Intip 5 Masalah Umum Yang Sering Dialami Pengguna Mobil LCGC

0
130

Dijuluki mobil sejuta umat, tak ayal jika mayoritas masyarakat meminang mobil Low Cost Car (LCGC) sebagai solusi memiliki mobil dengan harga terjangkau. Cukup mengeluaran budget sebesar 100 juta saja, anda sudah mendapatkan sebuah mobil baru. Selain itu,  ukuran yang simpel menjadi solutif pengendara menjajaki aktivitas perkotaan.

Mobil yang termasuk LCGC seperti Honda Brio, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Datsun Go, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Suzuki Karimun Wagon R sering sekali kita jumpai di jalanan. Suku cadang jenis mobil LCGC banyak tersedia di bengkel mobil, jadi anda tidak perlu khawatir komponen part susah ditemukan.

layanan konsultasi

Semua mobil tentu mengalami permasalahan karena tingginya intensitas pengguna mobil. Tidak jarang masalah yang sering dialami mobil LCGC membuat pengguna mengeluhkan beberapa masalah ini. Apakah hal ini juga dialami oleh anda? Cari tau sebabnya dan solusi dibawah ini;

1. AC mobil kurang dingin

Permasalahan yang pertama yakni AC mobil kurang dingin. Hampir semua pengguna menyiasati problem ini dengan menaikkan kecepatan kipas AC agar hawa lebih ekstra dingin.

Jika anda pengguna mobil Daihatsu Sigra terlebih keluaran lama, hal ini menjadi fenomena wajar sebab fitur mobil air circulator hanya meneruskan udara dari AC utama untuk seat belakang. Hal ini dilakukan produsen agar nilai jual menjadi lebih murah dan berdampak pada bahan bakar menjadi efisien. 

Lain halnya dengan dengan pengguna mobil Honda Brio atau Toyota Ayla yang menggunakan air circulator berdiri sendiri pada tiap seat kursi. Anda dapat mengecek apakah freon mengalami kebocoran , sumbatan pada filter AC, komponen AC yang sudah menumpuk kotoran, kinerja extra fan yang tidak berputar dengan sempurna.  

2. Timbul Suara Kasar

Gejala ngelitik menjadi julukan untuk menyebut suara kasar mobil yang berasal dari mesin. Tidak hanya jenis LCGC, namun mobil berkelas atas pun dapat mengalami ngelitik pada mobil. Dampak  yang anda rasakan pasti hilangnya konsentrasi berkendara hingga tidak nyaman.

Umumnya, penyebab yang ditimbulkan berasal dari ketidaksesuaian penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan. 

Cobalah untuk membuka buku panduan mobil, jangan lupa perhatikan nilai oktan yang dianjurkan oleh pabrikan mobil anda. 

Sebagai tambahan informasi, bilangan oktan Premium adalah 88, Pertalite 90, dan Pertamax 92. Jadi, apakah nilai oktan anda sudah sesuai dengan bahan bakar yang anda gunakan selama ini?

3. Rem Bising dan Bergetar

Sebab tingginya intensitas penggunaan mobil, tidak jarang rem mengalami masalah bising hingga timbul bergetar ketika diinjak. 

Waspadai jika anda mengalami gejala ini, pasalnya dapat menimbulkan resiko berkendara sebab rem bermasalah. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan di bengkel terdekat anda. Biasanya hal ini disebabkan oleh kampas rem sudah habis atau terdapat masalah pada cakram rem mobil anda.

4. Timbul Overheat Pada Mesin

Salah satu momok yang paling dihindari oleh pengguna mobil yakni overheat pada mesin mobil hingga berujung servis overhaul. Proses overhaul membutuhkan waktu yang lama serta biaya perawatan yang tidaklah murah.

Apakah mobil anda sudah pernah mengalami gejala overhat? Jika jawabannya iya, anda harus rutin mengecek kondisi radiator, pastikan radiator dalam kondisi prima dan tidak bocor. Sebaiknya lakukan penggantian air radiator agar tidak menimbulkan kerak pada radiator. Meskipun hanya berupa kerak namun dapat beresiko mengalami penyumbatan hingga berujung mesin jadi overheat.

Jangan lupa cek juga fan pastikan masih berputar dengan normal.

5. Mobil Bergetar Saat RPM Tinggi

Permasalan terakhir yang kerap dialami oleh pengguna LCG ialah mobil bergetar dalam kondisi RPM tinggi. 

Hal ini dinilai wajar sebab mesin LCGC menggunakan tiga mesin silinder, jadi sudah pasti akan mengalami getaran sebab mesin bekerja keras jika dalam kondisi kecepatan tinggi. 

Jika getaran sudah terasa hebat dan mengganggu, ada baiknya untuk mengecek engine mounting mobil. Selain anda dapat memasang peredam tambahan di mobil untuk mengurangi efek rasa getaran dan berisik dari luar kabin yang masuk ke dalam.

Selesai sudah ulasan mengenai masalah yang sering dialami mobil LCGC. Pastikan anda memberikan perawatan terbaik untuk mobil anda agar tidak mengalami kerusakan yang merembet dikemudian hari. 

Yuk ulik seputar dunia mobil disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here