Inilah 4 Cara Mudah Merawat Mobil Agar Tetap Kinclong

0
88

Memiliki mobil berarti anda juga harus siap untuk merawat mobil. Perawatan yang diberikan tidak hanya menyeluruh pada mesin saja, namun eksterior mobil anda pun juga patut untuk diberikan perhatian khusus.

Eksterior mobil merupakan visual utama yang dilihat oleh para pengguna, yakni berupa body mobil. Tidak jarang cat pada body mobil sudah kusam dan pudar sebab minimnya perawatan. Semakin kinclong body mobil anda, maka tingkat kepercayaan anda untuk berkendara semakin tinggi.

layanan konsultasi

Bagaimana cara mudah merawat mobil agar kinclong ? Sebelum hal ini terjadi menimpa anda, sebaiknya simak cara yang dapat anda lakukan dibawah ini;

1. Mencuci Mobil

Seberapa sering anda mencuci mobil? Mencuci mobil merupakan salah satu perawatan kecil agar cat mobil tidak kusam atau pudar dengan cepat. Agar tidak terkontaminasi dengan kotoran, sebaiknya mobil dicuci atau dibersihkan. Terlebih ketika mobil terkena air hujan, secara tidak langsung dapat membuat cat menjadi pudar dalam jangka waktu lama. Mengapa?

Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan dalam beberapa waktu bisa merusak lapisan cat. Bahkan pada bagian bodi yang luka atau terkelupas cat setelah terkena air hujan jika dibiarkan bisa menyebabkan korosi.

Oleh sebab itu, segeralah mencuci mobil sehabis terkena air hujan agar zat asam tidak mengikis cat body mobil anda. Jangan lupa bersihkan mobil secara teratur baik setelah dipakai atau hendak akan dipakai.

2. Tempat Parkir

Salah satu faktor yang dapat memicu cat terlihat kusam yakni memakirkan mobil ditempat yang terkena terik matahari secara langsung. Apakah anda sering melakukan hal ini? Sebaiknya hindari segera kebiasaan ini, sebab tidak hanya berdampak pada cat eksterior namun terdapat bahaya yang mengintai mobil anda.

Baca Juga : Waspadai Bahaya Ketika Memarkirkan Mobil Pada Tempat Panas

Oleh sebab itu, tips parkir nyaman dan aman yakni dengan mencari tempat yang teduh dan sejuk. Dengan demikian, maka dapat mencegah timbul kusam atau pudar pada cat ekterior mobil.

3. Gunakan Produk Perawatan Mobil yang Berkualitas

Selanjutnya, gunakan produk perawatan mobil yang berkualitas. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap hasil yang diberikan.

Untuk membersihkan mobil, anda pasti membutuhkan produk sabun ataupun shampo untuk membersihkan kotoran pada body mobil. Jika produk yang anda pilih tidak berkualitas alias murahan, jangan heran bila cat kusam dan pudar dengan cepat.

Tipsnya ialah, bijak dan cermat sebelum membeli. Anda dapat mencari ulasan terlebih dahulu sebelum deal membeli. Jangan lupa perhatikan kandungan dan testimoni. Gunakan produk yang sudah terbukti kualitasnya.

4. Jangan Gunakan Penutup Ketika Mobil Masih Basah

Umumnya, pemilik mobil sering sekali menggunakan penutup mobil dengan tujuan agar tidak terhinggapi oleh debu dan partikel kotoran lainnya. Hal ini boleh-boleh saja namun anda perlu pastikan body mobil tidak sedang dalam kondisi basah,.

Jika dalam keadaan basah, maka perlahan cat mobil akan memudar sedikit demi sedikit. Selain itu juga dapat menimbulkan berkarat, jamur, dan masalah lainnya.

Oleh sebab itu, pastikan body mobil benar-benar kering sebelum anda tutupi dengan penutup mobil.

Demikian ulasan mengenai cara mudah merawat mobil agar kinclong. Semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa dipraktekkan sobat Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here