Mengatasi Masalah Mobil Matic yang Boros BBM

0
545
mengatasi matic boros bbm
mengatasi matic boros bbm

Walaupun mudah dan nyaman untuk dikendarai, nyatanya mobil matic mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar dibandingkan mobil bertransmisi manual. Hal ini tentu mengkhawatirkan, terutama jika anda sering terjebak di kemacetan. Bayangkan jika di tengah kemacetan tersebut bahan bakar mobil anda habis!

Oleh sebab itu, masalah boros BBM ini harus dicari sebab dan solusinya. Nah kira-kira apa saja penyebab dan solusi itu?

Kesalahan Cara Menekan Pedal Gas

Berbeda cara menekan pedal gas, akan menyebabkan perbedaan konsumsi BBM. Tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam karena dapat menyebabkan konsumsi bbm menjadi lebih boros.

Ya, banyak sekali pengemudi mobil yang menekan pedal gas terlalu dalam terutama saat macet. Padahal dengan menekan pedal gas secara perlahan dan tidak terlalu dalam, tenaga mobil tetap akan ngangkat.

Selain itu, andapun perlu untuk menjaga agar tidak terlalu sering mengerem secara mendadak.

Sebetulnya yang menjadi masalah dalam poin ini adalah semakin sering Anda melakukan rem mendadak maka semakin sering pula Anda menginjak pedal gas mobil Anda. Hal ini membuat mobil Anda menggunakan bahan bakar yang lebih agar dapat kembali berakselerasi.

Jaga RPM Mobil Agar Lebih Stabil

Semakin RPM mobil meningkat, semakin besar tenaga mobil yang diperlukan. Oleh sebab itu, usahakan agar tidak terlalu sering menghentak mobil dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi dengan akselerasi yang terlalu cepat.

Yang perlu anda lakukan adalah membiarkan mobil mencapai kecepatan tertingginya secara perlahan.

Kecepatan yang stabil akan membantu mobil Anda menggunakan bahan bakar secara optimal. Namun, bila Anda terus memacu kecepatan mobil Anda maka bahan bakar akan semakin banyak digunakan. Untuk itu bijaklah dalam berkendara agar baik Anda dan pengguna jalan sama-sama terjaga keselamatannya.

Mengubah Mode Drive ke Netral saat Berhenti di Lampu Merah

Sering kali para pengguna mobil matic lupa untuk mengganti gigi D ke N saat lampu merah atau berhenti di tengah kemacetan. Tanpa disadari hal tersebut akan mengonsumsi bensin mobil secara perlahan. Walau tidak banyak tapi kita sering melakukan hal ini maka bahan bakar pun akan berkurang lumayan banyak bila ditotal.

Untuk itu apabila Anda sedang berhenti ada baiknya untuk mengganti gigi menjadi gigi Netral agar bisa lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Bijak Dalam Penggunaan AC

AC memang akan membantu menurunkan suhu di dalam mobil, tapi kita juga perlu bijak dalam penggunaan ac ini. Agar bisa beroperasi secara normal, kompresor AC mobil membutuhkan daya yang cukup besar untuk bisa memulai proses pendinginan suhu dalam mobil.

Hal di atas inilah yang membuat penggunaan bahan bakar bisa menjadi lebih boros, karena semakin besar tingkat kedinginan yang diinginkan semakin besar pula penggunaan bahan bakar mobil tersebut. Bijaklah dalam penggunaan AC agar penggunaan bahan bakar mobil dapat dihemat.

agar mobil matic irit BBM
agar mobil matic irit BBM

Menggunakan Alat Penghemat BBM

Ada beberapa alat penghemat BBM untuk mobil matic yang dijual di pasaran. Anda dapat mencoba menggunakannya. Namun andapun perlu menyadari bahwa banyak alat tersebut yang ternyata tidak berfungsi maksimal.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih menggunakan alat hemat bbm yang memang sudah terbukti.

JS One dan R Project adalah 2 alat hemat BBM yang sudah teruji mampu menghemat penggunaan BBM pada mobil matic secara drastis tanpa mengurangi performa mobil. Alih-alih mengurangi performa mobil, kedua alat tersebut justru memberikan manfaat lain seperti:

  • Meningkatkan tenaga mobil
  • Meningkatkan akselerasi dan kecepatan mobil
  • Dan menjaga kestabilan kelistrikan mobil.

Jika anda membutuhkan alat-alat tersebut, silahkan memesan secara online melalui phone/wa:

081314455238 (Juan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here