Beda serta Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibanding Ban Biasa

0
410
keunggulan dan kekurangan ban tubeless dibanding ban biasa
keunggulan dan kekurangan ban tubeless dibanding ban biasa

Salah satu pilihan sulit yang dialami pemilik mobil adalah kebingungan dalam memilih jenis ban. Terutama ketika harus memilih menggunakan ban biasa (dengan ban dalam) atau ban tubless. Sebenarnya apa beda ban biasa dan ban tubless. Sebenarnya apa beda, kelebihan, dan kekurangan di antara ban biasa dan ban tubless?

Pemilihan ban itu sendiri tidak boleh dianggap remeh. Begitu penting karena beda jenis ban akan mempengaruhi 5 hal penting, yaitu:

  • Kenyamanan saat berkendara
  • Keamanan saat berkendara
  • Tenaga mobil
  • Kecepatan mobil
  • Dan keiritan BBM mobil

Berikut ini perbedaan antara ban biasa dan ban tubless dan pengaruhnya pada keamanan, kenyamanan serta hal-hal lainnya selama anda berkendara.

  1. Daya tahan terhadap “ranjau” paku
  • Ban Biasa
    Dalam menghadapi ranjau paku bisa dikatakan ban biasa tidak memiliki “pertahanan kedua”, dalam hitungan menit setelah ban tertusuk paku sobat dipaksa menuntun montor sobat sampai ke bengkel (tambal ban) terdekat.
  • Ban Tubeless
    Seperti dilansir WeloveHonda, ban tubeless dianggap memiliki kelebihan saat menghadapi ranjau paku atau benda tajam lainnya, karena dengan menggunakan ban tubless mobil tidak langsung kempis dan dapat diajak jalan untuk mencari bengkel (tambal ban tubless) terdekat.

    Perlu diingat saat menginjak ranjau paku ban tubeless bukan tidak bisa bocor, hanya tidak langsung kempis saja dan solusi terbaik saat ban tubless menginjak paku (meskipun belum kempis) adalah dengan membawa ke bengkel (tambal ban tubless) terdekat karena jika terlalu lama dibiarkan / masih terus digunakan untuk berkendara maka tekstur ban bisa rusak, tidak bulat lagi dan tidak rata sehingga akan menambah biaya penambalan.

    proses ganti ban biasa lebih sulit dibanding ban mobil tubeless
    proses ganti ban biasa lebih sulit dibanding ban mobil tubeless

    Keunggulan ban tubeless yang tidak langsung kempis ini bagi sebagian penggunanya merupakan keunggulan terpenting kenapa memilih ban jenis ini. Karena dengan tidak langsung kempis nya ban, mereka tidak perlu takut terjebak di area yang gelap dan berbahaya seandainya ban mobil tertusuk paku.

    Hal ini juga akan sangat berguna seandainya pengendara mobil sering pulang malam dan tak ada tukang tambal ban di dekat tempat kejadian.

Lihat Juga : review mitsubishi delica 2018 terbaru
  1. Daya tahan terhadap jalan berlubang (jalan rusak)
  • Ban Biasa
    Dalam menghadapi Jalan Berlubang / Jalan Rusak Ban Biasa atau yang sering disebut dengan ban tube, dianggap lebih mumpuni dibanding ban tubless, hal tersebut lantaran struktur karet pada ban biasa lebih empuk dibanding ban tubless sehingga ban biasa lebih kuat menahan hantaman.
    .
  • Ban Tubeless
    Untuk urusan menghadapi jalan berlubang / jalan rusak ban tubless harus mengakui keunggulan ban biasa, hal tersebut karena ban tubeless di desain dengan strustur karet lebih padat dan lebih tebal.Jika sering menghadapi jalan yang rusak atau tidak rata, bisa beresiko merusak pelek dan ban lebih cepat rusak. cepat rusak nya pelek karena saat menghadapi jalan rusak ban dapat langsung bereaksi (berbenturan) dengan pelek (velg), berbeda dengan ban biasa yang masih bisa memantulkan udara sehingga pelek masih aman karena pantulan. Sebab Ban tubeless lebih cocok dipakai di kondisi jalan perkotaan, dengan kondisi jalan yang mulus (tidak rusak).
  1. Untuk bermanuver, menikung dan saat kecepatan tingga
  • Ban Biasa
    Dalam kondisi kecepatan tinggi untuk urusan bermanuver dan menikung ban biasa dapat dikatakan kalah jika diadu dengan ban tubless, namun ban biasa cenderung lebih enak digunakan untuk pemakaian pada kecepatan rendah dan jalanan padat / macet yang membutuhkan selap-selip.
  • Ban Tubeless
    Bagi sobat yang suka membesut kendaraannya dengan kecepatan tinggi, ban tubles akan lebih baik dan stabil karena mempunyai karakter ban yang kuat dalam cengkraman aspal, selain itu ban tubles tidak menekan menggunakan udara, jadi permukaan ban akan tetap rata.Sehingga saat ditunggangi dalam kecepatan tinggi untuk urusan bermanuver atau menikung, ban tubeless memang lebih mengigir dan stabil jika dibanding dengan ban biasa.
  1. Penggunaan Saat Hujan
  • Ban Biasa
    Untuk iklim di Indonesia yang bercurah hujan tinggi penggunaan ban biasa relatif tidak sebaik penggunaan ban tubless. namun bukan berati ban biasa tidak cocok digunakan dimusim hujan karna faktor pattern groove (alur kembang) yang ada pada ban sangat mempengaruhi efektifitas ban saat digunakan dimusim hujan.groove (alur kembang) pada Ban standar pabrik seperti yang membalut mobil bebek keluaran Honda ini ideal untuk cuaca indonesia yang cenderung banyak hujangroove (alur kembang) pada Ban standar pabrik seperti yang membalut mobil bebek keluaran Honda ini ideal untuk cuaca indonesia yang cenderung banyak hujan.

    Groove berfungsi sebagai jalur air dan memecah genangan air. Semakin banyak kembangannya, akan semakin banyak pula air yang bisa dihalau, kemudian groove yang makin rapat juga semakin baik membuang air sebaliknya groove ban yang lebih renggang agak telat memecah genangan air. “Sedangkan alur ban / groove yang cukup dalam, juga lebih optimal memecah dan membuang air
    .

  • Ban Tubless
    Untuk iklim di Indonesia yang bercurah hujan tinggi penggunaan ban tubeless relatif lebih bagus jika dibanding dengan ban biasa. Sebab ban tubeless biasanya mempunyai desain groove/kembang yang lebih dalam sehingga saat permukaan jalan basah, ban lebih cepat dalam mengalirkan air. Akibatnya daya cengkram yang dimiliki ban akan lebih menggigit.
  1. Jenis Pelek yang dapat digunakan
  • Ban Biasa
    Ban biasa dapat dipasangkan untuk pelek racing maupun pelek jari-jari pada sepeda mobil sobat, jadi dalam hal kecocokan dengan pelek ban biasa menang mutlak jika dibanding dengan ban tubless.
  • Ban Tubeless
    Ban tubeless hanya bisa dipasangkan untuk pelek racing, Meskipun kini sudah ada teknologi yang bisa memasang ban tubeless pada pelek jari-jari bukan berarti pelek tersebut cocok melainkan ban tubeless hanya dipaksakan untuk dipasang pada pelek jari-jari sehingga risiko bocornya nitrogen tetap ada. Oleh karena itu kami tidak merekomendasikan penggunaan ban tubless pada pelek jari-jari.
  1. Jenis Mobil yang cocok digunakan
  • Ban Biasa
    Ban biasa lebih cocok jika digunakan pada Ban biasa lebih cocok jika digunakan pada mobil yang memiliki ukuran besar dan sering membawa barang berat.
  • Ban Tubeless
    Ban tubless lebih cocok digunakan pada mobil yang berukuran kecil dan membawa barang tidak terlalu berat.
  1. Usia / keawetan Ban
  • Ban Biasa
    Durasi pemakaian ban biasa cenderung lebih lama / lebih awet jika dibanding ban tubless, ban biasa biasanya dapat terus digunakan hingga pemakaian 2 tahun. Tentunya keawetan ban sangat tergantung pada pemakaian mobil itu sendiri.
  • Ban Tubeless
    Durasi pemakaian ban tubeless cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan ban biasa, ban tubeless biasanya hanya mampu digunakan hingga pemakaian 1,5 tahun. Relatif lebih pendeknya masa pemakaian ban tubeless disebabkan karena ban tersebut menggunakan compound yang lebih lunak. sekali lagi untuk urusan usia dan keawetan ban sangat tergantung pada pemakaian mobil itu sendiri.
  1. Perbandingan Harga Ban
  • Ban Biasa
    Untuk perkara harga, harga ban biasa mobil lebih murah jika di bandingkan dengan ban tubless, sebab Rata-rata harga ban tubless lebih mahal 30-50% dari harga ban biasa.
  • Ban Tubeless
    Untuk perkara harga, harga ban tubless mobil biasanya lebih mahal jika di bandingkan dengan harga ban biasa, Rata-rata harga ban tubless lebih mahal 30-50% dari harga ban biasa.

Kesimpulan

Ban biasa memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh ban tubless. Begitu juga sebaliknya, ban tubless memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh ban biasa.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk memilih ban berdasarkan faktor-faktor penentu seperti:

  • Kondisi jalan yang bagaimana yang akan sering dilalui mobil anda
  • Kondisi cuaca seperti apa yang akan sering dilalui mobil anda
  • Jenis mobil, pelk mobil, dan berat mobil anda sendiri
Lihat Juga : review toyota vios 2018

Demikianlah artikel perbedaan ban tubless dan ban biasa (dengan ban dalam).  Jika anda memiliki pertanyaan lanjutan, silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 970


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here