Ini Jawaban Mengapa Harga Fortuner Mahal

0
1068
penyebab harga fortuner mahal
penyebab harga fortuner mahal

Sebagai salah satu mobil primadona, harga Fortuner tergolong masih sangat mahal. Khususnya bagi orang Indonesia. Hal ini membuat banyak orang yang bertanya, mengapa harga Fortuner mahal? Padahal komponen dan pembuatannya sudah 70 persen lebih dilakukan di Indonesia.

Dari 2016 hingga 2018 inipun Indonesia menjadi medan tempur antara Toyota dan Mitsubishi. Dua pabrikan Jepang tersebut merilis All New Fortuner dan All New Pajero Sport dengan waktu hampir bersamaan. Selain perang fitur, harga jual dua SUV medium ini juga tidak jauh berbeda.

Lihat Juga : Perbandingan Fortuner vs Pajero

Terkait harga, banyak yang menilai All New Fortuner terlalu mahal. Alasannya, mobil yang pertama meluncur Juli tahun 2015 di Thailand tersebut sudah diproduksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan tingkat kandungan komponen lokal 75%.

Sementara mahalnya All New Pajero Sport dapat ditolerir karena mobilnya sendiri masih diimpor dari Thailand. Rencana besar Mitsubishi, mobil yang juga pertama meluncur di Thailand tersebut baru akan dibuat lokal tahun depan. Setelah pabrik di Greenland International Industrial Center (GIIC) beroperasi kuartal pertama.

Henry Tanoto, Vice President Toyota Astra Motor (TAM) menampik anggapan All New Fortuner kemahalan. Menurutnya, banyak faktor yang mempengaruhi sebuah harga, tidak hanya bergantung dari basis produksi. Secara general, ada dua skema penentuan harga yang dirasa pantas.

Penentuan Harga Fortuner

“Kalau harga faktornya banyak. Bicara produksi ada exchange rate yang memengaruhi harga komponennya. Kemudian harga mobil itu sendiri, mulai fitur, style, semua memengaruhi. Jadi kita tidak bisa melihat secara general hanya satu poin saja,” katanya.

Henry tidak ingin membandingkan harga All New Fortuner dengan All New Pajero Sport. Tapi ketika menentukan pricing atau harga jual, pihaknya memastikan sudah memperhitungkan harga berdasarkan daya beli konsumen di segmen yang disasar.

Mengapa Harga Mobil Fortuner Mahal ?

Wakil Presiden Direktur TMMIN menjelaskan mengapa harga All New Fortuner tidak turun dan tetap mahal.

Warih mengatakan, penentuan harga tidak hanya ditentukan oleh manufacturing cost saja, namun juga cost delivery secara total. Dengan kata lain, meski biaya saat merakit bisa turun karena banyaknya komponen lokal, tetap ada faktor lain yang turut mempengaruhi harga jual.

Ada banyak hal yang menjadi faktor tidak turunnya harga Fortuner, di antaranya adalah:

  • tax,
  • service,
  • import duty,
  • dan hal-hal lainnya.

Jadi yang ingin kami perbaiki bukan hanya cost secara individu, tapi juga kualitas. Jadi tidak hanya cost manufacturing saja yang bisa menentukan harga,” ujar Warih.

Ia melanjutkan, manufacturing cost yang lebih kecil dengan penambahan komponen lokal dapat mempengaruhi harga jual menjadi lebih murah. Akan tetapi tidak secara langsung.

”Menurunkan biaya produksi saat merakit bukan single issue, bahwa semua stake holder berusaha memperbaiki daya saing, dan tentu ini punya harga yang harus ditebus,” jelas Warih.

Harga Spare Partnya Juga Mahal

Tidak hanya mobilnya, spare part Fortuner pun harganya sangat tinggi. Ada beberapa alasan mengapa harganya cukup tinggi yaitu:

  • Belum banyak yang memproduksi spare part untuk Fortuner
  • Peminat spare part fortuner sangatlah tinggi
  • Spare partnya gagah sehingga seringkali dipakai oleh mobil-mobil jenis lainnya

Ya, banyak spare part Fortuner, khususnya bumper dan lampu Fortuner yang digunakan pada mobil-mobil merk lainnya.

lampu fortuner digunakan pada avanza
lampu fortuner digunakan pada avanza

Hal ini karena banyak orang yang ingin menjadikan mobilnya tampil dalam bentuk yang sama gagahnya dengan Fortuner.

Menawarkan Kelebihan yang Sepadan dengan Harga

Walaupun harga jual lebih mahal dari model sebelumnya, All New Fortuner menawarkan kelebihan yang dinilai sepadan. Tampilan eksteriornya kental dengan nuansa mewah dan futuristik. Selain itu Toyota juga melakukan revisi di sisi interior dan mesin sehingga All New Fortuner dapat menyajikan pengalaman berkendara yang nyaman dan memuaskan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner

All New Fortuner hadir dalam tiga varian yang terbagi dalam dua tipe yakni Luxury dan standar.

Tipe Luxuri

Tipe Luxury harga terendah ialah 2.4 G MT diesel Lux yang dibanderol Rp 445,6 juta. Sementara varian paling tinggi 2.4 VRZ AT 4×4 diesel Lux seharga Rp 635,1 juta.

Tipe Standart

Sedangkan tipe standar yang paling rendah adalah 2.4 MT diesel seharga Rp 442 juta dan tertinggi 2.4 VRZ AT 4×4 diesel yang dilepas Rp 631,5 juta. Seluruh harga on the road (OTR) Jakarta.

penyebab harga fortuner mahal
penyebab harga fortuner mahal

Sementara Al New Pajero Sport hanya ditawarkan dalam empat varian. Tipe Exceed di kelas menengah dibanderol paling murah Rp 446 juta karena hanya tersedia penggerak 4X2. Sedangkan tipe paling tinggi Dakkar 4X4 AT dilepas Rp 623 juta, on the road (OTR) Jakarta.[dp/Gls]

Harga All New Fortuner

Luxury

2.7 SRZ AT bensin lux Rp 512,7 juta

2.4 MT diesel lux Rp 445,6 juta

2.4 G AT diesel lux Rp 463,6 juta

2.4 VRZ AT diesel lux Rp 497,6 juta

2.4 G AT 4×4 diesel lux Rp 560,6 juta

2.4 VRZ AT 4×4 diesel lux Rp 635,1 juta

Standar

2.7 SRZ AT bensin Rp 509,100 juta

2.4 MT diesel Rp 442 juta

2.4 AT diesel Rp 460 juta

2.4 VRZ AT diesel Rp 494 juta

2.4 G AT 4×4 diesel Rp 557 juta

2.4 VRZ AT 4×4 diesel Rp 631,5 juta

All New Pajero Sport

Dakkar 4X4 AT Rp 623 juta

Dakkar 4X2 AT Rp 496 juta

Exceed 4X2 AT Rp 446 juta

GLX 4X4 MT Rp 495 juta

Nah sudah jelaskan, mengapa harga Fortuner itu mahal?

Walaupun mahal, nyatanya pembeli mobil ini begitu banyak. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi, antara lain adalah:

  • Prestis memiliki mobil gagah seperti Fortuner
  • Ketangguhan mobil yang memang sudah teruji dengan baik
  • Tampilan baik interior maupun eksterior nya yang memang sangat memanjakan mata

Selama peminatnya masih sangat banyak, dan selama Fortuner terus memberikan kelebihan-kelebihan di atas mobil-mobil lainnya, sudah sewajarnya kamu perlu merogoh kocek lebih.

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 638


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here