Ini 6 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Toyota Fortuner

0
246
made in Indonesia ... ini pabrik toyota fortuner di Karawang
made in Indonesia ... ini pabrik toyota fortuner di Karawang

Tahukah kamu rahasia di balik mesin Fortuner? Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil terlaris yang dikeluarkan oleh Toyota. Pesaing berat Pajero ini memiliki tampilan yang gagah dengan tenaga yang tidak kalah kuat. Namun begitu, ada banyak hal unik dan menarik dari kendaraan bertubuh besar ini.

Awal Kelahiran Toyota Fortuner

Toyota Fortuner, Sport Utiliity Vehicle (SUV) yang pertama kali diperkenalkan Toyota pada 2005 dan menjadi rival Mitsubishi Pajero Sport. Mobil ini dibuat berdasar platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle), platform yang juga digunakan Toyota untuk memproduksi Hilux.

Lihat Juga : data pribadi pria ini dipalsukan pelaku pakai untuk kredit fortuner

Dalam pemasarannya terbagi menjadi enam varian yaitu :

  • SRZ (bensin),
  • G, A/T,
  • G M/T,
  • G A/T 4×4,
  • VRZ A/T 4×2, dan
  • Varian tertinggi : VRZ 4×4 A/T.

Sementara harganya, Toyota menjual mulai Rp 456.800.000 hingga Rp 651.800.000.

Bisa dikatakan Fortuner jadi raja di segmen SUV. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur dan teknologi. Fortuner juga ternyata memiliki beberapa keunikan yang tak dimiliki pesaingnya. Berikut ini lima fakta menarik tentang Fortuner:

  1. Diproduksi di Karawang, Jawa Barat

Pertama kali dipasarkan pada 2005, Fortuner masih didatangkan secara utuh atau CBU dari pabrik Toyota di Thailand. Namun, Toyota memutuskan merakit Fortuner di Indonesia dua tahun setelahnya, di 2007.

Melihat penjualannya yang terbilang baik serta tutupnya salah satu pabrik Toyota di Thailand, akhirnya pada 2010, mobil ini diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Pabrik Toyota di Karawang itu, juga memproduksi Fortuner untuk berbagai negara di seluruh dunia.

made in Indonesia ... ini pabrik toyota fortuner di Karawang
made in Indonesia … ini pabrik toyota fortuner di Karawang
  1. Kandungan Lokal Mencapai 75 Persen

Bila sebelumnya pabrik Toyota di Indonesia hanya melakukan perakitan pada Fortuner, namun di 2016 PT TMMIN selaku pembuat Fortuner di tanah air, sudah menggunakan kandungan lokal pada Fortuner mencapai 75 persen.

Kandungan lokal ini meningkat seiring dengan kelahiran generasi kedua Fortuner yang diluncurkan pada 2016 lalu. Sebelumnya, kandungan komponen lokal pada Fortuner hanya mencapai 60 persen.

  1. Ekspor Hingga Timur Tengah

Fortuner menjadi salah satu mobil buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Dari data yang diberikan PT TMMIN, pada kuartal pertama tahun ini sudah melakukan ekspor kendaraan utuh sebanyak 49.300 unit. Angka ini meningkat dibanding periode sama di 2016 yang hanya 34.700.

release awal fortuner di Dubai
release awal fortuner di Dubai

Dari angka ekspor pada kuartal pertama 2017 ini, Fortuner menyumbang 16.600 unit. Sementara negara yang tertarik memasarkan Fortuner buatan Indonesia, berada di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin hingga beberapa negara di Afrika.

Bahkan, bila dilihat dari data Gaikindo, angka ekspor Fortuner bisa dikatakan lebih besar dibanding jumlah penjualan dalam negeri. Pada periode kuartal pertama atau Januari hingga Maret, penjualan Fortuner di dalam negeri hanya mencapai 5.019 unit. Angak ini jauh bila dibanding jumlah ekspor yang mencapai 16.600 unit.

  1. Memiliki Rahasia Di Bagian Mesin

Meski memiliki bodi bongsor, Fortuner bisa dikatakan memiliki tenaga yang mumpuni. Mobil ini tersedia dalam dua pilihan mesin, bensin dan diesel.

Tidak seperti mesin diesel biasa, pada Fortuner varian VN Turbo berkapasitas 2.5 liter dilengkapi Intercooler. Tambahan teknologi ini diyakini Toyota mampu mendongkrak tenaga hingga 40 PS. Selain itu, Fortuner juga dilengkapi turbocharger yang merupakan teknologi mesin diesel dengan memanfaatkan gas buang untuk menggerakkan turbin kompresor.

Teknologi ini berfungsi mengisap udara dari luar dan memaksanya masuk ke ruang bakar. Hal ini berdampak pada jumlah udara masuk lebih besar, sehingga mampu meningkatkan performa. Terdapat pula teknologi Variable Nozzle Turbocharger, yang mengatur tekanan turbo agar sesuai kebutuhan.

  1. Generasi Baru Menunggu Hingga 11 Tahun

Mobil ini tidak mengalami perubahan yang signifikan sejak 2005. Akhirnya di awal 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru Fortuner.

Sebelumnya, hanya melakukan perubahan kecil pada Fortuner atau yang kerap disebut facelift. Seperti di 2008, Fortuner facelift hadir di ajang Indonesia International Motor Show dan memiliki pembaruan di bagian lampu depan baru model proyektor, grille model baru, lampu belakang desain baru, serta velg alloy baru dan lainnya.

Perubahan lain dilakukan pada 2011, pesaing Mitsubishi Pajero Sport ini mengalami perubahan di bagian eksterior, interior dan juga mesin. Selanjutnya di 2012, Toyota menyodorkan Fortuner diesel 4×4. Terakhir di 2013 Fortuner muncul dalam versi facelift dan mengalami perubahan ringan.

Hingga awal 2016, PT TAM secara resmi memasarkan generasi kedua Fortuner yang mengalami perubahan signifikan. Selain dari tampilan, perubahan juga terjadi di bagian kabin serta dapur pacunya.

  1. Semakin Terkenal dan Identik dengan Tiang Listrik

Fortuner menjadi mobil yang mendapatkan sorotan cukup tinggi karena adanya kasus petinggi Negara yang mengalami kecelakaan dan menabrak tiang listrik saat menumpang di dalam sebuah mobil Fotuner.

Terlepas dari kecelakaan tersebut memang benar-benar kecelakaan, atau hanya sandiwara, namun pamor serta sistem keamanan Fortuner akhirnya menjadi sorotan.

fortuner vs tiang listrik
fortuner vs tiang listrik

Namun alih-alih mengurangi jumlah permintaan / pemesanan mobil bongsor ini, kasus tersebut justru membuat penjualan Fortuner meningkat 15 persen.

Lihat Juga : penyebab mobil tek tek saat tanjakan

Itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai mobil fortuner. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Dunia-Mobil.com | Majalah Otomotif Mobil Online Indonesia


posted by admin 5 , 639


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here