Tips Cara Menghidupkan dan Memperbaiki Mobil Matic Mogok

0
905
mobil matic mogok tidak boleh sembarangan didorong atau ditarik
mobil matic mogok tidak boleh sembarangan didorong atau ditarik

Transmisi otomatis atau kerap disebut mobil matic menjadi favorit banyak orang karena dianggap mudah dikendarai. Baik oleh orang yang pernah, ataupun belum pernah sama sekali mengendarai mobil. Namun bagaimana cara mengatasi masalah mobil matic mogok saat anda gunakan?

Tentu saja masalah ini disebabkan oleh banyak sekali faktor. Baik faktor sederhana seperti kehabisan bensin. Maupun faktor yang cukup rumit seperti masalah pada komponen mobil.

Penanganan Pertama Ketika Mogok

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah sebaiknya pinggirkan mobil matic anda di pinggiran jalan. Sehingga nantinya tidak akan menganggu pengguna mobil lainnya yang sedang melintas. Jangan menerapkan mobil matic yang sedang mogok untuk didorong, hal ini bisa lebih menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan.

Setelah itu barulah  mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Setelah penyebab kerusakan diketahui, maka selanjutnya carilah solusi atas permasalahan tersebut.

Mengatasi Mobil Matic Mogok

Nah berikut ini beberapa cara mengatasi mobil matic mogok di tengah jalan yang dapat anda atasi sendiri.

  1. Mengatasi Mobil Mogok Karena Kebocoran Oli

Hal ini seringkali menjadi penyebab mobil mogok yang paling sering terjadi. Untuk memastikan jika kondisi tersebut disebabkan karena kebocoran oli, maka anda bisa memperhatikan bagian bawah dari kolong mobil matic anda. Apakah terdapat tetesan oli atau tidak pada bagian mesin.

Cara  ini memang menjadi indikator awal yang dilakukan ketika mobil mati sedang mogok secara tiba-tiba karena kehabisan oli matic. Untuk mengatasi masalah ini sayangnya tidak dapat anda perbaiki sendiri karena anda harus memanggil derek mobil untuk membawanya ke bengkel.

  1. Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

Jika mobil matic anda tidak mengalami kebocoran, maka selanjutnya cobalah untuk mengecek pada bagian sistem kelistrikan dan pengapian. Bisa jadi bagian ini lah yang menjadi penyebab mobil matic mogok di tengah jalan.

Biasanya hal ini dikarenakan aki yang memang sudah soak, busi mati, ataupun kerusakan pada sistem kelistrikan lainnya. Jika hal ini diakibatkan karena kondisi busi yang mati, maka untuk mengatasinya anda harus segera mengganti dengan komponen yang baru.

Kemudian cek kondisi aki mobil, jika kondisinya kotor maka segeralah untuk membersihkannya. Kemudian periksa kabel sekring utama, jika terdapat kabel yang putus segera ganti dan perbaiki. Namun jika kondisi aki yang tekor menjadi penyebab permasalahan ini, maka solusi satu-satunya adalah dengan melakukan teknik jumper aki. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pinjamlah aki mobil lainnya untuk jumper

Dekatkan mobil satu sama lainnya, sehingga posisi kedua aki mobil saling berdekatan agar kabel jumper dapat terjangkau.

Hubungkan kabel jumper kutub positif pada aki anda yang tekor dengan kepala kutub positif dari aki mobil lainnya.

Hubungkan bagian kepala kutub negatif dari aki mobil yang tekor ke kepala kutub negatif pada aki mobil yang menjadi sumber jumper.

Setelah kedua aki terhubung satu sama lainnya, maka diamkan kira-kira selama 1 menit.

Dalam kondisi kedua aki masih terhubung, maka hidupkan mesin mobil anda. Starter mobil dan mobil kembali menyala.

Jika kondisi mobil sudah menyala kembali, maka jaga posisi pedal gas. Hal ini dilakukan agar mesin dapat tetap stabil dan hidup.

Setelah itu lepaskan kabel jumper dari kedua aki tersebut.

Jangan lupa untuk menjaga agar mesin kendaraan tetap hidup. Cek indikator aki yang terdapat pada panel indikator dashboard mobil.

  1. Masalah Mekanik

Selain itu tidak jarang pula jika penyebab lainnya dikarenakan masalah pada bagian mekanik. Hal ini diakibatkan adanya kegagalan pada fungsi mekanis.

Salah satu atau mungkin beberapa komponen mekanis mengalami kerusakan ataupun tidak berfungsi. Sehingga menyebabkan mobil tidak dapat berjalan. Cara mengatasi mobil matic mogok ini yang bisa anda lakukan adalah dengan memanggil derek mobil untuk membawa mobil ke bengkel demi melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Namun kerusakan seperti ini umumnya sudah memberikan beberapa tanda-tanda sebelum benar-benar tidak dapat dijalankan seperti bunyi misterius mirip seperti gesekan logam.

jangan panik dan ketahui penyebab serta cara mengatasi matic yang tiba-tiba mogok di tengah jalan
jangan panik dan ketahui penyebab serta cara mengatasi matic yang tiba-tiba mogok di tengah jalan

Pencegahan Agar Mobil Matic Tidak Mogok Mendadak

Meskipun anda memahami cara mengatasi mobil matic mogok di tengah jalan. Namun penting pula untuk melakukan pencegahan agar kondisi ini tidak terjadi pada mobil anda.

  • Lakukan perawatan mesin mobil yang wajib untuk dilakukan.
  • Selain itu lakukan pengecekan rutin pada oli matic mobil anda.
  • Pastikan tidak terjadi kebocoran yang menyebabkan permasalahan seperti ini terjadi

Untuk memastikan mobil matic anda selalu dalam kondisi prima dan performa maksimal, maka perawatan berkala perlu dilakukan.

PENTING!

Yang paling penting saat mobil matic anda sedang mogok di tengah jalan adalah pastikan untuk segera meminggirkannya ke pinggiran jalan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Jangan berusaha untuk mendorongnya lebih jauh.

Mengapa? Hal ini karena anggapan jika kondisi kerusakan akan semakin parah. Pelumasan pada komponen di dalam sistem transmisi matic menggunakan cairan hidrolis.

Cairan hidrolis ini baru akan bersirkulasi ketika kondisi mesin hidup. Sehingga nantinya malah akan memperparah kerusakan ketika anda mendorong mobil lebih jauh. Nah itu tadi penjelasan mengenai cara mengatasi mobil matic mogok yang dapat anda lakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Jika anda memiliki pertanyaan atau komentar, silahkan tanpa sungkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here