Cara Cek Kondisi Busi Mobil Masih Baik atau Sudah Harus Diganti

0
33
Cara yang Benar Ketika Melakukan Cek Kondisi Busi Mobil Agar Tidak Salah Menilai
Cara yang Benar Ketika Melakukan Cek Kondisi Busi Mobil Agar Tidak Salah Menilai

Melakukan cek kondisi busi mobil perlu dilakukan secara rutin. Terutama sebelum bepergian jauh. Hal ini untuk memastikan kenyamanan anda.

Persoalan memang agak mendasar jika anda hendak memeriksan dan memastikan bahwa kondisi busi mobil masih layak pakai. Busi atau dalam bahasa Inggris disebut spark plug memang sangat krusial, apalagi kalau tidak ada busi maka kendaraan tidak akan bisa melakukan pembakaran awal.

Jika Tidak Mengecek Kondisi Busi Mobil Sebelum Bepergian Jauh

Jika kondisi busi mobil sudah kurang baik, kita tak bisa tahu kapan busi akan benar-benar rusak. Bayangkan jika sedang bepergian jauh, lalu ternyata busi bermasalah. Anda bisa mengalami kendala seperti:

  • Mobil ndut-ndutan sepanjang perjalanan
  • Mobil sering mati mendadak
  • Mobil mogok di tengah jalan.

Oleh sebab itu kondisi busi mobil harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai hal tidak diinginkan terjadi. Nah ada beberapa langkah untuk melakukan cek kondisi busi mobil apakah masih layak pakai.

Langkah Cek Kondisi Busi Mobil

Lantas, Engineering Explaines secara singkat memberikan petunjuk bagaimana kondisi busi yang masih bisa dipakai, memeriksanya, serta menggantinya jika diperlukan. Setidaknya untuk memastikan bahwa busi masih bisa menyala dan layak dipergunakan adalah jika saat diperiksa masih bisa memercikkan listrik dan dalam kondisi tidak ‘gosong’.

Karena memang sewajarnya busi diganti secara rutin setelah 30 ribu km sekali. Namun yang terjadi sering pula busi baru diganti jauh setelah 30 ribu km. Kemungkinan busi juga sudah berada dalam kondisi agak hangus. Selain itu, jarak pada busi dan pemantiknya juga harus dipastikan supaya tidak terlalu dekat, dan tidak terlalu jauh.

Lihat Juga: Oli Mesin untuk Mobil LCGC

Jika busi sudah berusia cukup lanjut, maka harus dipastikan bahwa oli dan kotoran tidak mengendap di bagian kepala busi untuk mencegah karat dan terhalangnya listrik saat akan menyalakan mobil. Selebihnya, jika memang kondisi busi sudah cukup parah, maka belilah busi yang rekomended seperti NGK misalnya.

Ciri Busi yang Sudah Rusak dan Penyebab Kerusakannya

Busi yang rusak, dapat dilihat dari beberapa kondisi fisiknya mulai dari warna hingga bentuknya. Berikut ciri-cir busi mobil yang mengalami kerusakan:

  1. Warna busi cokelat dan cukup usang

    Ini menandakan bahwa masa pakai busi hampir habis sehingga harus segera diganti. Jika tidak, busi akan mengalami kerusakan sendiri.

  2. Apabila warna busi kemerahan atau kekuningan

    Hal ini menandakan bahwa adanya panas berlebihan pada mesin. Sobat dapat mengecek pada bagian pendingin mesin mobil seperti radiator atau komponen pendingin lainnya.

  3. Kondisi busi gosong dan terlihat hitam menyerupai kerak

    Hal ini biasanya menandakan bahwa telah terjadi kesalahan pada setelan bahan bakar sehingga sobat sebaiknya mengecek aliran bensin serta piranti kelistrikannya.

  4. Kondisi busi meleleh

    Ini menandakan bahwa elektroda gosong dan kemungkinan disebabkan oleh kompresi bocor sehingga sebagian oli ikut terbakar pada mesin.

  5. Adanya kerak dalam jumlah banyak di kepala busi

    Kemungkinan setelan bahan bakar jelek sehingga terjadi kebocoran pada sill klep dan membuat sebagian oli masuk ke dalam busi.

  6. Busi dalam keadaan basah

    Keadaan basah bisa disebabkan adanya sisa pelumas di elektroda dan kepala busi. Sobat dapat memeriksa timing atau ritme pengapian serta memperbaiki bahan bakar yang biasa digunakan, misalnya mengganti dengan pertamax.

  7. Biasanya mobil tersendat atau mendadak mati

    Apabila ini terjadi, kemungkinan koil sudah panas sehingga yang perlu dilakukan adalah mematikan mobil dan kompres koil memakai kain yang telah diberi sedikit air.

Itulah beberapa cara mudah untuk cek kondisi busi mobil sehingga anda bisa menentukan apakah sudah harus ganti busi. Namun perlu diingat andapun perlu untuk mencegah mudah rusaknya busi mobil anda.

Agar Busi Mobil Tidak Mudah Rusak

Anda tentu tidak ingin mengganti busi terlalu sering. Oleh sebab itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Adapun langkah yang bisa anda lakukan di antaranya adalah:

Membersihkan Busi Mobil yang Kotor

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membersihkan busi mobil yang kotor adalah menyiapkan bensin untuk merendam busi. Setelah itu, rendamlah busi selama lima hingga sepuluh menit. Hal ini bertujuan untuk meluruhkan kotoran yang ada pada busi. Setelah itu, sikatlah kotoran yang menempel pada busi dengan menggunakan sikat kawat atau sikat gigi.

Jika elektroda masih kotor maka bisa dibersihkan lagi dengan menggunakan amplas lalu keringkan dengan kompresor.

Pengaturan Jarak Elektroda

Tahap berikutnya yang harus diperhatikan adalah pengaturan jarak elektroda. Jarak elektroda harus diatur dengan tepat agar percikan api yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai jarak elektroda terlalu dekat atau terlalu jauh, hal ini akan memengaruhi proses pembakaran. Jarak ideal bagi elektroda busi adalah 0,6 hingga 0,8 mm. Gunakanlah obeng minus atau besi pipih untuk membantu mengatur jarak elektroda ini.

Pasang Kembali Busi dengan Benar

Langkah terakhir dalam merawat busi adalah dengan memasangnya kembali ke tempat semula. Tips untuk memasang busi yang baik adalah dengan menggunakan tangan secara manual, lalu setelah busi terasa erat dan kencang barulah gunakan kunci busi untuk mengencangkannya. Jangan sampai memasang busi secara tidak kencang karena hal tersebut akan berdampak pada kenyamanan mengemudi Anda.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan sebagai panduan cara cek kondisi busi mobil anda. Semoga informasi ini membantu anda mendapatkan perjalanan yang aman, nyaman dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here