Deteksi Gejala Kerusakan pada Mobil Matic Bekas dan Baru

0
318
masalah-masalah umum yang terjadi pada mobil matic
masalah-masalah umum yang terjadi pada mobil matic

Sangat penting untuk tahu ciri sebuah mobil matic memiliki masalah. Terutama bagi anda yang memiliki mobil matic, atau ingin membeli mobil matic bekas/second. Berikut ini daftar lengkap masalah pada mobil matic yang kerap terjadi.

Dengan adanya daftar lengkap ini, diharapkan anda dapat segera menyadari adanya masalah pada kendaraan anda. Dan tentu saja, anda dengan segera:

  • Membawa mobil ke bengkel mobil
  • Melakukan pengecheckan kerusakan mobil
  • Melakukan perbaikan/service
  • Dan mencari cara mencegah masalah ini kembali terjadi pada mobil anda.

Untuk anda yang memiliki mobil matic dan ingin lebih mengetahui tentang ciri dari mobil matic yang bermasalah, silahkan simak ulasan secara lengkapnya berikut ini.

Hentakan Saat Pindah Gigi

Mobil matic terbaru saat ini biasanya sudah mempunyai sistem perpindahan gigi yang halus dan jika perpindahan ini masih terasa sedikit, maka hal tersebut masih bisa dianggap wajar.

  • Bentuk Masalah

    Akan tetapi, pada saat memindahkan gigi awal terasa sebuah hentakan sehingga mobil seperti terdorong secara tiba-tiba, maka hal tersebut perlu anda waspadai, sebab ini merupakan tanda ada masalah yang terjadi pada sistem transmisi mobil matic.

  • Bentuk Kerusakan

    Kerusakan ini bisa terjadi karena ada masalah pada sistem mekanis atau bisa juga pada sistem elektronis dan bisa diperiksa dengan socket OBD pada engine scanner. Umumnya, kerusakan merupakan bocor di selenoid pressure yang menyebabkan oli transmisi tidak bisa menjaga berpindahnya gigi pada saat rpm optimal sehingga hentakan ini terjadi.

Terjadi Getaran Pada Mobil

Saat mesin sedang bekerja, getaran yang timbul memang dianggap masih wajar, akan tetapi saat getaran mulai sangat terasa dan mengganggu maka ini mungkin terjadi karena masalah pada transmisi atau mesin.

  • Penyebab Getaran

    Getaran ini umumnya hadir yang disebabkan kampas kopling hangus atau aus, kampas mobil yang hangus atau aus ini kemudian menjadi kasar sehingga ada gesekan pada amplas kopling dan ini yang menyebabkan mobil seperti bergetar saat digunakan berkendara.

Susah Menggunakan Gigi Mundur

Apabila mesin mengalami kerusakan yang makin parah, maka masalah yang timbul juga semakin banyak seperti gigi mundur yang susah digunakan. Ini bisa terjadi karena rusak di sistem mekanis transimisi otomatis dan bisa merusak tuas gigi mundur mobil matic.

Susah Pindah Gigi

Ciri-ciri mobil matic bermasalah berikutnya adalah tuas gigi yang susah untuk dipindahkan atau ganti. Masalah lainnya adalah tuas gigi yang bisa dipindah akan tetapi gigi transmisi tidak berpindah. Hal ini terjadi karena kabel di gearbox yang terkelupas atau putus.

Slip atau Ngelos

Slip atau ngelos yang terjadi pada mobil matic timbul karena gearbox planetary gear set atau transmisi matic jenis step AT yang umumnya terjadi saat pindah gigi 1 ke gigi 2.

Pada jenis mobil matic continuously variable transmission, gejala slip atau ngelos ini juga sering timbul di saat mobil mulai berjalan. Untuk melihat apakah mobil matic slip atau ngelos bisa dilakukan dengan menjalankan mobil dengan posisi tuas di D kemudian injak pedal gas.

Saat terjadi perpindahan gigi, mobil akan seperti mengayun, akan tetapi bila slip atau ngelos maka perpindahan gigi ini tidak akan berjalan baik seperti saat pindah dari gigi 1 ke gigi 2 maka mobil akan kehilangan power dan suara meraung pada mesin.

Tidak Kuat Saat Menanjak

mobil matic yang tidak kuat saat menanjak
mobil matic yang tidak kuat saat menanjak

Ciri mobil matic bermasalah berikutnya adalah saat mobil tidak bisa digunakan pada jalan yang menanjak terjal meski tuas transmisi sudah dipindah ke posisi 1 atau L dan pedal gas sudah diinjak dalam-dalam.

Jalan Mobil Seperti Tertahan

Saat mobil matic sedang berjalan dan anda melepaskan pedal gas maka secara perlahan kecepatan juga akan berkurang. Apabila mobil matic bermasalah, maka mobil akan tersendat terlebih dulu dan baru kemudian berjalan kembali seperti biasa.

Boros Bahan Bakar

Matic bermasalah juga bisa dilihat pada penggunaan bahan bakar yang termasuk boros. Ini bisa terjadi karena tenaga torsi mobil tidak mengalir dengan maksimal menuju ke penggerak akhir.

Mobil Tidak Dapat Mundur

Ini merupakan ciri mobil matic bermasalah cukup parah dan bisa timbul karena sistem mekanik di transmisi sedang mengalami masalah yang umumnya disebabkan karena gigi sudah rusak.

Tersangkut di Gigi Paling Atas

Ciri selanjutnya adalah transmisi yang tidak bisa bergerak dari posisi gigi yang paling tinggi, tidak bisa naik atau turun seperti tersangkut pada angka teratas dan ini dinamakan limp mode atau safe mode.

Ini bisa terjadi karena fitur TCM di sistem transmisi mengetahui ada kesalahan di sensor yang bisa merusak semua sistem sehingga TCM mengirim perintah supaya transmisi tetap pada posisi netral.

Jika ini terjadi maka umumnya akan terlihat sinyal engine check di instrument panel sehingga untuk mengatasinya bisa langsung memeriksa mobil di bengkel langganan anda.

Suara Janggal Saat Berpindah Transmisi

Ciri mobil matic bermasalah juga bisa dilihat jika timbul suara janggal atau tidak biasa disaat transmisi dipindahkan dari N ke D atau P ke R. Suara janggal yang terdengar ini menjadi ciri pasti jika ada kerusakan pada transmisi otomatis mobil anda. Artikel terkait: Komponen Transmisi Otomatis

Lampu Indikator Menyala

Ciri mobil matic bermasalah yang mudah anda lihat adalah dengan memeriksa lampu check engine. Jika lampu indikator hidup atau menyala, maka ini menjadi pertanda ada kerusakan di transmisi atau kelistrikan. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan langsung membawanya ke bengkel sehingga kerusakan tidak akan meluas ke bagian lainnya.

Ada Bau Oli Terbakar

Apabila anda mencium bau oli yang terbakar maka bisa dipastikan jika terjadi transmisi overheating. Ini bisa terjadi karena kurangnya volume dari pelumas transmisi dan bisa timbul karena bocor atau sifat dari cairan pelumas yang sudah menjadi kotor.

Bocor Cairan Transmisi

Masalah mobil matic yang mudah diidentifikasi adalah cairan transmisi yang bocor. Cairan transmisi pada mobil matic sangatlah penting untuk kemampuan bertukarnya gear, sehingga jika sedikit saja ada kebocoran pada transmisi mobil matic, maka bisa menimbulkan masalah yang serius.

Warna dari cairan transmisi pada mobil matic memiliki warna merah cerah, sedikit beraroma manis dan bersih dan jika sudah berwarna gelap serta timbul aroma seperti terbakar maka harus segera diganti.

Tidak Responsif

Jika anda pernah mengendarai mobil matic dan ada suara meraung saat anda menginjak pedal gas tetapi jalan kendaraan tidak seperti biasa atau normal, maka ada kemungkinan jika drive plate atau plat kopling sudah tipis sehingga menyebabkan kinerja body valve melemah.

Suara Keras Saat Posisi Netral

Suara keras yang terjadi saat transmisi ada di posisinetral terjadi karena aus pada bearing-bearing khususnya pada input shaft. Apabila ini terjadi maka jangan tunda untuk segera bawa mobil matic tersebut ke bengkel.

Itulah beberapa tanda adanya masalah pada kendaraan bertransmisi otomatis yang anda miliki. Jika anda membutuhkan jasa professional untuk menangani mobil anda, silahkan menghubungi bengkel mobil terdekat.

Dokter Mobil

Namun tentunya, anda harus memastikan bengkel mobil yang anda pilih merupakan bengkel mobil yang recommended. Oleh sebab itu, disarankan untuk mencoba menggunakan jasa Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel mobil yang mampu menangani berbagai masalah pada mobil bertransmisi matic. Dengan pengalaman lebih dari 8 tahun, dan dengan peralatan canggih yang dimiliki menjadikan service di Dokter Mobil dapat dikerjakan secara cepat, tepat, dan memberikan hasil memuaskan.

Anda dapat mengunjungi/menghubungi Dokter Mobil di alamat:

Jalan Boulevard Raya
Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading, Jakarta Utara

Phone / WA : 081314455238

Terimakasih, dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here