Malas Ganti Oli Mobil? 3 Efek Umum yang Terjadi pada Mobil

0
197
efek jika malas ganti oli mobil
efek jika malas ganti oli mobil

Kapan terakhir anda mengganti oli mobil? Efek telat ganti mobil akan anda temui beberapa dibawah ini. Oli pada jenis kendaraan apapun baik motor maupun mobil mempunyai peran penting dalam melumaskan gesekan antar mesin. Dengan adanya oli, performa kendaraan menjadi stabil.

Ini dampaknya jika malas ganti oli mobil

Berikut dampak yang akan ditimbulkan oleh mobil anda jika malas mengganti oli mobil. Apa saja itu? Selengkapnya simak dibawah ini;

layanan konsultasi
  1. Timbul Overheating

Gejala overheating menajdi momok yang ditakuti oleh hampir seluruh pengguna mobil. Jika sudah timbul gejala ini, bersiaplah mengeluarkan budget lebih untuk mobil anda. 

Overheating dimaknai sebagai mesin mobil mengalami kenaikan suhu secara drastis. Bisa disebabkan oleh performa oli tidak bekerja secara maksimal hingga timbul overheat. 

  1. Bensin Jadi Boros

Kualitas oli mobil sangat mempengaruhi kualitas performa mesin. Gesekan yang halus akan membuat performa kerja mobil semakin meningkat dan semakin nyaman digunakan. Sebaliknya, jika gesekan antar mesin sudah kasar atau semakin berat, alhasil mesin memerlukan sumber tenaga tambahan lain yaitu bensin. Bensin jadi cepat boros karena terserap untuk melumaskan mesin mobil anda.

  1. Kualitas Mesin Jadi Menurun

Kualitas oli lambat laun akan menurun, salah satu cirinya tampak hitam pekat. 

Mengapa oli bisa menghasilkan warna hitam pekat? Hal ini dikarenakan gesekan piston yang membuat oli menjadi hitam. Dalam sehari, piston bekerja bergesekan hingga total satu juta gesekan. Tidak heran oli menjadi hitam pekat. Dengan kualitas seperti ini, tentu tidak baik digunakan secara terus-menerus. 

Dampak lainnya ialah suara mesin juga akan menjadi semakin kasar saat digunakan. Hal ini ditandai dengan mobil akan sulit dinyalakan saat pertama kali dihidupkan

Kapan seharusnya ganti oli mobil ?

Mengganti oli mobil secara berkala umumnya dilakukan ketika memasuki bulan ke 6 atau telah memasuki 10.000 km. Ini telah menjadi patokan pabrikan mobil secara umum.

Demikian informasi mengenai efek telat ganti mobil. Semoga bermanfaat dan dapar menyadarkan anda betapa pentingnya mengganti oli mobil secara berkala. Jangan tunggu rusak hingga merembet kerusakan lainnya hanya karena malas mengganti oli mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here