Cara Mudah Untuk Manajemen Bengkel Mobil Anda Secara Praktis

0
901
manajemen bengkel mobil
manajemen bengkel mobil

Untuk mencapai kesuksesan bengkel memang tak terlepas dari pengelolaan dan sistem menajemen bengkel yang baik. Meskipun saat ini bengkel semakin banyak bertebaran di berbagai sudut daerah, namun tidak semua bengkel mempunyai sistem manajemen yang baik. Tidak heran bila anda masih mendapati bengkel yang sepi pengunjung. 

Lalu bagaimana manajemen bengkel mobil yang baik khususnya untuk pemula? Jika anda seorang pemula, tidak jarang sering dilanda kebingungan untuk memulai darimana termasuk manajemen bengkel mobil nantinya. 

Pada dasarnya, manajemen bengkel mobil yang baik dan benar-benar berhasil hanya terdapat tiga saja. Apa saja itu? Berikut ulasan selengkapnya dibawah ini;

1. Fixasi Lokasi Bengkel

Agar bengkel mobil anda dapat berjalan lancar dan ramai, perlu dimatangkan soal lokasi lahan yang akan dijadikan sebuah bengkel. Pastikan daerah tersebut ramai lalu lalang pengguna kendaraan baik kendaraan roda dua maupun empat. 

Jangan lupa perhatikan pesaing disekitar anda, apakah keterdapatan bengkel yang jenis atau belum sama sekali. Hal ini juga menjadi faktor bengkel akan mundur secara perlahan sebab bengkel belum mempunyai nama di masyarakat.

2. Pelayanan Memuaskan

Selanjutnya yakni pelayanan yang akan diberikan oleh konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pelayanan itu dapat berupa jasa, kualitas pengerjaan, penyediaan sparepart, kelengkapan alat kerja, fasilitas untuk konsumen (ruang tunggu yang nyaman, wifi, minuman gratis, dsb).

Dengan pelayanan yang bagus serta maksimal, maka konsumen akan merasa nyaman dan akan berkunjung kembali pada hari selanjutnya. Tidak peduli meskipun ada pesaing serupa, konsumen akan memilih bengkel anda jika pelayanan memuaskan dirasa sempurna oleh konsumen.

3. Pemeliharaan Sapras serta Alat Kerja

Loh kok ini bisa dikategorikan manajemen ? Ini sebabnya..

Pemeliharan yang dimaksudkan adalah pemeliharaan terhadap semua fasilitas yang digunakan agar mendukung kinerja menjadi maksimal.

Coba bayangkan, bila anda atau mekanik ceroboh tidak merawat perlatan kerja. Alhasil jadi rusak, kinerja terhambat. Dampak yang dirasakan konsumen akan kabur ke bengkel mobil lainnya. Karena dengan alat yang bekerja baik maka kita juga akan bekerja secara maksimal. Dengan pemeliharaan juga akan membuat alat yang kita gunakan bertahan lama, sehingga kita tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli alat yang baru

Tidak hanya alat kerja, namun fasilitas lainnya seperti ruang tunggu, lahan parkir, wifi, dsb. Pastikan semua terawat dengan baik sehingga tidak menganggu kenyamanan konsumen. 

Dengan sistem manajemen yang baik, maka anda dapat mengetahui letak kekurangan dan kelebihan yang harus segera dibenahi agar tidak menimbulkan masalah berkepanjangan. Bengkel sukses dimulai dari sistem manajemen yang baik. Pastikan bengkel mobil anda terkoneksi kuat dimulai dari internal karyawan bengkel anda.

Agar bengkel anda dapat termanajemen dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk menggandeng partnership bengkel ternama yang sudah mempunyai nama baik di hati masyarakat. Untuk mengetahui hal tersebut, anda cukup mengecek sosial media dan youtube bengkel tersebut, apakah terdapat testimoni baik atau justru sebaliknya.

Franchise Dokter Mobil

Agar tidak terjebak pada partnership abal-abal yang belum tentu kualitasnya bagus, maka Dokter Mobil bisa dijadikan solusi untuk anda. Sebagai franchise Dokter Mobil, berbagai benefit dapat anda rasakan tersendiri, salah satunya nama atau brand sudah mendapat kepercayaan dihati masyarakat. Jadi tidak perlu repot-repot mempublikasikan secara massiv bengkel anda dari nol.

Demikian informasi mengenai manajemen bengkel mobil yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan bagi anda. Senang dapat berbagi informasi berharga untuk anda..

Baca artikel menarik lainnya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here