Kekurangan dan Kelebihan Mobil Diesel Dibanding Bensin

0
154
Perbandingan Performa antara Mobil Diesel dan Bensin
Perbandingan Performa antara Mobil Diesel dan Bensin

Mengetahui kelebihan mobil diesel dibanding bensin penting sebelum anda membeli mobil. Agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Pesona mobil diesel ternyata tak pernah memudar. Terbukti sampai saat ini masih ada pabrikan yang menelurkan mobil penenggak solar. Bahkan, mobil diesel kini tengah berkibar di dunia SUV. Sebut saja Toyota Fortuner, Pajero Sport dan Chevrolet Captiva.

Wajib Tahu! Ini Kelebihan Mobil Diesel Dibanding Bensin

Lalu, apa sih keunggulan mobil diesel dibandingkan mobil bensin?

Mesin Diesel Lebih Tangguh

Salah satu rahasia kenapa Isuzu Panther masih banyak berkeliaran meski usianya sudah sepuh adalah karena mesinnya yang bandel alias tangguh.

Selain Panther, mobil diesel yang masih banyak wara-wiri di jalan adalah Toyota Kijang LGX dan Mitsubishi L300.

Mesin diesel memang dikenal tangguh, lebih tanggung dari mesin bensin. Sebab tekanan pembakaran pada mesin diesel lebih tinggi dari mesin bensin, karena itu diperlukan bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi dan material yang sangat kuat untuk membuat mesin diesel.

Itu sebabnya mobil-mobil bermesin diesel biasanya lebih mahal dibandingkan mobil bensin untuk varian yang sama. Sebab bahan baku untuk pembuatan mesinnya memang berbeda.

Torsi Lebih Melimpah Dibandingkan Mesin Bensin

Keunggulan mesin diesel lainnya adalah torsi yang melimpah. Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam.

Dengan torsi yang melimpah, pengemudi tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk menjalankan mobil. Torsi melimpah ini pula yang membuat kenapa mobil diesel lebih enak di ajak ke pegunungan dibandingan mobil-mobil bermesin bensin.

Mobil Diesel Irit Bahan Bakar

Karena tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk membuat mobil melaju, maka mobil diesel otomatis lebih irit dibandingkan mesin bensin.

Itu sebabnya kenapa mesin diesel lebih banyak diaplikasikan ke kendaraan komersial seperti bus dan truk dibandingkan mesin bensin. Karena lebih irit dan lebih tangguh.

Beberapa kelebihan mobil diesel dibanding bensin
Beberapa kelebihan mobil diesel dibanding bensin
Kekurangan Mobil Berbahan Bakar Diesel

Mobil diesel tidaklah sempurna. Masih ada kekurangan yang perlu anda eksplorasi dan perbaiki. Adapun beberapa kekurangan tersebut meliputi:

Harga
Harga mobil diesel jauh lebih mahal ketimbang mobil bermesin bensin. Sebab memiliki konstruksi mesin yang lebih kuat dan ukuran kendaraannya pun cukup besar.

Getaran yang Tinggi
Mesin diesel juga dikenal memiliki getaran lebih tinggi karena kompresi mesin tinggi dan tenaganya besar. Efek getaran besar jelas memengaruhi tingkat kenyamanan.

Perawatan
Kekurangan terakhir adalah, bila mengabaikan perawatan mobil mesin diesel, maka pemilik harus membayar lebih banyak ongkos untuk penggantiannya dibandingkan mesin bensin, lantaran pada umumnya mesin diesel memiliki teknologi yang lebih maju.

Namun tentunya anda tidak perlu khawatir jika selalu menjaga mobil agar tetap terawat dengan baik.

Kekurangan Lainnya
Buat sebagian orang, mobil diesel juga bau asap dan kendaraan berisik

Apakah anda sudah mengerti dan memahami kekurangan dan kelebihan mobil diesel dibanding bensin? Apakah sudah tahu hendak membeli mobil apa? Semoga mendapatkan mobil sesuai dengan harapan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here