Cara Memilih Oli Terbaik Untuk Mobil Bertransmisi Matic

0
1106
ganti cairan transmisi mobil matic
ganti cairan transmisi mobil matic

Setiap mesin membutuhkan oli sebagai pelumas. Namun kesalahan dalam memilih pelumas mesin dapat menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itu, memperhatikan pemberian oli mesin wajib bagi anda yang ingin performa mobil maticnya tetap prima.

Hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilihkan oli mesin untuk mobil matic antara lain adalah:

Spesifikasi Kendaran
Pastikan anda memilih oli mobil yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda. Pastikan juga, teknologi mesin mobil anda sesuai dengan jenis oli.

Pada dasarnya, selama spesifikasi oli sesuai dengan jenis kendaraan dan teknologi mesin, mau merk apapun mobil akan baik-baik saja.

Namun jika tidak sesuai, semahal apapun olinya, resiko kerusakan mesin pasti akan segera terjadi.

Ikuti Rekomendasi Oli pada Buku Manual

Sangat dianjurkan untuk mengikuti rekomendasi jenis oli sesuai dengan apa yang tertulis di buku manual. Ada beberapa keuntungan jika anda mengikuti rekomendasi yang ada pada buku manual, di antaranya adalah:

  1. Klaim asuransi akan lebih mudah jika terjadi masalah pada mobil anda
  2. Anda tidak perlu repot mencari dan mencoba-coba oli yang cocok dengan mobil anda
  3. Menghindari kesalahan pemberian jenis oli

Oh iya, selama anda mengikuti rekomendasi oli pada buku manual, anda bisa mengklaim service secara gratis jika sewaktu-waktu ada masalah pada mesin mobil anda.

Pahami Harus Pilih Oli Mineral atau Oli Sintetis

Ada orang yang memilih memberikan oli mineral pada mobil matic yang dia miliki. Alasannya, karena lebih murah.

Namun tentu saja memilih oli untuk mobil matic harus didasarkan pada peruntukan oli. Oli mineral diperuntukkan untuk mobil-mobil lama. Mobil yang diproduksi di bawah tahun 2001.

Sementara itu, oli sintesis digunakan pada mobil berteknologi terbaru seperti:

  • Teknologi Turbo
  • DHOC
  • Dan teknologi terbaru lainnya.

Ketahui Oli Apa yang Terbaik untuk Mobil Matic

Sebenarnya oli untuk mobil matic dan manual tidak jauh berbeda, namun yang paling penting lagi adalah pemilihan oli yang digunakan pada sistem transmisi mobil matic. Berikut ini beberapa  jenis oli mobil yang dapat digunakan untuk sistem transmisi matic.

  1. Oli Transmisi CVT

Jenis sistem transmisi mobil CVT biasanya akan memilih suhu sistem transmisi yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem  otomatis konvesional. Komponen yang ada di dalamnya pun juga berbeda sehingga oli yang digunakan juga berbeda. Untuk transmisi CVT biasanya menggunakan jenis oli CVTF atau CVT Fluid yang beredar banyak di pasaran.

Jangan mencari merk dengan reputasi yang kurang baik. Pilihlah oli transmisi yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil tersebut. Jangan tergoda dengan merk dan harga sebuah oli jika ternyata tidak memiliki reputasi terlalu baik.

Anda bisa mengkonsultasikan pada bengkel mobil mengenai oli terpercaya yang dapat anda gunakan.

  1. Oli Mobil Matic Dual Cluth

Biasanya jenis mobil yang menggunakan jenis sistem transmisi matic ini adalah mobil-mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis yang paling canggih dan terbaru.

Sistem transmisi ini banyak digunakan oleh mobil-mobil produksi Negara Eropa kelas atas semisal:

  • VW,
  • Audi,
  • Ford,
  • BMW, dan
  • Mercedess Benz

Keistimewaan dari jenis transmisi matic tercanggih ini adalah akselerasi yang cepat dengan hentakan yang begitu halus. Akselerasi dari sistem transmisi matic dual cluth ini dapat mengalahkan mobil manual yang bahkan dikendarai oleh pembalap profesional sekalipun.

  1. Pelumas Mobil Matic Konvensional

Bagi anda yang menggunakan mobil produksi Toyota, jenis oli-oli otomatis konvesional seperti Dextron III, Mercon, ATF WS, T-Iv dan merk-merk lainnya menjadi pilihan terbarik.

Untuk Dextron III dan Mercon, paling banyak digunakan pada pilihan mobil transmisi matic konvensional. untuk mobil Honda matic, biasanya lebih menggunakan jenis ATF Z1. Untuk memastikan apakah spesifikasi oli sesuai, maka anda bisa melihat kode yang ada pada dipstick transmisi.

penggisian gear box mobil transmisi matic dengan oli transmisi
proses pengisian gear box mobil transmisi matic dengan oli transmisi

Demikian cara lengkap memilih mobil matic untuk kendaraan anda.

Namun walaupun anda sudah mendapatkan oli yang paling cocok dengan mobil anda, pastikanlah mobil anda mendapatkan penggantian oli secara professional sehingga:

  • Oli lama 100% dikurasi bersih dari mesin mobil
  • Oli baru terisi sesuai dengan volume atau takaran yang tepat.

Oleh sebab itu, pastikanlah anda mengganti oli di bengkel mobil yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here