Tips Mencegah Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Menghadapinya

0
66
cara mencegah dan mengatasi masalah rem mobil yang blong
cara mencegah dan mengatasi masalah rem mobil yang blong

Kelalaian dalam perawatan mobil menjadi salah satu penyebab rem mobil blong yang dapat berimbas pada terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu, kita perlu melakukan pencegahan.

Bagaimana caranya?

Tentu saja dengan melakan perawatan berkala. Namun juga, kita perlu tahu hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan rem mobil bisa blong

Salah satu hal yang wajib kamu periksa yaitu sektor pengereman. Periksalah kondisi sektor pengereman secara berkala seperti volume minyak rem, kondisi piston dan kanvas rem hingga selang minyak rem, jangan sampai ketika kamu sedang asyik berkendara justru kamu harus mengalami nasib sial karena rem blong. Periksalah kondisi sektor pengereman secara berkala

Penyebab Rem Mobil Blong (WAJIB TAHU)

Nah berikut adalah penyebab rem mobil blong yang wajib kamu ketahui. Apa saja? Mari simak bersama

Minyak rem kurang (habis)

Penyebab rem mobil blong yang pertama adalah minyak rem atau oli rem yang kuantitasnya kurang atau bahkan habis. Dengan kuantitas minyak rem yang kurang tentu akan membuat rem tidak dapat bekerja maksimal. Mengapa? Karena proses penerusan tenaga dilakukan oleh minyak rem ini.

Jika minyak rem habis rem akan blong karena minyak rem ini tidak mampu meneruskan tekanan dari pedal. Kalau kurangnya masih sedikit sepertinya tidak masalah, asalkan jumlahnya masih mencukupi untuk meneruskan tekanan sampai ke piston pada whheel cylinder (pada rem tromol) atau pada caliper (jenis cakram) untuk menekan kampas.

Kalau berkurangnya minyak rem dalam waktu yang singkat, bisa disebabkan oleh kebocoran sistem. Dan ini harus segera diperbaiki agar lebih aman dan hati anda pun nyaman ketika mengendarai mobil.

Untuk mencegah rem mobil blong anda harus memeriksa kuantitas minyak rem secara rutin. Bisa satu bulan sekali atau dua minggu sekali. Bila kurang, bisa anda tambah sampai garis full. Bila tidak punya minyak rem bisa membelinya di bengkel mobil atau toko sparepart. Harganya juga murah, tidak sampai 30 ribu untuk kualitas standar.

Kanvas rem aus – penyebab rem mobil blong

Kanvas rem yang sudah aus bisa membuat rem kurang pakem, bila ausnya sudah parah bisa menyebabkan rem tidak pakem sekali (rem blong). Kanvas rem aus sudah biasa kalau aus, yang tidak biasa adalah membiarkannya dipakai walaupun sudah aus. Untuk itu bila dirasa sudah aus, lebih baik diganti. Biasanya rem yang aus akan menimbulkan bunyi, karena pada model tertentu dilengkapi dengan plat indikator keausan yang akan berbunyi cit cit ketika kampas sudah aus. Selengkapnya bisa baca di artikel berikut ini : Penyebab rem mobil bunyi

Piston rem rusak – penyebab rem mobil blong
Piston rem yang sudah rusak juga dapat menjadi salah satu penyebab rem mobil blong. Piston yang sudah aus akan membuat tidak mampu lagi meneruskan tekanan hidraulis dari pedal untuk menekan kanvas sehingga tidak terjadi pengereman. Piston rem yang rusak seperti aus, berkarat sehingga macet, dll.

Selang minyak rem tersumbat dan minyak rem kotor

Penyebab rem blong yang ke empat adalah tersumbatnya aliran minyak rem pada selang-selang system rem. Bila ini terjadi maka akan membuat terganggunya kinerja sistem rem pada mobil. Bila tersumbatnya sampai minyak rem tidak bisa mengalir maka rem benar-benar tidak berfungsi atau blong.

Tersumbatnya aliran ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak kotoran yang terkandung pada minyak rem, kemudian minyak rem yang terlalu kotor dapat disebabkan oleh masuknya kotoran melalui tangki cadangan, entah anda lupa menutupnya atau ada hal lain.

Kotoran pada minyak rem juga disebabkan oleh buruknya kualitas minyak rem, minyak rem yang tidak berkualitas akan menghasilkan endapan, endapan ini dapat dihasilkan dari zat warna yang ada pada minyak rem. Makanya minyak rem yang baik adalah yang bening (tidak berwarna), tetapi harganya sedikit lebih mahal.

Seal piston master silinder sobek, rusak, dan aus

Penyebab rem mobil blong yang selanjutnya adalah sel piston master silinder yang sobek, rusak atau aus, kerusakan ini biasanya terjadi karena faktor usia dan kualias minyak rem yang kurang baik. Semakin buruk kualitas minyak rem maka seal ini semakin cepat rusaknya. Maka dari itu jagalah kualitas dari minyak rem, sehingga komponen system rem akan lebih terjaga dan awet.

Vapour lock

Kita menuju penyebab rem mobil blong yang ke-enam atau terakhir yaitu vapour lock. Definisi dari vapour lock ini adalah menguapnya minyak rem yang disebabkan oleh pengaruh suhu (terlalu panas), sehingga menyebabkan minyak rem mendidih dan timbulnya gelembung-gelembung udara (uap) di dalam sistem rem. Yang mana membuat rem kurang/tidak pakem lagi. Ada beberapa penyebab vapour lock ini, seperti suhu yang terlalu panas akibat pengereman dan kualitas minyak rem yang buruk.

Cara pencegahan yang paling baik adalah dengan selalu rutin menservis rem mobil anda, terutama pemeriksaan kampas, penggantian kampas, minyak rem dan komponen-komponen lainnya. Diharapkan dengan ini rem blong tidak terjadi.

Tips Mengatasi dan Menghadapi Masalah Rem Mobil yang Blong

Namun, tindakan apa yang harus kamu lakukan jika mengalami rem blong? Nah, berikut ini tips mengatasi rem blong ketika sedang berkendara:

Jangan Panik

Mungkin hal ini akan sulit kamu hindarkan ketika kamu berada dalam kondisi tersebut, namun berusahalah untuk tetap tenang yaa guys. Karena dengan kita berusaha bersikap tenang maka hal tersebut akan membantu kita untuk berpikir apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Nyalakan Hazard

Hal ini bertujuan sebagai tanda bahwa kamu sedang dalam kondisi darurat dan agar kendaraan di belakang kamu menjaga jarak dari kendaraan kamu. Selain menyalakan hazard kamu juga bisa membunyikan klakson secara berulang untuk menarik perhatian dari kendaraan lain.

Pindahkan Tuas Transmisi Ke Posisi Terendah

Jika mobil kamu bertransmisi manual, maka segera pindahkanlah tuas transmisi dengan cepat dan berurutan ke posisi terendah 5,4,3,2,1. Namun, jika mobil kamu Automatic pindahkan tuas transmisi ke posisi ‘M’ lalu turunkan tuas transmisi ke posisi terendah secara cepat. Hal ini biasa disebut juga engine brake.

Tarik Tuas Rem Tangan

Tariklah tuas rem tangan secara perlahan dan berulang-ulang. Hal ini bertujuan untuk membantu memperlambat laju mobil.

Lakukan Counter Steer

Jika setelah kamu menarik tuas rem tangan mobil kamu menjadi lebih liar dan sulit dikendalikan, maka berusahalah untuk meng-counter steer kamu secara perlahan. Hal ini harus terus kamu lakukan sambil menarik tuas rem tangan.

Tetap Injak Dan Kocok Rem Terus-Menerus

Sambil kamu melakukan 2 hal diatas, usahakan agar kaki kamu tetap menginjak pedal rem dan kocok secara berulang dan terus menerus. Hal ini berguna untuk mengembalikan tekanan rem. Jangan lupa periksa kondisi pedal rem, kamu bisa memeriksa dengan kaki kamu atau meminta bantuan kepada penumpang lain untuk memeriksa, karena bisa saja ada suatu benda yang mengganjal di pedal rem.

Arahkan Mobil Ke Posisi Yang Aman

Arahkan mobil kamu ke posisi yang aman dan jauh dari keramaian, seperti parkiran atau lapangan agar tidak menimbulkan korban jiwa lain.

Tabraklah Sesuatu Yang Lunak Dan Aman

Jika dirasa mobil kamu harus ditabrakan terhadap suatu objek, usahakan carilah objek yang lunak dan aman seperti pagar kayu atau bambu, gundukan pasir, atau sawah.

Mencegah Terjadinya Rem Mobil Blong

Untuk mengurangi resiko rem blog pada saat diperjalanan, sebaiknya pecinta otomotif melakukan tindakan-tindakan preventif (pencegahan) untuk memperkecil kemungkinan terjadinya rem blong/ sebelum terjadinya rem blong. Berikut tindakan preventif tersebut:

Perhatikan Kesehatan Sistem Rem

Pastikan sebelum perjalanan pecinta otomotif mengetahui dengan benar bahwa rem dalam kondisi yang prima/ tidak bermasalah/ dalam keadaan baik semua… sangat sehat, jika ada masalah sedikit saja harus diperbaiki terlebih dahulu

Menjaga Kualitas Sparepart Rem

Sparepat seperti kampas rem usahakan yang orisinal karena terbuat dari material yang tahan panas dan tidak merusak cakram/ tromol. Memakai selang minyak rem yang standar karena diameter selang sangat berpengaruh terhadap kelancaran minyak rem, material selang (karet/ plastik/ karet dibungkus logam juga berpengaruh… gunakan selang hidrolis yang orisinal.

Selain itu juga gunakan piston dan master silinder yang orisinal, dan jangan lupa minyak rem jangan isi yang jelek karena kekentalan dan ketahanan panas berbeda dengan yang orosinal.

Jangan Membawa Beban Melebihi Kapasitas yang Diperbolehkan

Jika maksimum berat muatan adalah 800 kg janagn diberi beban 1,2 ton wah bakal bahaya tuh.

Saat akan melewati jalan menurun sebisa mungkin rem terlebih dahulu agar saat melewati turunan mobil tidak membawa laju mobil terlalu berat, jadi kita tidak terlalu terbebani saat di tengah turunan…makin enteng kerja rem maka kemungkinan gagal makin kecil.

Gunakan Rem Mesin jika Turunan Terlalu Panjang

Pada track menurun panjang maka kita dituntut untuk mengerem terus menerus, nah kampas rem bergesekan terus dengan cakram/ tromol terlalu lama maka resiko panas tidak bisa dihindari bahkan suhu bisa diatas 600 derajat melebihi ketahanan panas sistem rem dan akibatnya blong.

Untuk mengurangi beban rem, pecinta otomotif bisa memakai rem mesin pada turunan panjang ini yakni dengan mengoper pada gigi 1 sehingga mesin menahan laju mobil, jika benar-benar diperlukan baru pecinta otomotif menginjak pedal rem… perlakuan seperti ini bisa mencegah rem kepanasan dan mencegah rem blong.

Istirahat Jika Diperlukan

Jika pecinta otomotif merasa sudah terlalu lama melewati jalan menurun dan sistem rem dirasa terlalu beresiko jika tetap berjalan, maka pecinta otomotif bisa memilih beristirahat dengan tujuan mendinginkan rem.

Mendinginkan rem bisa dengan cara menghentikan mobil barang 1 jam agar rem tidak terlalu panas. Dengan menghentikan mobil juga bisa mendinginkan mesin dan juga kita bisa istirahat sambil ngopi diperjalanan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan menghadapi masalah rem blong pada mobil. Semoga anda tidak mengalami hal ini. Namun semoga dengan artikel ini, anda dapat lebih tenang jika hal semacam ini terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here