Ini Kekurangan dan Kelebihan New Toyota Fortuner TRD Sportivo

0
3140
kelebihan dan kekurangan new fortuner TRD Sport
kelebihan dan kekurangan new fortuner TRD Sport

Kehadiran New Toyota Fortuner TRD Sportivo menghadirkan antusiasme yang sangat tinggi di antara kalangan pecinta otomotif. Namun sebelum membeli mobil keren yang satu ini, sebaiknya melihat lebih dahulu kelebihan dan kekurangan kendaraan gagah yang satu ini.

Harga

PT Toyota Astra Motor (TAM) luncurkan New Toyota Fortuner TRD Sportivo di GIIAS 2017. Dihadirkan dua pilihan yakni untuk Fortuner TRD Sportivo tipe 2.4 VRZ 4×2 dilepas Rp 527,9 juta dan tipe 2.7 SRS 4×2 dihargai Rp 553,3 juta.

Produksi

Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata mengatakan, New Fortuner TRD Sportivo dirancang dan kembang secara lokal melalui insinyur-insinyur Indonesia yang dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia.

“New Fortuner TRD ini dirancang dan dikembangkan secara lokal di Indonesia, oleh masyarakat Indonesia, untuk masyarakat Indonesia,” kata Yoshihiro Nakata.

Kelebihan

Sebagai salah satu kendaraan kelas atas, sudah sewajarnya Fortuner tampil dengan sesuatu yang beda, dan lebih baik. Tidak terkecuali untuk armada paling anyar yang satu ini.

Lihat Juga : recall pajero sport 2016


Tampil Mewah dan Sporti

Kesan sporti dan kemewahan pada New Fortuner TRD Sportivo mulai terlihat dari bagian eksterior, di mana pada bumper dan gril baru, bumper belakang, penutup lampu kabut, serta pelek berdesain baru dan disematkan stiker Sportivo di bagian samping.

Menengok ke dalam kabin, jok terlihat mewah dengan jok kulit warna cokelat tua, secara keseluruhan masih sama seperti halnya Fortuner tipe SRZ dan VRZ, termasuk fitur new smart cruise control, smart start stop button serta smart entry.

Powertrain & Drivetrain

Toyota Fortuner TRD Sportivo mengadopsi mesin diesel baru dengan kode GD, untuk menggantikan mesin diesel lama berkode KD. Berkapasitas 2.4 liter 4 silinder segaris 4 katup DOHC VNT intercooler, mesin ini memberikan dorongan tenaga 149,6 PS pada 3400 rpm dan torsi  maksimal 40,8 kgm pada 1600 -2000 rpm. Artinya turbonya sudah bisa dirasakan pada putaran 1600 rpm sehingga Anda sudah mendapatkan limpahan tenaga yang besar di putaran rendah dan hal ini berguna di jalan-jalan menanjak atau pun ketika mobil membawa beban yang berat.

Mesin diesel yang baru ini lebih canggih, bertenaga, lebih efisien dan lebih senyap sehingga menambah kenyamanan penggunanya. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-kecepatan dengan Sport Sequential Switchmatic dan paddle-shift yang bekerja secara secara halus dan presisi. Terdapat tiga mode pengendaraan yakni Eco, Normal, dan Power.

perbandingan fortuner dengan sante fe

Ground Clearance

Jarak yang tinggi antara permukaan jalan dengan bagian kolong mobil memudahkan Toyota Fortuner TRD Sportivo melewati permukaan jalan yang tidak rata maupun jalanan rusak serta berbatu. Dengan laju yang akurat, kolong mobil akan terhindar dari benturan-benturan benda keras akibat permukaan jalan bumpy dan berlubang.

SUV ini juga memiliki sudut datang (approach angle) dan sudut berangkat (departure angle) yang baik sehingga mempermudah mobil ketika melewati tanjakan maupun turunan curam.

Kaki-Kaki

Ground clearance yang tinggi juga harus didukung oleh sektor kaki-kaki yang baik. Artinya di satu sisi mobil harus memberikan kenyamanan kepada penumpang, namun di sisi lain juga menonjolkan kehandalan Toyota Fortuner TRD Sportivo sebagai mobil SUV. Suspensi depan menggunakan Double Wishbone dengan coil spring dan stabilizer sedangkan belakang 4-Link dengan Lateral Rod.

Suspensi dan velg 18 inci memberikan jarak main yang baik ketika Toyota Fortuner TRD Sportivo melibas jalanan yang tidak rata atau pun medan off-road ringan sehingga pengguna tidak perlu lagi merasa khawatir.

Kenyamanan

Kabin lapang dan mewah dengan sentuhan two-tone.Headroom dan legroom di baris depan, tengah dan belakang lega dengan bagasi yang luas. Pintu bagasi yang mengadopsi Power Back Door with memory function mempermudah akses akomodasi barang-barang. Posisi jok commanding dapat diatur secara elektronik dan setir sudah tilt steering dan telescopic serta dilapisi oleh kulit berkualitas. Begitu juga dengan lapisan kulit pada dashboard, konsol tengah, tuas persneling termasuk juga jok.

Sentuhan krom pada setir, konsol tengah, dashboard dan trim pintu membuat tampilan interior semakin elegan dan berkelas.

Untuk menyalakan mobil, tinggal tekan tombol saja di bagian belakang setir, jok pengemudi bisa diatur secara elektronik, sedangkan bagian penumpang secara manual. Dilengkapi layar sentuh 8 inci padadashboard yang berisi informasi sistem infotainment dan sistem navigasi. Sistem infotainment itu dapat diatur melalui tombol di setir,voice recognition dan hand gesture serta terkoneksi dengan Bluetooth.

Untuk menunjang kenyamanan penumpang juga tersedia rear infotainment berupa layar 8 inci di langit-langit baris kedua sehingga anak-anak pun bisa menonton video kesayangan sepanjang perjalanan. Tersedia juga power outlet untuk men-charge baterei HP sehingga Anda tetap berhubungan dengan dunia luar.

Safety

Dilengkapi dengan seatbelt di setiap jok dan ISOFIX di jok baris kedua. Dua kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan plus kantung udara lutut untuk pengemudi. Sistem pengereman depan dan belakang sudah menggunakan disc brake plus ABS dan EBD.

Kekurangan

Tidak ada yang sempurna. Begitu juga dengan Fortuner TRD Sportivo terbaru ini. Ada beberapa kekurangan yang perlu kamu tahu. Namun demikian, bukan berarti kekurangan ini harus menjadikan kamu mengurungkan niat memiliki armada keren.

Kamu dapat mengatasi kekurangan yang ada dengan melakukan sedikit modifikasi.

Nah, apa saja kekurangan-kekurangan tersebut?

Fitur yang Tidak Lengkap

Sejatinya kita tentu mengharapkan fitur yang lengkap seperti parking brake, sunroof, room view minitor dan lainya. Sayangnya, masih banyak fitur-fitur yang belum tersedia pada kendaraan ini. Padahal mobil ini merupakan mobil yang begitu menawan dan juga harganya juga bisa dibilang memiliki harga yang cukup tinggi.

Bagasi yang Sempit

Kemudian pada bagian bagasi dan kabin masih terasa sempit. dimana kenyamanan kabin kurang lega kususnya untuk para penumpang dewasa, selain itu bagian bagasinya dirasa lebih sempit jika dibandingkan dengan All New Pajero Sport yang tempat duduk ketiganya dapat dilipat. Dan hal tersebut pastinya menjadikan salah satu kekurangan toyota fortuner tentunya.

Lihat Juga : 4 daftar kekurangan pajero sport yang wajib diketahui


Sistem Keamanan Mobil

Lalu sistem keamanan dari mobil ini dirasa masih kurang lengkap dengan kompetitornya. Hal ini tentu akan menjadi masalah. Apalagi, Fortuner merupakan primadona banyak orang. Walaupun curian, peminatnya masih cukup banyak.

Harga

Dan yang terakhir adalah soal Harga yang tergolong masih cukup tinggi. Tapi apa mau dikata. Mobil gagah seperti ini tentu tidak mungkin dibanderol dengan harga murah.

tabel kekurangan dan kelebihan all new fortuner
tabel kekurangan dan kelebihan all new fortuner

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan New Toyota Fortuner TRD Sportivo terbaru. Semoga puas membacanya ya.

Dunia-Mobil.com | Majalah Otomotif Mobil Online Indonesia


posted by admin 5 , 459


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here