Tips Mudah Kenali Jenis Coolant Terbaik Untuk Mobil Anda

0
59
Kenali Jenis Coolant Terbaik Untuk Mobil
Kenali Jenis Coolant Terbaik Untuk Mobil

Seberapa penting peran radiator bagi mobil anda? Hampir serupa dengan oli, namun peran radiator juga dapat dianggap vital bagi mesin anda. Fungsi radiator untuk mendinginkan cairan yang nantinya mengalir melalui pendingin mesin. Tujuannya semata agar mesin tidak timbul overheat.

Jika radiator mengalami kerusakan atau permasalahan, maka bersiaplah timbul overheat seketika. Alhasil mobil menjadi mogok dijalan, dampaknya agenda anda menjadi berantakan. Jangan sampai hal ini terjadi pada anda. Sudah tahukah anda apa saja jenis coolant terbaik untuk mobil ?

layanan konsultasi

Umumnya jenis coolant terbaik untuk mobil terdapat 3 jenis. Namun karena salah kaprah masyarakat bertambah menjadi 4. Apa saja itu? Selengkapnya simak dibawah ini;

1. Air Biasa

Tidak jarang sebagian pengguna mobil masih bandel menggunakan air biasa untuk pengganti coolant.

Sekelumit fakta menyingkap bahwa terdapat bahaya menggunakan air biasa karena tidak ada kandungan senyawa protekstif khusus didalamnya. Penggunaan air biasa dapat menimbulkan korosi pada perangkat. Tidak hanya itu, air biasa juga berpotensi cepat menguap dan habis karena titik didihnya lebih rendah.

Baca Juga : Ketahui Bahaya Air Biasa Pada Radiator Mobil, Ini Faktanya

2. Coolant Radiator

Coolant radiator merupakan jenis yang paling banyak digunakan oleh kalangan pengguna mobil. Penggunaannya yang efektif sebab tidak harus diencerkan lagi. Titik didih emncapai 118°C.

Harganya mencapai Rp 23.900 bervolumekan 3,875 liter. Padahal, dalam sehari penggunaan mobil membutuhkan 2 galon setiap per isiannya. Jadi pastikan coolant anda tetap terisi sesuai batas sebelum berpergian.

3. Radiator Super Coolant

Kelebihan yang ditawarkan untuk jenis radiator super coolant ini mencapai 130°C titik didih. Namun, penggunaan coolant ini dapat terbilang rumit sebab anda perlu mengencerkan terlebih dahulu.

Dalam penggunaannya, 3 liter coolant dapat dicampur dengan 3 liter air biasa.

4. Antifreeze dan Coolant Protector

Meskipun masuk dalam jenis coolant, namun ternyata jenis ini jarang digunakan oleh masyarakat pengguna mobil. Mengapa?

Harga yang dibanderol per liter mencapai Rp 100.000. Disamping harga yang relatif mahal, jenis coolant ini menawarkan keunggulan dimana titik didih mencapai 128°C. Penggunaan di Indonesia sekitar 30 : 70. Ya, memang sangat sedikit.

Apapun jenis radiator terbaik untuk mobil yang anda pilih, pastikan coolant dapat berperan baik untuk mendinginkan mobil anda. Baca artikel menarik serta bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here