Faktor Penyebab Mobil Boros BBM yang Harus Anda Hindari

0
24
Hal Ini yang Menjadi Faktor Penyebab Mobil Boros BBM dan Menguras Uang Anda
Hal Ini yang Menjadi Faktor Penyebab Mobil Boros BBM dan Menguras Uang Anda

Mulai dari kesalahan cara mengemudi, hingga kotornya saluran bahan bakar menjadi faktor penyebab mobil boros BBM yang perlu anda tahu. Namun tentunya, masih ada faktor lain yang jadi masalah.

Apa saja itu?

Wajib Tahu! Ini Faktor Penyebab Mobil Boros BBM

Hal yang dapat membuat konsumsi bensin sebuah mobil boros itu ditekan, maka semakin besar power mobil namun semakin besar pula konsumsi bensinnya.

Lantas mengapa bisa ? Adapun masalah mobil boros BBm biasanya disebabkan beberapa faktor berikut ini

  1. Filter udara mampet

Fungsi filter udara adalah sebagai penyaring udara yang akan masuk kedalam ruang bakar. Cara kerja filter udara yakni dengan memblok aliran udara didalam saluran masuk dengan bahan seperti kertas atau kain berpori besar.

Sehingga, hanya udara yang bisa menembus lapisan filter ini dan kalau ada debu yang ikut terbawa aliran udara maka debu tersebut akan tertinggal di permukaan filter.

Dalam waktu yang lama, timbunan debu dipermukaan filter ini akan mengganggu kelancaran aliran udara. Sehingga pasokan udara ke mesin akan berkurang, ini akan menyebabkan langkah piston menjadi berat.

Akibatnya mobil ngempos dan tidak bertenaga, dalam hal ini kita cenderung menekan pedal gas lebih dalam. Sehingga pasokan bensin bertambah namun powernya masih kurang. Dan inilah yang membuat bensin terasa cepat habis.

Lihat Juga: Kekurangan Mobil Feroza

Cara mengatasinya gampang, copot filter dan bersihkan menggunakan air bertekanan agar debu bisa hilang.

  1. Akibat velg besar

Banyak pemilik mobil menggunakan jenis velg variasi yang biasanya memiliki lebar dan rim yang lebih besar. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumsi BBM mobil.

Apa alasannya ?

Velg yang lebih besar umumnya juga memiliki bobot yang lebih besar. Sementara itu, velg ini berfungsi layaknya kaki. Kalau kaki anda ditempeli oleh beban/barbel, apakah bisa berlari dengan kencang ?

Tentu bisa, tapi perlu tenaga lebih ekstra. Lebih besar tenaga artinya lebih banyak bahan bakar. Sehingga secara tidak langsung ini bisa memakan lebih banyak bensin.

Selain itu, efek velg yang lebar pastinya akan diikuti dengan penggantian ban yang juga memiliki tapak lebih lebar. Padahal, semakin lebar ban maka semakin luas juga penampang mobil yang bersentuhan dengan jalan.

Sehingga lebih banyak gesekan dan perlu tenaga lebih kuat lagi untuk menggerakan mobil.

  1. Sering menyalakan AC dengan suhu dingin

Menyalakan AC saat berkendara itu merupakan hal yang wajib, mengingat iklim tropis di Indonesia membuat suhu didaerah perkotaan khususnya menjadi cukup panas disiang hari.

Bagi mereka yang sedang berada didalam mobil, AC menjadi andalan utama untuk ngadem. Namun, menyalakan AC dengan suhu paling dingin di waktu yang lama dapat menimbulkan bensin boros dan menjadi faktor penyebab mobil boros BBM yang cukup merepotkan.

Alasannya, saat kita menyalakan AC mesin akan memutar kompresor AC yang fungsinya memompa refrigerant. Daya yang diperlukan kompresor AC tidak sedikit, apalagi kalau kita set di suhu yang paling dingin maka kinerja kompresor akan semakin lama.

Sehingga power mesin akan dibagi ke kompresor AC. Ini artinya kita perlu menekan pedal gas lebih dalam untuk bisa menjalankan mobil.

Selain itu, faktor cooling fan juga berpengaruh. Ketika AC dihidupkan maka cooling fan akan berputar secara terus menerus meski suhu mesin sudah dingin. Padahal, mesin yang bekerja pada suhu dingin itu memerlukan suplai bensin lebih. Kalau tidak pembakaran tidak terjadi.

Selain faktor-faktor di atas, sebenarnya ada beberapa faktor penyebab mobil boros BBM lainnya. Namun ketiga hal di atas merupakan hal yang jadi penyebab utama. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here