Sekelumit Cerita Seat Belt Model V yang Perlu Anda Ketahui

0
66
sabuk pengaman 3 titik ditemukan oleh volv
sabuk pengaman 3 titik ditemukan oleh volvo

Pernahkah anda membayangkan bila berkendara dengan kecepatan tinggi tidak menggunakan seatbelt? Mungkin saja tingkat kecelakaan menjadi lebih tinggi sebab bila terjadi kecelakaan, anda akan terlempar atau terjungkal melalui kaca mobil. Itu sebabnya kehadiran seatbelt dianggap sangat penting untuk menekan angka kecelakaan. Bahkan para satuan polisi lalu lintas pun setuju untuk mewajibkan seatbelt terpakai saat berkendara. Fungsinya tidak lain agar seorang penumpang dan pengendara mobil atau kendaraan lainnya agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan atau kecelakaan.

Terbentuknya seatbelt hingga sempurna melalui sejarah panjang. Bagi anda sobat Dunia Mobil yang masih kepo, yuk intip selengkapnya sejarah seatbelt dibawah ini;

layanan konsultasi

Sekelumit Cerita dibalik Seat Belt

Pada tahun 1959 teknisi Volvo yakni Nils Bohlin menemukan sabuk pengaman tiga titik, atau yang lebih dikenal dengan model V. Saat itu, seatbelt sudah ada namun hanya model dua tiitk saja. Menurutnya,  seatbelt dua titik hanya membantu penumpang tidak terlontar keluar lewat kaca depan, tapi gagal mencegah cidera serius tulang punggung atau membentur interior mobil.

Melihat fenomena tersebut, ia berfikir untuk menjaga agar punggung tetap melekat di sandaran, tidak hanya mengamankan pinggul di dudukan kursi. Ini merupakan sebuah tantangan besar baginya.

Inovasi Bohlin yang dilakukan pada Volvo ini menghabiskan jutaan dolar dalam penelitian dan pengembangan hingga investasi pemasaran. Volvo berusaha keras menguji kemanjuran penemuan ini pada 1950-an dan 1960-an dengan membuat ratusan percobaan serta meneliti puluhan ribu kecelakaan untuk memverifikasi kemanjuran seatbelt yang dibuatnya.

Hasil Riset yang Dilakukan oleh Volvo

Hasil riset yang dilakukan oleh Volvo menunjukkan dengan adanya seat belt, dapat menekan angka resiko kecelakaan hingga 50%. Bohlin menempatkan satu titik baru di pilar B seperti yang kita kenal sekarang.

Bukti inovasi-inovasi keselamatan tersebut saat ini masih bisa dilihat di Museum Volvo di Gothenberg. Melihat kreasi produk Volvo dari masa ke masa, terungkap jelas pabrikan ini memiliki komitmen kuat untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga : Sudah Tahu Bentuk Mobil Pertama di Dunia? Intip Sejarahnya

Jika Bohlin tidak mengkritisi fenomena pada zaman itu daan tidak mencetusi seatbelt model V, bagaimana keadaan seatbelt sekarang ini? Tanpa kepemimpinan Volvo dengan menghadirkan sabuk pengaman modern ini, bisa saja membutuhkan bertahun-tahun lamanya atau lebih untuk dipasarkan lebih luas. 

Demi kemaslahatan bersama, pihak Volvo  tidak menarik royalti kepada produsen mobil lainnya karena menggunakan sabuk pengaman rancangan mereka. Pihaknya membebaskan produsen mobil lainnya menggunakan hak paten miliknya.

Demikian ulasan diatas terkait sejarah seatbelt yang kini hasil ciptaan Volvo dapat anda rasakan manfaat dan kegunannya. Semoga ulasan ini dapat menginspirasi dan sebagai pengingat untuk lebih taat menggunakan seatbelt kemanapun anda berkendara.

Baca artikel lainnya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here