cara membuka usaha bengkel mobil
cara membuka usaha bengkel mobil

Tips Mudah Cara Membuka Usaha Bengkel Mobil Bagi Pemula

Diposting pada

Selain food dan fashion, kini otomotif pun menjadi incaran bagi sebagian pengusaha. Otomotif baik motor maupun mobil, dua-duanya memberikan peluang yang besar asalkan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Melihat semakin marak pengguna kendaraan yang berkembang pesat, hal ini menjadi lahan basah para pengusaha untuk melebarkan sayapnya ke dunia otomotif. 

Namun tidak sedikit para pengusaha yang masih dilanda kebingungan ketika pertama kali menginjakkan di dunia otomotif. Konsisten adalah kunci utama agar usaha terus berjalan dengan lancar. Dunia Mobil punya sekelumit tips mudah untuk anda yang masih kebingungan cara membuka usaha bengkel mobil. Apa saja itu? Simak selengkapnya dibawah ini;

1. Tentukan Lokasi 

Lokasi sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan usaha anda. Sebab itu pilihlah lokasi strategis. Bagaimana cara memilih lokasi strategis? Perhatikan 3 hal berikut ini;

-Hindari memilih lokasi jalanan sepi jarang dilalui orang

biasanya tipe jalanan ini berada di gang perumahan, sebab itu tak banyak orang yang melewati daerah tersebut. 

-Pilihlah lokasi yang lingkungan sekitarnya banyak masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor, atau banyak dilalui mobil

Biasanya jalanan ini berada di jalan raya besar yang sering dilalui kendaraan

-Pilih lokasi mudah dijangkau, mudah diakses dan mudah dilihat oleh siapapun yang berlalu-lalang

Tidak semua jalan raya dapat terjangkau oleh banyak orang. Salah satu contoh bisa mengambil lahan didekat pintu tol.

2. Mementukan Pasaran 

Disini, tingkat kejelian dan analitis anda akan diuji. Selain lokasi, menentukan pemasaran juga diperlukan agar usaha anda terus berjalan tidak padam. Perhatikan sekitar lokasi yang anda pilih, apakah terdapat usaha yang sejenis? Jika iya, pastikan bengkel yang anda memiliki perbedaan spesifik yang lebih menarik minat pasaran. Keempat jenis bengkel kendaraan bermotor tersebut terdiri dari:

  1. Bengkel Resmi
  2. Bengkel Umum
  3. Bengkel Tune Up
  4. Bengkel Aksesoris & Modifikasi

Umunya pemula akan terlebih dahulu memilih bengkel umum dan tune up karena modal tidaklah terlalu besar. Hanya pelayanan servis ringan, ganti oli, mesin dan kelistrikan dapat tertangani melalui jenis servis umum ini. Berikut contoh pengerjaan overhaul pada mesin mobil.

3. Perlengkapan dan Peralatan Kerja 

Pastikan perlengkapan dan peralatan kerja mendukung untuk perisiapan bengkel mobil anda. Semakin canggih peralatan bengkel servis mobil yang anda miliki, maka efisiensi waktu semakin meningkat hingga konsumen tidak perlu menunggu lama diruang atrean.

Faktor kesempurnaan hasil pekerjaan juga tergantung dari perlengkapan dan peralatan kerja yang mendukung. Semakin lengkap peralatan yang anda milki, juga secara tak langsung meningkatkan ketepercayaan konsumen terhadap bengkel mobil anda.

Namun, kemana anda bisa mendapatkan peralatan servis berkualitas?

Nah, bagi anda yang tidak ingin ribet ada cara mudah membuka usaha franchise bengkel mobil tanpa harus ribet mencari peralatan berkualitas. Solusinya, buka usaha franchise Doktor Mobil. Anda cukup hubungi Dokter Mobil, biarkan kami yang bekerja menangani segala proses izin usaha dan peralatan servis lengkap siap pakai. Mudah bukan?

4. Bangun prasarana yang mendukung dan nyaman

Inilah yang akan membuat konsumen betah berlama-lama di bengkel mobil anda. Anda dapat menciptakan ruang tunggu yang nyaman. Mengingat servis mobil cukup lama memakan waktu, maka sebaiknya ada dapat tambahkan ac di ruang tunggu, wifi, dan tempat duduk yang nyaman.

Pastikan juga lahan yang tersedia cukup luas untuk menampung banyaknya perkiraan kendaraan yang masuk. Hal ini untuk mengantisipasi membludaknya konsumen agar meminimalisir antrean. Antrean merupakan salah satu faktor konsumen mudah bosan hingga bersiaplah kehilangan konsumen satu persatu.

Oke sobat Dunia Mobil, itulah cara membuka usaha bengkel mobil bagi pemula yang dapat anda terapkan sebagai planning anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan dapat diajdikan sebagai rujukan usaha anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.