Mengapa AC Mobil Tidak Bisa Mati Otomatis? Ini Sebabnya

0
215
Mengapa AC Mobil Tidak Bisa Mati Otomatis Ini Sebabnya
Mengapa AC Mobil Tidak Bisa Mati Otomatis Ini Sebabnya

Tidak hanya engine mobil, namun AC mobil pun kerap mengalami berbagai permasalahan yang berdampak AC mobil tidak dingin, bau tidak sedap, hingga menimbulkan suara berisik. Salah satunya adalah otomatis Ac mobil tidak berfungsi dengan baik. Tidak jarang beberapa pengguna mobil kerap dilanda panik dan cemas karena khawatir terjadi permasalahan pada AC mobil. Bagaimana cara mengatasi ac mobil tidak bisa otomatis ? Selengkapnya simak dibawah ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Bisa Mati Otomatis

AC mobil tersusun oleh beberapa part dan komponen hingga menjadikan mobil anda menjadi sejuk. Penyebab AC mobil tidak bisa mati otomatis diulas lengkap dibawah ini;

layanan konsultasi

1. Periksa kondisi kerja kompresor AC mobil

Bagian kompresor ini terbagi menjadi dua, yakni kompresor dan magnetic clutch. Sebaiknya periksa bagian kompresor AC. Anda bisa memeriksa kondisi fisik, apakah ada oli yang menempel pada dinding kompresor atau tidak. Jika iya, maka terjadi kebocoran pada kompresor. Namun juga cari tahu dari mana asal oli tersebut. Apakah dari mesin atau kompresor itu sendiri.

2. Periksa bagian kopling magnet atau magnetic clutch

Fungsi dari kopling magnet pada kompresor AC ini untuk menghubungkan putaran mesin lewat pulley kompresor. Untuk memeriksanya bisa memperhatikan armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet saat AC hidup. Kemudian memperhatikan gerakan ketika terhubung, apakah langsung bisa terhubung atau selip terlebih dahulu. Selain itu juga bisa memperhatikan bunyi ketika terhubung, apakah terdengar keras atau lemah.

3. Pemeriksaan kondensor AC

Salah satu penyebab otomatis ac mobil rusak adalah karena kondensor. Oleh sebab itulah pastikan untuk memeriksa bagian kondensor dengan melihat sirip-siripnya. Pastikan apakah ada basah oli AC, karena hal ini menandakan terjadinya kebocoran pada kondensor. Juga lihat apakah sirip tertekuk atau  ada kotoran yang bisa mengurangi pendinginan pada kondensor.

4. Periksa pipa-pipa AC dan Slang Flexible

Anda pun juga harus mengecek bagian pipa AC, baik pipa flexible atau pipa aluminium dari kemungkinan terjadinya kebocoran. Atau kemungkinan terjadinya gesekan dengan komponen mobil lainnya. Karena gesekan ini akan menyebabkan terjadinya kebocoran. Jangan lupa untuk memeriksa atau mengecek sambungan dari kemungkinan terjadinya kebocoran. Yang mana ditandai dengan basah oleh oli AC pada sambungan pipa AC.

5. Pemeriksaan receiver drier

Kegunaan dari receiver drier ini adalah untuk menyaring kotoran supaya tidak masuk ke katup ekspansi. Untuk AC mobil tipe receiver drier terpisah dari kondensor, dilengkapi dengan sight glass dan pressure switch. Dan untuk memeriksanya kebanyakan tipe T atau L. Periksa juga kemungkinan dari bekas oli AC di sekitar sambungan in dan out. Karena bagian ini sering terjadi kebocoran freon atau oli AC. Juga perlu dilihat kondisi freon dari sight glass yang ada pada atas receiver drier. Apakah sight glass tampak bersih atau hitam. Sedangkan untuk kabel pressure switch bisa dilihat apakah terhubung dengan baik atau tidak.

6. Periksa ekspansi valve

Untuk katup ekspansi atau valve ini pun ada beberapa jenis. Dan yang harus diperiksa ketika menjadi penyebab otomatis ac mobil mati adalah memeriksa bagian luarnya yang berbentuk kotak. Ada beberapa katup ekspansi yang diletakkan pada rumah evaporator, sehingga cara pengecekannya tergantung konstruksi evaporator. Misalnya pada kebanyakan mobil dari Toyota, ekspansi valve bisa dilihat dari luar. Selain itu juga mudah untuk dibongkar pasang tanpa harus membuka evaporator. Sedangkan untuk katup ekspansi yang berada di dalam evaporator, memang tidak bisa melihat secara fisik. Namun bisa dilihat dari kinerja yang diukur dari tekanan.

7. Periksa evaporator

Mengecek atau memeriksa evaporator ini bisa mudah dilakukan dengan merasakan hembusan angin lewat grill AC. Apabila angin terasa kurang kencang dan efeknya kurang dingin. Maka segera bersihkan evaporator yang kotor. Dengan hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi otomatis ac mobil tidak fungsi.

8. Periksa blower

Melakukan pengecekan blower ini pun mudah, yakni dengan mendengarkan putaran blower. Apakah terdengar kasar atau ada suara lain dari blower. Misalnya karena blower kemasukan daun kering atau bunyi karena bushing motor blower sudah aus. Sehingga menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak otomatis.

9. Pemeriksaan fan kondensor

Bagian fan kondensor yang menyatu dengan fan radiator ini pun perlu diperiksa kecepatan hembusan anginnya. Selain itu juga memeriksa arah hembusan angin serta kondisi soket kabel pada fan kondensor. Apabila fan kondensor ini mati, untuk beberapa tipe mobil akan membuat suhu mesin naik ketika AC dihidupkan.

10. Periksa drive belt

Drive belt ini menghubungkan pulley kompresor AC dengan pulley crank shaft mesin. Pastikan untuk melakukan pengecekan pada bagian ini, untuk melihatnya bisa dilihat adanya retakan atau masih baik. Apabila terlihat retak, maka bisa membuat otomatis ac mobil mati. Sehingga harus melakukan penggantian untuk menghindari putusnya drive belt ini di tengah jalan. Beberapa drive belt pada tipe mobil dan merek menyatu dengan putaran water pump serta alternator.

11. Periksa jumlah freon pada sistem Ac mobil

Melakukan pemeriksaan freon pada sistem AC mobil bisa mengatasi ac mobil tidak otomatis. Untuk pengecekan ini bisa secara manual dengan melihat bagian sight glass pada receiver drier. Apabila sistem Ac memakai receiver drier yang menyatu dengan kondensor. Maka sight glass ini letaknya di saluran pipa tekanan tinggi.

Itulah ulasan terkait ac mobil tidak bisa otomatis. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.. Good Luck..

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

Ungkap permasalahan mobil anda di kolom komentar bawah ini yaa..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here