Spesifikasi Kembaran Xpander dari Nissan dan Harga Jualnya di Indonesia
Spesifikasi Kembaran Xpander dari Nissan dan Harga Jualnya di Indonesia

Kerjasama dengan Mitsubishi menjadikan kemunculan kembaran Xpander dari Nissan bukan lagi sekedar rumor. Kita lihat saja seperti apa performa roda empat kolaborasi 2 raksasa otomotif ini.

Dealnya Kerjasama Produksi 2 Raksasa Otomotif

Gamblang sudah nasib dari Nissan Grand Livina yang selama ini sempat membuat kita gemas. Bagaimana tidak gemas. Sudah bertahun–tahun mempertahankan bentuk dan teknologi yang masih mirip – mirip dengan versi pertamanya dahulu.

Yap, Nissan akan mendapatkan bantuan dari pihak Mitsubishi, yang mana akan memproduksi sebuah LMPV berbasis Mitsubishi Xpander. Namun dengan versi dari Nissan. Dan prediksi sebelumnya yang menyebutkan produk ini akan hadir di akhir 2018 ataupun awal 2019 juga klop dengan pernyataan CEO dari Mitsubishi.

Adalah Osamu Mashiko, CEO dari Mitsubishi Motor Corporation (MMC) yang kami kutip dari Nikkan Automobile Newspaper yang menjabarkan bahwa pihaknya akan memulai supply untuk komponen–komponen OEM mereka. Komponen ini akan digunakan oleh pihak Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk memproduksi sebuah LMPV tiga baris tempat duduk bagi Nissan.

Kabar ini sendiri dijabarkannya dalam rapat umum pemegang saham yang baru saja dilaksanakan. Nah, namun kabar ini juga pastinya akan memantik tanda tanya bagi kita yang tahu bagaimana penjualan Mitsubsihi Xpander di Indonesia.

Masalah Inden pada Mitsubishi Xpander

Pertanyaan yang pasti muncul adalah, “Kan Mitsubishi Xpander saja masih inden, bagaimana mau produksi versi Nissannya??”. Tenang, karena pihak MMC dan MMKSI juga sudah memikirkan hal ini.

Pihak Mitsubishi menyadari bahwa pabrik perakitan mereka di Bekasi masih belum bisa memenuhi secara penuh kebutuhan yang ada saat ini. Dan oleh karenanya produksi di pabrik Bekasi ini akan ditingkatkan sebanyak 10 ribu unit pada bulan depan.

Nah, versi Nissan dari Mitsubishi Xpander sendiri akan mulai dirakit di tahun fiskal 2018 ini, yang artinya adalah antara bulan April 2018 hingga bulan April 2019 mendatang. Dengan jarak waktu tersebut, dan melihat posisi kita yang sudah ada di bulan Juni, maka bisa saja perakitan dari LMPV baru Nissan ini memang akan terjadi di penghujung tahun 2018 ini atau malah di awal tahun 2019 mendatang.

Apa artinya? Tahun 2019 bisa saja menjadi tahun yang seru (Lagi) bagi mobil 7 seater, karena di tahun depan pula sang mantan raja LMPV yaitu duet LMPV Astra akan dimunculkan generasi terbarunya.

Praktis, Honda Mobilio akan menjadi mobil yang usianya paling ‘Tua’ pada saat duet LMPV Astra dan LMPV baru dari Nissan ini diperkenalkan. Mengapa? Karena sisa pemain di segmen ini usianya masih cukup muda seperti:

  • Mitsubishi Xpander,
  • Wuling Confero, dan
  • All New Suzuki Ertiga.

Spesifikasi Desain dan Mesin Kembaran Xpander dari Nissan 2018

Kita nantikan saja seperti apa strategi dari Nissan dan Mitsubishi untuk menggarap LMPV baru berlabel Nissan ini. Akankah mampu memberikan dobrakan seperti saat Nissan Grand Livina pertama kali dimunculkan sedekade yang lalu. Atau malah akan mengungguli sang saudara dekatnya, Mitsubishi Xpander. Kita tunggu saja.

Kabarnya, pihak Nissan hanya akan meminjam platform dari Mitsubishi Xpander saja, sedangkan untuk mesin masih akan mengandalkan mesin milik Nissan sendiri. Namun berdasarkan konfirmasi resmi didapatkan fakta bahwa:

  • Tampilan atau Design
    Secara tampilan, kembaran Xpander yang akan di produksi oleh Nissan berdasarkan ubahan digital akan mengusung desain dengan karakter Nissan. Artinya akan terdapat frame U seperti pada model kendaraan double cabin Nissan dimana tengahnya memiliki sarang lebah.Dari tampilan depan, karakter LMPV milik Nissan terbilang sangat berkarakter dan lebih dinamis.
  • Lampu Utama
    Lampu utama diperkirakan berada di atas dengan desain lebih besar, tidak seperti Xpander yang menempatkan lampu utama di bagian bawah seperti pada model Juke.

Untuk produksi global, Aliansi Nissan-Mitsubishi akan memproduksi beberapa model bersama di Thailand. Karenanya Mitsubishi juga telah membangun pusat pelatihan dan penelitian di Thailand dan menjadi pertama di luar Jepang.

Harga Nissan Expander Ternyata Lebih Murah

Mobil terbaru yang disebut kembaran Xpander dari Nissan ini disebutkan bakal berbagi platform dengan Mitsubishi di banyak hal. “Bisa saja platformnya, engineering-nya, transmisi, untuk membentuk biaya yang baik. Cost bisa diturunkan, nantinya harga jual jadi lebih kompetitif,” kata Koito, di Jakarta.

Versi Low MPV Nissan diproyeksi akan memiliki fitur lebih tinggi ketimbang XM Concept. Dengan begitu posisi mereka tidak akan bertemu langsung di pasar, melainkan saling mengisi satu sama lain.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga mobil ini akan dibawah 189 juta Rupiah. Wah sepertinya akan bersaing soal harga dengan Avanza, dan akan melibas penjualan Agya.

Nah itulah informasi terupdate yang bisa kami berikan mengenai kemunculan kembaran Xpander dari Nissan ini. Semoga informasi ini memuaskan rasa penasaran anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here