Ini Cara Memilih Mobil Matic Bekas yang Bagus dan Benar

0
254
perhatikan berbagai sisi dari mobil matic bekas yang hendak anda beli
perhatikan berbagai sisi dari mobil matic bekas yang hendak anda beli

Bagi sebagian besar orang, mobil bekas merupakan pilihan terbaik mendapatkan kendaraan pribadi dengan harga terjangkau. Namun bagaimana cara memilih mobil matic bekas perlu dilakukan secara hati-hati agar anda mendapatkan kendaraan yang berada dalam kondisi baik dan prima.

Hal paling sulit dalam membeli mobil bekas bertransmisi matic adalah fakta bahwa mobil ini menggunakan teknologi canggih dan terkomputerisasi. Hal ini menyebabkan untuk mengecheck kondisi mobil ini secara utuh perlu untuk:

  • Melakukan pengecheckan menggunakan computer khusus
  • Perlu dilakukan secara mendalam, termasuk ke dalam komponen elektroniknya
  • Perlu dicheck secara berulang-ulang

Ada banyak tempat, penjual, dan merk mobil matic bekas yang bisa anda pilih. Namun anda perlu tahu hal-hal seperti:

  • Tips memilih mobil matic bekas dengan kondisi terbaik
  • Harga pasaran mobil tersebut
  • Mengetahui kekurangan dan masalah yang ada pada mobil tersebut

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli mobil matic bekas, yaitu:

  1. Perhatikan Bagian Oli Transmisi

    Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam memilih mobil matic bekas yang terbaik adalah dengan memperhatikan kondisi oli transmisi dan bagian yang terkait. Pertama periksalah bagian pada kolong transmisi dan pastikan jika tidak ada kebocoran oli. Perhatikan dengan baik karena beberapa kasus terkadang kebocoran tersebut tidak terlalu terlihat, hanya seperti rembesan saja.

    Kondisi kesehatan sistem transmisi ini juga dapat diketahui dari kondisi oli transmisi, sehingga penting pula untuk memperhatikan kondisi oli mobil yang akan anda beli. Cermati dari warna, bau serta kandungan di dalam oli nya. Anda bisa menggunakan dipstick oli transmisi serta memperhatikan kondisi cairan mobil. Oli yang normal tentu saja memiliki bau yang normal.

    Jika baunya cukup menyengat, maka tentu oli di dalamnya sudah terkontaminasi. Bahkan ini juga dapat menjadi pertanda jika mesin membutuhkan overhaul. Anda bisa mempelajari cara overhaul mesin mobil dengan mudah di rumah.

  2. Jangan Lupa Memeriksa Lampu Indikator

    Jangan lupa untuk memeriksa lampu indikator pada mobil. Anda bisa mengeceknya dengan menyalakan mesin terlebih dahulu dan kemudian mencoba menggeser tuas transmisi ke berbagai posisi. Pastikan jika nyala lampu indikator yang ada di panel instrumen sama dengan posisi pada tuas transmisi. Pastikan pula lampu overdrive menyala ketika tombol OD ditekan.

    memilih mobil matic bekas yang baik dan benar agar tak salah pilih
    memilih mobil matic bekas yang baik dan benar agar tak salah pilih perlu dilakukan dengan seksama

  3. Lakukan Test Drive

    Cara lainnya yang bisa anda lakukan dalam tips memilih mobil matic bekas lainnya adalah dengan melakukan test drive. Cara ini akan sangat efektif sebagai cara mengecek mesin pada mobil bekas. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan tst drive.

    Cobalah semua fungsi perpindahan pada tuas transmisi. Dalam kondisi mesin yang sedang menyala, injak rem dan cobalah memindahkan tuas transmisi pada semua posisi. Jika kondisi mobil normal, maka tentu saja tuas transmisi dapat berpindah dengan mudah. Tidak akan terasa hentakan yang keras ketika perpindahan transmisi.

    Jika muncul hentakan keras, bisa jadi ini menandakan jika terdapat kerusakan pada bagian internal kendaraan. Mobil ini tentunya harus anda hindari karena nantinya anda akan membtuuhkan biaya yang besar untuk perbaikan transmisi maupun penggantian komponen.

    Pastikan saat transmisi melakukan perpindahan secara otomatis, maka tidak akan terasa getaran pada tuas mobil. Perhatikan indikator posisi gigi yang ada pada panel instrumen, apakah hal tersebut sesuai dengan posisi tuas sebenarnya atau tidak.

    Biasanya anda juga akan merasakan jeda waktu ketika tuas dipindahkan hingga nantinya memberi respon. Namun dalam kondisi normal, biasanya jeda waktu ini tak melebihi dari 2 detik.

    Sistem transmisi otomatis biasanya memiliki perbandingan gigi. Sehingga akan lebih baik untuk melakukan pengujian respon saat melaju dari semua percepatan tersebut.

    Transmisi CVT tidak akan mengalami perpindahan gigi dikarenakan 2 buah puli yang terhubungkan dengan belt. Jika anda tidak merasa adanya kehalusan dalam akselerasi, maka dapat dipastikan jika sistem transmisi mengalami masalah.

    Pindahkan tuas pada posisi L atau 1, kemudian jalankan mobil hingga dalam putaran 3000 rpm. Jika kondisi transmisi dalam keadaaan normal, maka tidak akan terasa getaran yang berlebihan.

    Untuk menguji slip, dapat dilakukan dengan cara mengendarai mobil tersebut melalui jalanan tanjakan. Jika masih normal, tentu saja slip yang terjadi akan sangat minim. Jika putaran mesin namun tidak sesuai dengan pertambahan kecepatan maka menandakan jika sistem transmisi mengalami slip yang mana menjadi penyebab mobil matic tidak bertenaga ketika menaiki tanjakan.

  1. Usahakan Untuk Tidak Membeli Mobil Matic Teknologi Lama

    Tips lainnya dalam memilih  mobil matic bekas yang tepat adalah usahakan untuk tidak membeli mobil matic bekas yang masih memiliki teknologi lama. Misalnya saja mobil matic yang memiliki sistem transmisi otomatis yang belum memiliki sistem Transmission Control Unit. Jenis mobil matic ini mengandalkan kerja mekanis saat melakukan perpindahan gigi. Sehingga saat terjadi kerusakan akan sangat merepotkan saat mencari pengganti dari sparepart tersebut. Hal ini karena belum tentu komponen-komponen tersebut sudah tersedia di pasaran.

Dan untuk mendapatkan mobil bekas dengan kondisi terbaik, cara termudah yang dapat anda lakukan adalah:

  • Meminta bantuan orang yang memang memahami kondisi mobil secara utuh
  • Segera membawa mobil ke bengkel mobil untuk melakukan service

Demikianlah artikel yang dapat kami berikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam memilih mobil matic second. Jika anda memiliki pertanyaan ataupun komentar, silahkan tinggalkan pesan dan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah ini.

Terimakasih dan semoga berkenan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here