Cara Mudah Meredam Emosi di Jalan Ketika Berkendara

0
28
Cara meredam emosi di jalan akibat panas dan macet di perjalanan
Cara meredam emosi di jalan akibat panas dan macet di perjalanan

Kemacetan atau bersenggolan saat berkendara dapat memancing keributan. Padahal, kita butuh meredam emosi di jalan, khususnya ketika berkendara. Karena bagaimanapun juga, emosi sepanjang jalan hanya akan membuat lelah pikiran, hati, dan tenaga.

Namun sebenarnya, sangat wajar untuk emosi ketika di jalan. Bagaimana tidak, ;alu lintas yang semrawut tanpa Anda sadari menjadi salah satu faktor yang memancing emosi berkendara Anda. Karena itu, tidak terlalu berlebihan jika jalan raya disebut sebagai neraka apalagi bagi para pengemudi yang tidak dapat mengendalikan emosi berkendaranya.

Salah satu pemicu terjadinya hal ini yang seringkali dijumpai saat Anda beraktivitas sehari-hari adalah tidak sabarnya pengemudi saat mengemudikan kendaraannya di jalan raya.

Kasus terbaru adalah antara pengendara mobil Chevrolet Captiva B 12*7 T*Z dengan pengguna mobil sedan yang berada di Tol Jagorawi. Hal tersebut pun bahkan sampai viral di dunia maya.

Karena itu, perlu diingat bahwa apapun kondisinya, masing-masing pengguna jalan harus dapat meredam emosinya. Salah satu cara mengatasi emosi adalah dengan menggunakan empati serta mematuhi etika dalam mengemudi.

Tips Sederhana Meredam Emosi Ketika Mengemudi di Jalan Raya

Berikut ini adalah lima tips untuk meredam emosi ketika Anda mengemudi, seperti yang diutarakan oleh salah satu pakar fengshui sekaligus profesional muda di dunia otomotif, Mr. Lung-Lung.

Adapun cara untuk meredam emosi di jalan antara lain dengan:

1. Mengubah Pola Pikir

Mulai sekarang, sebaiknya Anda selalu berpikir bahwa jalan raya merupakan milik bersama, sehingga Anda harus tetap dapat berbagi dengan para pengendara atau para pengguna jalan lainnya.

2. Anggap Macet Merupakan Hal yang Biasa-Biasa Saja (Lumrah)

Macet merupakan hal yang biasanya terjadi di semua kota besar. Karena itu, mulai saat ini Anda sebaiknya menganggap bahwa macet merupakan hal yang biasa dan memang harus dilalui demi mencapai tempat tujuan.

3. Ajaklah Teman yang Dapat Membantu Anda Meredam Emosi di Jalan

Ada sebuah anggapan yang mengatakan “biarin saja macet, yang penting ada teman bicara” merupakan hal yang benar adanya. Namun, Anda juga tetap harus mengontrol diri Anda serta menghindari topik pembicaraan yang sensitif. Karena itu, carilah topik pembicaraan yang ringan atau saling melempar candaan selama Anda berkendara.

4. Jangan Mudah Terprovokasi dan Cueki Saja

Jika dalam berkendara Anda bertemu dengan pengemudi yang emosional sehingga membahayakan nyawa Anda, maka sebaiknya Anda memberikan saja jalan untuk orang tersebut agar dapat mendahului Anda.

5. Mendengarkan Musik Religi

Berdasarkan penelitian, musik dengan tempo yang pelan ternyata dapat membantu Anda dalam menjaga emosi agar selalu tenang. Musik religi dapat menjadi pilihan terbaik. Namun pastikan suara musik tidak terlalu besar sehingga abai terhadap tanda dan suara-suara dari luar, seperti klason mobil, atau suara mesin mobil lainnya yang sedang melaju kencang.

6. Berangkat Lebih Awal

Berkendara dalam kondisi telat atau terburu-buru dapat meningkatkan emosi dan adrenalin. Untuk itu, jika ingin menekan dan meredam emosi di jalan maka berangkatlah lebih pagi. Selain lebih tenang, jalanan juga biasanya lebih lengang.

Itulah 6 cara agar dapat meredam emosi di jalan saat berkendara. Dengan hati yang tenang, selamat sampai di tujuan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here