Mekanisme Rem

0
22
mekanisme rem
mekanisme rem

Mekanisme Kerja Rem Kaki

Mekanisme kerja rem kaki dimana ketika pedal rem ditekan oleh pengemudi maka gerakan gerakan menekan tersebut yang dibantu dengan booster yang memanfaatkan kevakuman dari mesin untuk menekan hidraulis pada master silinder. Sebenarnya tekanan yang terjadi bukan hanya terjadi dari gaya yang dihasilkan ketika kaki pengemudi menginjak pedal rem. Tekanan dari pedal rem dan booster yang menekan master silinder yang berhubungan dengan booster dan pedal. Master silinder yang berfungsi meneruskan tekanan dari pedal dan booster ke seluruh rem kepada empat roda mobil. Piston yang terdapat dalam master silinder akan menciptakan tekanan. Jalur yang terhubung ke rem depan kanan dan belakang kiri dan satu jalurnya lagi yaitu jalur rem depan kiri dan belakang kanan.

Tekanan yang dihasilkan dari master silinder akan diteruskan dengan sebuah media pipa besi dan selang karet. Pipa rem akan menyalurkan tekanan hidraulis yang keluar dari master silinder, pada saat menuju roda peran dari pipa besi kecil akan digantikan dengan selang rem karet. Dirancang demikian karena selang karet lebih fleksibel dalam mengikuti pergerakan yang terjadi pada roda (naik atau turun dan ketika roda belok). Pada jalur pipa rem yang berjalur bagian belakang terlebih dahulu akan melewati komponen proporting valve. Fungsi dari proporting valve ini adalah mengontrol atau menyesuaikan yang terjadi pada tekanan hidarulis pada rem belakang supaya rem belakang tidak terlalu dominan.

Mekanisme Rem Tangan

Mekanisme rem parkir atau rem tangan menggunakan sistem mekanis. Rem tangan akan memberikan gaya pengereman pada roda belakang saja melalui kabel dan mekanikal lingkage sistem. Pada saat menarik tuas rem tangan maka kabel kabel akan menjalankan bagian teromol belakang sehingga kampas rem akan menekan mangkuk rumah teromol, prinsip pengereman yang terjadi pada rem tangan ini sangat sederhana sama seperi prinsip rem teromol pada kendaraan roda 2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here