalah:

  1. Dapat menangani masalah boros BBM pada semua jenis mobil
  2. Ditangani oleh mekanik-mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
  3. Menyediakan berbagai alat-alat penghemat BBM mobil

Jika anda ingin menjadikan penggunaan bahan bakar pada mobil anda menjadi lebih hemat, silahkan mengunjungi/menghubungi Dokter Mobil di alamat/kontak:

Jalan Boulevard Raya, Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Phone/WA ( 0813.14455238 )

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai penyebab mobil boros bensin dan cara mengatasinya. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini.

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 779


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here