Hindari Ini Jika Tidak Ingin Kondesor AC Mobil Cepat Rusak

0
234
kondesor AC mobil rusak
kondesor AC mobil rusak

Tanpa kondesor, mungkin kinerja AC mobil tidak berjalan dengan maksimal. Jika AC mobil ingin tetap dalam keadaan prima, maka jawabannya harus rutin servis AC berkala sesuai jadwal. Namun tak jarang pengguna mobil hanya menservis AC mobil tatkala sudah rusaka atau timbul gejala mengganggu, salah satu contohnya timbul suara bising dari AC. Kenali gejala kondesor ac mobil rusak selengkapnya dibawah ini.

Beberapa Hal yang Membuat Kondesor AC Mobil Cepat Rusak

Fungsi kondesor dalam mobil anda yakni berperan menyerap panas pada freon yang sudah dikompresikan oleh kompresor dan mengubah freon yang berbentuk gas menjadi cair. Karena bersifat rentan, maka bisa aja komponen ini cepat mengalami kerusakan jika tidak diimbangi dengan perawatan berkala. Hal yang membuat kondesor AC mobil cepat rusak yakni sebagai berikit;

layanan konsultasi
  1. Debu yang menumpuk pada sirip kondensor 

Penyebab pertama yakni adanya debu atau kotoran yang menumpuk. Hal ini dikarenakan debu terhisap oleh kipas kondensor juga bisa membuat kondensor menjadi panas. Putaran kipas yang terus melemah juga bisa menjadi salah satu penyebab kondensor panas yang diakibatkan oleh pemakaian terlalu sering.

Dari mana asalnya debu tersebut?

Jarang disadari bahwa pengguna mobil masih kerap melakukan buka jendela mobil terlalu lama hingga debu dapat masuk dengan leluasa ke kabin mobil. Hal ini mengakibatkan debu terhisap bebas oleh sistem AC untuk melakukan penyaringan udara. Sepele namun fatal bukan?

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Kenapa AC Mobil Kurang Dingin

  1. Kelebihan menggunakan isi freon 

Penyebab selanjutnya yakni terlalu banyak freon yang digunakan juga bisa memicu tekanan yang berlebihan sehingga suhu ruangan akan tinggi. Dampaknya, kondensor menjadi lebih panas dari kondisi biasanya. Sebab dipicu oleh kondisi motor fan yang sudah lemah juga akan membuat kondensor panas karena embusan atau hisapan angin yang muncul menjadi berkurang.

  1. Kelebihan mengisi oli kompresor

Ternyata hal ini juga dapat menjadi pemicu rusaknya kondensor. Karena proses mengisi oli kompresor secara berlebihan maka akan mengakibatkan suhu dan tekanan kondensor menjadi naik.

Ini Cara Mencegah Kerusakan Kondensor

Cara terbaik untuk mencegah kerusakan kondensor adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Anda dapat membersihkan debu dan kotoran menumpuk pada sirip kondensor agar sirkulasi udara tidak terhambat oleh kotoran.

Selain itu, anda harus rutin mengganti oli kompresor sesuai jadwal berkala servis mobil anda.Untuk melakukan hal ini, ada baiknya anda membawa ke bengkel spesialis AC terdekat agar anda tidak salah pasang komponen. Melakukan service rutin akan membuat kondensor AC mobil menjadi lebih terjaga.

Manfaat yang akan anda dapatkan ketika melakukan servis AC rutin agar tetap dalam keadaan prima. Jika AC sudah rusak, tentu dapat menganggu kenyamanan berkendara anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati. 

Demikian ulasan artikel tersebut terkait kondesor ac mobil rusak. Semoga dapat membantu anda untuk menyadarkan betapa pentingnya perawatan kondensor bagi AC mobil anda. 

Baca artikel bermanfaat lainnya hanya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here