Simak 5 Tips Mudah Cara Merawat Mesin Mobil Diesel

0
28
tips merawat mesin mobil diesel
tips merawat mesin mobil diesel

Sampai detik ini, mobil diesel masih menjadi incaran sebagian pengguna mobil karena daya tahan mesin yang patut diancungi jempol. Berbanggalah anda yang mempunyai mobil jensi diesel ini. Namun, apakah anda sudah mengetahui cara merawat mesin mobil diesel dengan tepat dan benar?

5 Tips Mudah Cara Merawat Mesin Mobil Diesel

Merawat mobil tidak hanya rajin mencuci ke steam ataupun harus ke bengkel mobil. Langkah perawatan kecil ini dapat menunjang performa mobil anda agar tidak gampang ngambek ke bengkel. Apa saja itu? Yuk kepoin selengkapnya dibawah ini;

layanan konsultasi

1.Panasi mesin mobil diesel

Sebelum hendak berpergian, sebaiknya panaskan mesin mobil diesel kurang dari 10 menit. Manfaatnya, selain memperpanjang umur pemakaian mesin, juga menghindari kaget pada komponen mesin yang bergesekan.

Tujuan dari melakukan pemanasan tersebut adalah untuk memberikan pelumasan merata pada seluruh bagian mesin.

2.Gunakan solar berkualitas

Solar berkualitas, seperti pertamina DEX atau Shell diesel, mengandung kadar sulfur yang rendah. Efek dari penggunaan jenis solar tersebut akan menghindari terjadinya penyumbatan pada bagian saluran pipa common rail injector.

Solar berkualitas ini juga dapat meningkatkan performa pada mesin diesel hingga  5 persen, di sertai juga dengan pengurangan kadar emisi hingga 5 persen. Ingat, solar berkualitas buruk dengan kadar sulfur tinggi dapat menghentinkan mesin diesel Anda.

3.Gunakan oli yang berkualitas

Sebaiknya gunakan oli yang sudah direkomendasikan oleh bengkel resmi mobil anda. Jangan sesekali untuk ganti merk oli, sebab akan berdampak pada kinerja mesin anda.

Baca Juga : Cara Memilih Oli Diesel terbaik Untuk Mobil Anda

Jika direkomendasikan oleh pihak manufaktur kendaraan Anda untuk menggunakan jenis oli diesel dengan viscositas 5-30, maka diklaim oli tersebut dapat meringankan kinerja dari mesin diesel Anda.

4.Ganti filter solar secara berkala

Untuk meminimalkan kotoran solar yang masuk ke dalam mesin diesel Anda, sebaiknya lakukan penggantian filter solar setiap 30 ribu kilometer.

Dengan melakukan penggantian filter solar secara berkala, maka Anda juga terhindar dari kerusakan fatal pada mesin diesel Anda.

5.Hindari tangki solar kosong

Hindari tangki solar dalam keadaan kosong. Sebaiknya buru-buru mengisi solar di SPBU jika sudah akan habis. Hal ini untuk mencegah terjadinya pengembunan yang dapat merusak filter solar.

Selain itu jangan langsung mematikan mesin mobil diesel.  Untuk memperpanjang umur mesin diesel Anda, sebaiknya diamkan dulu mesin menyala hingga 8 menit, baru mesin dimatikan. Dengan mematikan mesin secara langsung berarti tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai pada saat perjalanan.

Itulah ulasan terkait cara merawat mesin mobil diesel. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.. Good Luck..

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

Punya keluhan apa di mobil anda? Yuk bahas di kolom komentar ini. Salam Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here