Penyebab dan Solusi Kenapa AC Mobil Kurang Dingin

0
386
kenapa ac mobil kurang dingin
kenapa ac mobil kurang dingin

Pengalaman berkendara akan sangat terganggu jika AC mobil kurang dingin. Untuk itu, perlu dicari tahu kenapa masalah tersebut dapat terjadi. Dan bagaimana solusi mengatasi masalah tersebut.

Sebab utama kenapa ac mobil kurang dingin terutama saat siang hari pada kasus ini terjadi karena putaran fan radiator kurang kencang sehingga pembuangan panas pada kondensor ac tidak maksimal. Akibat putaran fan radiator kurang kencang sistem ac pada sisi tekanan tinggi mengalami tekanan yang berlebihan.

Lihat Juga : penyebab kenapa ac mobil keluar asap putih

Hal diatas juga berhubungan saat mobil terjebak kemacetan akan menyebabkan ac kurang dingin, lebih detail penyebab lain tentang ac tidak dingin saat macet, silakan kunjungi kenapa ac mobil tidak dingin saat macet.

Jika hal ini berlangsung dalam waktu agak lama menyebabkan gas freon bisa keluar sedikit demi sdikit melalui seal pada sambungan-sambungan pipa atau melewati seal shaft pada kompresor dan mengakibatkan freon akan berkurang.Pipa High Pressur dan Low Pressure Ac Daihatsu TeriosPipa High Pressur dan Low Pressure Ac Daihatsu Terios.

Jadi kesimpulannya adalah kerusakan fan radiator putaran kurang kencang menyebabkan tekanan freon naik berlebihan dan menyebabkan freon berkurang jika terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Fan Radiator Putaran Kurang Kencan akibat karbon Brush Mau HabisgFan Radiator Putaran Kurang Kencan akibat karbon Brush Mau Habisg

Cara Memperbaiki AC Mobil Kurang Dingin

Pertama : Seperti uraian diatas salah satu awal penyebab ac mobil kurang dingin saat siang hari adalah karena putaran fan radiator elektrik yang kurang kencang.

Perbaikan yang bisa dilakukan adalah penggantian motor fan radiator atau memperbaiki kerusakan fan radiator dan isi freon ac mobil untuk menambah sejumlah freon yang sudah berkurang tersebut.Memperbaiki kipas radiatorMemperbaiki kipas radiator.

Gambar diatas adalah gambar perbaikan kipas radiator pada mobil terios, selain mengganti karbon brush yang mau habis juga mengganti bushing dibelakang fan elektrik yang sudah oblag sehingga menyebabkan kipas bunyi kasar sewaktu ac mobil dinyalakan.

penyebab ac mobil kurang dingin
penyebab ac mobil kurang dingin

Kedua : Penyebab lain ac mobil kurang dingin pada siang hari selain fan radiator kurang kencang dan freon kurang adalah evaporator kotor dan berdebu dengan tanda angin ac kecil dan filter kabin kotor. Hal ini bisa dengan mudah dilihat dari slang ac tekanan rendah terlihat berembun(lihat gambar slang ac diatas) tetapi udara ac didalam kabin terasa kurang dingin.

Posisi atau letak filter kabin ac mobilPosisi atau letak filter kabin ac mobil
Cara memperbaiki ac mobil kurang dingin pada siang hari sesuai point nomor dua diatas, tentu saja yang pertama adalah periksa kondisi dan bersihkan atau ganti filter kabin yang terletak dirumah evaporator biasanya berada di sebelah kiri dashboard. Dan yang kedua adalah membersihkan permukaan evaporator, jika filter kabin sudah dibersihkan tetapi angin ac masih kurang kencang.

Solusi Mudah Mengatasi Kenapa AC Mobil Kurang Dingin

Demikian cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah AC mobil kurang dingin. Jika masalah ini tetap berlanjut, sebaiknya segera membawa mobil anda ke bengkel AC mobil terpercaya. Karena jika ditunda-tunda, kerusakan pada mobil dapat semakin parah, atau bahkan dapat merembet pada komponen lainnya pada mobil anda.

Lihat Juga : cara mengemudi agar irit bahan bakar

Jika anda kesulitan mencari bengkel AC mobil yang dapat dipercaya, Dunia-Mobil menyarankan untuk menggunakan jasa bengkel Dokter Mobil.

kenapa ac mobil kurang dingin
kenapa ac mobil kurang dingin

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang sudah berpengalaman lebih dari 6 tahun di dunia AC mobil sehingga layak untuk anda percayai.

Jika anda membutuhkan solusi untuk masalah AC mobil kurang dingin, segera kunjungi/hubungi Dokter Mobil di alamat:

Dokter Mobil | doktermobil.com
Jalan Boulevard Raya, Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp (021) 2245 4429

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 888


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here