Faktor Penyebab Fan Belt AC Mobil Bunyi dan Solusi Mengatasinya

0
26
Penyebab dan Solusi Mengatasi Fan Belt AC Mobil Bunyi Berisik dan Cara Mencegah Masalah yang Sama Kembali Muncul
Penyebab dan Solusi Mengatasi Fan Belt AC Mobil Bunyi Berisik dan Cara Mencegah Masalah yang Sama Kembali Muncul

Gangguan karena fan belt AC mobil bunyi memang cukup mengganggu. Selain itu juga menimbulkan rasa was-was adanya kerusakan yang lebih serius.

Fan belt AC mobil yang mengeluarkan bunyi berisik kerap terjadi pada beberapa mobil yang kurang perawatan berkala system AC. Fanbelt adalah karet kipas pendingin mesin mobil, yang terbuat dari imitasi karet dan baja. Fan belt beruguna untuk pemutar berbagai komponen mesin. Mulai dari pompa oli hingga alternator. Jika tidak ada fanbelt, bisa dipastikan jika mobil tidak akan bisa melajut.

Fanbelt mempunyai umur penggunaan yang cukup singkat. Ini dikarenakan fanbelt ada di posisi terbuka dan berhubungan dengan engine pully, sehingga kerap kali fanbelt ini terbuka oleh beberapa gangguan seperti, terkena cipratan air huja atau melewati genangan. Lebih membahayakan adalah saat mobil berjalan pada kondisi jalan kebanjiran. Tidak hanya air yang akan mengganggu keseimbangan fungsi fanbelt, tetapi juga tanah, lumpur, bahkan pasir.

Penyebab Fan Belt AC Mobil Bisa Mengeluarkan Bunyi Berisik

Semua gangguan itu menyebabkan fanbelt mengalami masalah yaitu adanya bunyi berdecit yang nyaring atau biasa disebut dengan belt dressing. Belt dressing dapat terjadi karena karet tidak bisa memutar pully dengan sempurna.

Lihat Juga: AC Mobil Bunyi Saat Dihidupkan

Penyebab lainnya adalah pada bagian pullynya yang kering karena terkikis oleh cipratan atau tergenang air dan kotoran.

Solusi Mengatasi Fan Belt AC Mobil Bunyi

Cara mengatasi masalah belt dressing dari fanbelt cukup mudah, diantaranya adalah:

  • Semprotkan Air Sabun

Yang pertama adalah ckup sederhana yaitu dengan menyemprotkan air dengan sabun pada belt yang bersuara berisik. Tapi cara ini kurang efektif karena tidak mampu bertahan lama menahan kebisingan fanbelt, namun bisa digunakan jika dalam keadaan darurat.

  • Menggunakan Pelumas atau Oli

Cara lainnya adalah mengoleskan oli atau pelumas mesin pada fanbelt. Cara mengoleskannya juga harus berhati-hati dan secukupnya saja. Jika berlebihan, dapat membuat belt menjadi slip dan malah membuat bunyi nyarng lagi. Jika ruang mesin anda lega, bisa juga menggunakan batangan lilin sebagai pengganti oli atau pelumas mesin.

  • Grease

Cara ini cukup modern, yaitu dengan menggunakan gemuk (grease). Cara ini mempunyai cara yang mirip dengan oli atau pelumas mesin. Yaitu dengan mengoleskan secukupnya pada belt sehingga belt berhenti bersuara. Kelebihan dosis pada belt juga dapat menyebabkan belt menjadi selip. Maka, harus tetap hati-hati dalam pemberian dosis atau pengolesan.

  • Menggunakan Cairan Khusus Belt

Cara ini paling modern karena dengan menyemprotkan cairankhusus belt berkaleng aerosol yang bisa anda dapatkan pada took aksesoris mobil atau hypermarket. Langkah ini adalah cara yang paling mudah dan tidak perlu menodai tangan anda. Cara menyemprotkannya tidak sampa dengan menyemprotkan pada komponen karburator.

Yang pertama, nyalakan mesin lalu biaran mesin pada kondisi stationer. Kemudian semprotkan cairan ini pada belt yang bersuara sampai suaranya hilang. Tetapi sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam menyemprot. Karena ini bukan hal yang baik untuk belt, malah akan membuat belt menjadi selip atau bahkan kabin mesin menjadi kotor. Jadi langkah ini juga perlu ketelitian.

Itulah langkah mudah atasi fanbelt yang berisik dari yang sederhana sampai modern dalam mengatasi kebisingan dan cara kerja fan belt. Perbedaan langkah ada pada biaya dan kualitas, atau berapa lamanya bahan dalm emlingdungi fanbelt sehingga tidak lagi berbunyi nyaringa tau berdecit. Semakin modern cara yang digunakan, semakin bagus kualitasnya dan semakin tahan lama pula fan belt sampai tidak berbunyi lagi.

Semoga artikel penyebab dan solusi mengatasi fan belt AC mobil bunyi ini bermanfaat. Dan mampu membantu anda menyelesaikan masalah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here